Gue gak bakalan mau untuk kuliah
di jurusan sastra Jepang.
Beberapa waktu yang lalu, gue
ngejalanin UKK di sekolah. Banyak banget mata pelajaran yang harus gue
pelajarin. 13 mapel coy... Gila gak tuh. Angka yang katanya keramat akan
kesialannya, dijadiin jumlah untuk mapel sekolah.... Pantesan aja banyak
siswa-siswi yang sering ngalamin kesialan.
Sebenernya gue gak terlalu
nganggap enteng atau berat soal jumlah mapel tadi. Gue belajar dengan enjoy, nyoba
untuk paham dan.. merasa biasa aja. Menurut gue, UKK cuman sekedar evaluasi
kepahaman mengenai materi yang udah pernah diajarin. Jadi, UKK bukan segalanya
di sekolah (ini antisipasi aja kalo dapet nilai jelek).
Gue ngelaksanain UKK selama 6
hari. Dari hari Senin sampe Sabtu.
Senin sampe kamis, gue ngelaksanain UKK-nya dengan baik-baik aja. Selama itu, gue gak pernah nyoba minum baygon
atau pun ngejual ginjal sendiri untuk beli bocoran soal. Kalo masalah soal susah, wajar-wajar aja (gue
udah paham asem ketek susah menyusahnya soal). Yang nggak wajar adalah, kita
ngerjain soal UKK yang di mana soalnya gak pernah diajarin sama guru.
Dan, itu terjadi sama gue di hari
Jum’atnya.
Hari itu mapel yang harus gue
hadapin adalah bahasa Jepang sama Biologi. Akan timbul perang dunia para
shinobi, kalo gue gak belajar semalam sebelumnya. Dengan nyeimbangin sisi
positif dan sisi negatif dalem diri. Gue berhasil belajar dengan baik. Keesokan
harinya pun gue udah siap...
Singkat waktu. Gue udah di
sekolah, masuk kelas, baca-baca materi lagi, bel masuk berbunyi, pengawas
masuk.
Mapel pertama adalah Biologi. Gue
sukses ngerjain dengan baik. Gak terjadi tusuk-tusukan di ruangan gue. Karena
para siswa-siswi udah sibuk sama contekannya masing-masing. Ada yang browsing
di hapenya, ada yang buat kertas kecil terus disempilin di lubang hidungnya, dan..
ada pula yang nyontek ke sesama spesiesnya.
Spesies yang identik dengan
menyontek. Enaknya spesies itu disebut apa yah? Gimana kalo pelajar anggota
komunitas ‘Pelajar Maju Sukses Dengan Menyontek’, disingkat PMSDM. Komunitas yang berisi pelajar ngaco penjunjung tinggi contek menyontek. Komunitas ini berdiri dan berjalan secara diem-diem dan gelap-gelapan. Komunitas ini sangatlah tenar.
Bel istirahat berbunyi.
Menandakan kalo istirahat tiba dan waktu untuk ngerjain Biologi habis. Sebelum
bel berbunyi, di ruangan gue rata-rata udah selesai ngerjain. Jadi, udah
banyak yang keluar kelas duluan.
“Tur, gua pinjem buku tulis Jepang lu dong!” Kata gue kepada salah satu temen kelas yang berwajah mirip
Shincan dan punya alis tebal seperti Rock lee. Gue mau minjem, soalnya buku Jepang gue kurang catatan.
“Gua juga mau belajar, Nan,” kata
Fathur.
Dengan sedikit memasksa dan
mengancam (kalo gak dikasih bakalan gue cium). Fathur akhirnya mau berserah
diri untuk minjemin bukunya. Dengan syarat, gue sama dia berbagi jatah untuk
buku itu. Jadinya kita resmi berbagi di tempat duduk gue (belajar bareng).
Preeet... Preeeettt. Dus. Aw (walaupun kayak suara kentut, anggap aja kayak suara bel berbunyi).
Selang berapa waktu setelah bunyi
bel masuk istirahat. Semua siswa-siswi masuk ke ruangannya masing-masing. Mereka yang
keliatannya santai-santai aja, sepertinya salah satu dari anggota PMSDM (kebanyakan iya loh). Sambil ngerapihin alat tulis, gue
bilang ke Fathur yang duduk di depan gue, “Bodo ah. Nanti gua ngasal jawabnya,
dah”.
Kita berdua sama-sama tau. Kalo
soal Jepang bakalan susah, sampe-sampe bisa menyebabkan TBC dan BAB yang
mengerikan secara mendadak (BAB-nya bisa-bisa keluar dari lubang kuping).
Dan bener apa gue perkirakan.
Sehabis ngisi biodata di LJK, pas soal baru aja gue terima... Dan kalian tau
apa yang terjadi? Gue nerima soal YANG tulisan soal maupun jawabannya, Jepang SEMUUUAA.... Seketika,
rasa TBC mulai menjalar ke paru-paru gue. Dan rasa ingin BAB di kursi udah mulai kerasa (gak kebayang, BAB di kursi, nanti bakalan belepotan itunya).
Waktu UKK kemarin, gue (kelas 11)
duduk bareng adek kelas (kelas 10). Pelajaran yang di UKK-in pun beda. Kelas 11
ngerjain Jepang, kalo gak salah kelas 10 ngerjain ekonomi. Suasana mulai riuh,
banyak suara gak jelas di mana-mana, terutama dari kelas 11-nya.
Anak kelas 10 cuman cengar-cengir
sambil ngasih tatapan, ‘Segila ini kah anak kelas 11?’.
Temen gue yang ada di barisan
samping ngomong ngeledek, “Heh... ini mah 10 menit selesai”. Wuih, mimpi. Lalu
ada yang nyautin, “Ngasal yok!”.
Gue sendiri bingung mau milih
ngerjain dengan serius atau ngasal. Kalo gue milih ngerjain serius, bisa-bisa
gue menjadi gila seketika. Lalu nekat ngeluarin kampak dari dalem tas, berdiri di depan kelas berteriak, “Ini
semuaaa... akan berakhir, SEKARANG JUGA!”. Oke. Karena gue orangnya gak segila
itu. Gue lebih milih ngasal (ini cara paling aman biar gak jadi gila pas ulangan).
Jurus andalan pelajar yang udah
kepepet pusing pun gue keluarin: “NGASAL MODE-O’ON”. Jumlah soal PG 40 nomer,
essay 5 nomer. Dengan begitu luwes, gue ngebunderin jawaban PG dengan membabi buta. Gak peduli apapun soal dan jawabannya (ngerjain tanpa ngeliat soal). Gue
bunderin sesuai dengan kehendak sendiri.
Bukan cuman gue yang ngerjain
asal-asalan. Yang lain BANYAK. Karena baru aja 10 menit ulangan Jepang dimulai.
Udah ada teguran dari panitia lewat suara di speaker, “Mohon untuk pengawas,
diharapkan untuk tidak mengizinkan para peserta pulang terlebih dahulu. Karena ulangan baru saja dimulai
10 menit”. Alesan teguran itu muncul, karena udah ada murid yang pulang duluan.
JLEB.
Oh ya. Banyak temen gue yang
ngasalnya terlalu parah. Contohnya, salah satu temen gue yang ngumpulin
pertama, dia ngumpulin dengan LJK jawaban pgnya membentuk pola bertuliskan, “SE*K*”.
Jelas. Kertasnya langsung ditahan sama pengawas, dan dia disuruh ngerjain ulang dari awal lagi (pasti ngerjainnya ngasal).
Selain dia, ada pengikut ngasal
yang parah juga. Gambar barang tersangkanya berhasil didokumentasiin, siapa
tau, barang ini bisa menjadi artefak di masa depan. Sama kayak tersangka pertama, orang ini pun kertasnya ditahan (tapi berhasil diraih lagi), terus disuruh ngerjain dari awal pula.
Gue gak tertarik buat pola di
jawaban PG. Ya.. walaupun tetep ngasal-ngasal juga (tapi gak sampe bikin pola
aneh gitu). Oh ya. Untuk essay, gue isi dengan curhatan untuk sang guru. Inti curhatannya,
“Sensei... Saya ngisi NGASAL. Atas dasar perintah sensei”.
Gue ngisi curhatan dengan maksud
agar sensei memaklumi perbuatan gue ini. Soalnya, sensei pernah ngomong, kalo
soalnya beda dengan meteri yang diajarin sama dia, kita dianjurkan untuk ngerjain ngasal. Karena sensei bakalan buat
soal yang baru (nyatanya sensei gak bikin loh).
Gue cuman butuh waktu sekitar 15
menit untuk nyelesein Jepang. Lalu gue ngumpulin LJK dan
soal. Gue ada di urutan kedua, setelah temen gue yang tadi disuruh ngulang lagi. Dan....
pas gue kasih ke pengawas... gue kembali ke kursi. Gak lama kemudian, curhatan gue dibaca dengan
pelan sama pengawasnya (kayak bisik-bisik)... dibaca pas temen-temen pada mulai ngumpulin. Salah satu temen gue nyaut, “Ahahaha..
Blogger, sih”.
Yes. Gue udah dianggap blogger.
Sekitar 5 menitan setelah gue
ngumpulin. Banyak temen-temen lain yang ikutin jejak gue. Sehabis ngumpulin, kita
semua duduk kembali, padahal mau pulang... tapi gak dibolehin sama pengawas.
Tapi, gak lama kemudian, pengawas ngizinin untuk boleh pulang (udah banyak murid yang
keluar di ruangan lain).
Pas udah keluar kelas, dengan
cengengesan, temen-temen saling bertukar pengalaman ngerjain soal Jepangnya. Yang
gue tau mereka sama-sama pake jurus: NGASAL MODE-O’ON.
Intinya: Mari berantas PMSDM!
11 komentar
PMSDM emang harus diberantas! Seharusnya guru-guru udah tau orang yg PMSDM.
Gue baru tau kalo lu anak tamsel, btw tamsel berapa? Oh iya, thnks ya udh komen di blog gue.
Lembar jawabnya parah =)))
"Seketika, rasa TBC mulai menjalar ke paru-paru gue. Dan rasa ingin BAB di kursi udah mulai kerasa" MANTAAP
Eh, bro. Buruan ke blog saya ya!
LJK nya si chiesa itu
PARAH-PARAH itu yg ngejawabnya kayak gituan :v
Iya anak Tambun. Sama-sama
Itu beneran, loh.
Oke! MANTABS.
Komentar juga, lu.
Hahaha, iya.
Itu foto ljknya anti mainstream banget. Heu.
Btw, aku nggak tau yang disamarin. Yang se*k* itu lho...
Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon