Halooo....
Hayy....
Ehmm....
HUEK.
Kelas gue belajar PKN setiap hari
Jum’at. Pekan lalu ibu guru PKN ngasih tugas ke kelas gue, setelah dia ngajarin
garis besar mengenai materi sistem pemerintahan di Indonesia. Ibu teett
(disensor) selalu bahas materi yang segitu banyaknya dengan cara jabarin
inti-intinya aja. Gue sih setuju dengan pola pengajaran yang berpacu pada inti
materi kayak gitu, tapi gue kurang srek semisalnya ibu teet ngasih tugas yang
bejibun. Seperti yang terjadi Jum’at pekan lalu.
Berbicara soal ibu teett emang
rada sensitif, sih. Soalnya gue takut kalo ibu teett nyasar di blog gue dan dia
baca nih postingan, kemudian dia tersinggung. Namun kemungkinan dia akan mampir
kecil, soalnya guru zaman sekarang jarang ada yang mau ngebuka blog sesat kayak
gini. Kecuali ada salah satu muridnya ngasih unjuk langsung ke dia, “Bu. Ini
ada anak kelas 12 IPA teett yang ngebahas ibu. Parah dah, Bu.” Apalagi sampe
ngehasut, “Mari sembelih dia, Bu. Untuk kita jadikan pakan ternak kandang ayam
di belakang sekolah.”
Mampus dah....
Tapi tenang saudara-saudara, gue
gak akan nyudutin ibu teett. Ya. Walaupun cara ngomong dan penampilan ibu teett
sekilas mirip sama artis Rina Nose pake berkerudung, namun gue gak berhak untuk ngebahasnya di
sini. Ntar kasian ibu teett misalnya jadi gue tulis di blog ini, mungkin
setelahnya dia akan jadi artis sekejap yang dikenal banyak orang, “Wahhh... ibu
kan, yang ada di blog mraneh itu....”
Oke. Cukup. Mari kembali ke
permasalahan utama: tugas bejibun PKN di hari Jum’at pekan lalu.
Tugas PKN-nya sebenernya hanya
ngerangkum aja. Ehem, ngerangkum... materi sistem pemerintahan Indonesia yang
banyaknya pake gila. Sumpa ane zuzur. Banyaakk banget... apa-apa aja yang harus
dirangkum. Kita harus ngerangkum beberapa hal yang berkaitan sama sistem
pemerintahan Indonesia dari mulai era orde lama hingga sekarang (reformasi),
yaitu penyimpangan, kelebihan-kekurangan, pokok-pokok pemerintahan, dll dari
masing-masing era.
Masalahnya pola pikir temen-temen
kelas gue kayak gini, “Kita kudu ngerangkum di buku tulis. Kalo nggak di buku,
kita ‘pasti’ kena omel ibu teett.” Emang sih... ibu teett kalo marah serem, dan
tuntutan pelajar sekolah adalah ngerjain PR. Tapi kan, ini menyangkut
kelangsungan hidup tangan kalo harus nulis manual di buku. Tangan pegel, coy.
Banyak materinya. Padahal mah ya, ibu
teett gak ngasih tau secara pasti harus buat rangkumannya di mana, dia cuman
nyuruh ngerangkum doang. Alhasil kita pun bingung. Mau ngerangkum di buku tulis
atauu... pake cara yang lebih masuk akal: fotokopi.
Ibu teett emang sering ngasih
tugas ngerangkum banyak-banyak sejak kelas 11. Tapi, selalu ada celah yang gak
ngeharusin gue dan temen-temen kelas ngerangkum di buku tulis. Seperti yang gue
bilang tadi, ya pake cara fotokopi. Jadi, biasanya akan ada suatu titik di mana
beberapa lembaran kertas yang berisi rangkuman materi muncul di tengah-tengah
kegelisahan. Gue gak tau pasti tuh lembaran munculnya dari mana dan siapa.
Yang jelas, dari siapapun itu... gue ngucapin terimakasih.
Pekan depannya kumpulan lembaran
yang menjadi idola bagi pelajar-males-ngerangkum-kayak-gue udah beredar di
kelas. Gue lupa tuh kertas udah nongol pas hari kapan, namun seinget gue sedari hari Senin udah banyak temen-temen kelas gue yang megang tuh kertas.
Kertas yang didapet kemarin tuh
ada delapan lembar bolak-balik. Tulisannya kecil-kecil, dan udah dalem bentuk
rangkuman. Itu artinya kalo tulisan dari kertas itu dirangkum (atau dipindahin)
ke buku tulis akan banyak jadinya. Bisa capai dua puluh lembar kalo tulisannya
gede dan jelek kayak gue.
Banyak temen gue yang udah milih
ngerangkum di buku tulis. Walaupun gue udah megang lembaran kertas
fotokopiannya, gue masih belum mindahin ke buku tulis. Gue pikir, lebih baik
fotokopi dah daripada harus nulis panjang-panjang. Hari Rabu-nya gue sibuk
nanya-nanya ke temen-temen kelas gue.
Kalimat tanya yang gue lontarin
adalah, “Eh, lu PKN di buku tulis atau fotokopian?”
Gue pengin nanya pertanyaan itu ke
semua anak kelas, namun mengingat keterbatasan waktu yang gue punya, gue gak
nanya ke seluruhnya. Gue memilih jalur pengamatan. Hasilnya anak kelas
dominan memilih ngerangkum di buku tulis, terbukti dengan banyaknya tangan yang
menggeliat di buku tulis PKN sewaktu jam istirahat. Namun masih ada beberapa
yang memilih fotokopian.
“Eh, lu PKN di buku tulis atau
fotokopian?” tanya gue ke Suyatna, selaku ketua kelas, ketika lagi asyik
ngobrol dengan Dimas dan gue di mejanya.
Setelah terjadi perbincangan yang
agak rumit dengan Dimas yang lebih memilih nulis di buku tulis, Suyatna pun
bales, “Gini Om (panggilan Dimas), tugas bukan cuman PKN doang. Banyak yang
lain. Gue fotokopian aja deh.”
“SIP.” Gue mengiyakan.
Hari Kamis esoknya tepat H-1
sebelum mapel PKN besok Jum’at, gue ngedatengin Suyatna untuk mastiin lagi
keputusannya yang kemarin, “Beneran kan, lu PKN-nya fotokopian?”
Dengan cengegesan dia ngejawab,
“Masalahnya gini Nan, fotokopiannya gak lengkap. Jadinya gue ngerangkum di buku
tulis.”
Gue berniat pengin masukin kain
pel ke mulut Suyatna setelahnya, namun niat itu gue urungkan mengingat Suyatna
adalah ketua kelas. Gue hanya nanggepin, “Yee...”
Sehabis gagal ngerekrut Suyatna
sebagai salah satu anggota kelompok fotokopian PKN, gue bergegas menuju anak-anak yang terkenal dengan tingkah lakunya yang nyebabin kelas jadi riuh. “Eh, lu PKN
di buku tulis atau fotokopian?” tanya gue ke Indra, salah satu dari mereka.
“Elu apa, Nan?” dia balik nanya.
Ini kesempatan, pikir gue. Dengan
semangat gue ngajak dia, “Gue fotokopian. Fotokopian aja Ndra, gue males nulis.
Banyak banget materinya.”
“Serius lu?” tanya dia seolah gak
percaya sama gue yang lebih mirip bandar narkoba ketimbang pelajar SMA.
“Iya.” Jawab gue singkat.
“Yaudahh... hehe. Gue juga, dah.” Akhirnya
Indra bergabung dengan gue. Masuknya Indra ke dalem kelompok fotokopian PKN
ngebuat anak-anak yang spesies dengannya ikut bergabung; Andymas, Ariya,
Naufal, Chiesa, Firman, Arif dll yang gak bisa gue sebutin satu persatu namun
gak menyurutkan rasa cinta gue kepada kalian. Mereka adalah para kolega gue
yang punya satu tujuan, “Fotokopian PKN-lah yang akan menjadi pemenang.”
Kemudian temen sebangku gue,
Fathur, gak mau kalah untuk ikut serta dalem kelompok yang gue dan para kolega dirikan.
“Gue gak tau dah. Palingan gue fotokopian,” jujur Fathur.
“Lagian sih, tugasnya gak logis
banget. Ini aja fotokopian udah delapan lembar bolak-balik, udah dalem bentuk
rangkuman, terus apa yang mau dirangkum lagi. Ya kalii.. gue harus nulis di
buku juga,” keluh gue ke Fathur yang hanya ngasih raut muka ‘lu emang jenius Nan’.
Fathur pun ujung-ujungnya mau ikut
bersama kami, ‘kelompok fotokopian’.
Setelah kelompok fotokopian PKN
punya banyak anggota, terciptalah perpecahan di kelas 12 IPA 3. Di mana ada
kelompok fotokopian dan kelompok nulis di buku dalem menyikapi tugas rangkuman
PKN. Demi terciptanya tulisan yang baik, akan gue ganti kedua kelompok itu
dengan sebutan, “Kancil VS Macan di Perang PKN.” Dan, gue gak akan ngasih tau
kancil atau macan tuh kelompok yang mana. Kalianlah yang akan menilainya di
akhir postingan ini.
Ibarat debat di tv, gue dan para
kolega sedang ngadu bacot sama kelompok sebelah. Para kolega, termasuk gue,
sering ngeledek ke kelompok yang menjadi lawan kami di debat ini, “Kelas
sebelah aja boleh kok, rangkumannya difotokopi. Ibu teett gak marah.”
Kelompok sebelah ngebales, “Gue
maunya nulis di buku. Biar nilainya nambah.”
“Kelas sebelah rangkumannya gak
dinilai, loh. Mereka cuman disuruh buat kelompok, terus presentesaiin materi
ini. Gak perlu ribet nulis banyak-banyak dah. Pake fotokopian boleh, kok,”
jelas kelompok gue dengan mulut yang udah berbusa-busa.
Sepertinya gue dan para pejuang
dari kelompok fotokopian akan memenangkan perang ini, setelah kelompok sebelah ngebales, “Liat besok aja, dah.”
Hari Jum’at tiba. Hariii... di
mana ada dua kelompok yang akan sama-sama menentukan nasibnya di medan perang,
yang akan dikenal sebagai sebuah sejarah ‘Kancil VS Macan di Perang PKN’.
Sejarah ini akan masuk di kurikulum pelajaran sejarah di tahun 2133, dan hanya
berlaku untuk mahasiswa S3.
Dari pagi pukul 7 hingga pukul
8-nya guru senam pagi di lapangan tengah sekolah, sehingga bel belajar
baru nyanyi setelah guru usai senam. Namun setelah bersenam ria, gak ada guru yang
masuk ke kelas (walau ada hanya untuk ngasih tugas, lalu pergi). Alasannyaa...
“Guru ada acara sebentar,” kata
sebagian pelajar yang update informasi,
termasuk gue.
Berhubung PKN adalah mapel
pertama di hari Jum’at, dan acaranya dilaksanain sehabis guru senam pagi, itu
artinya ibu teet gak bakalan masuk kelas hari itu. Acara gurunya dilakuin di ruang guru, gue dan
beberapa temen OSIS lainnya diikut sertakan di acara itu. Kebetulan pas lagi
masuk ke ruang guru, ibu teet manggil gue, “Kamu IPA 3, kan? Sini sebentar!”
katanya sambil natap ke arah gue yang berdiri di muka pintu.
Gue meluncur ke arah tempat
duduk ibu teet, lalu membuka mulut, “Iya, Bu,” kata gue sembari salim
dengannya.
“Kelas kamu udah kebentuk
kelompok, kan?” tanyanya.
Gue mengerutkan dahi seraya
berkata, “Belum, Bu. Kemarin ibu kan nyuruhnya buat rangkuman.”
“Yaudah. Kamu ke kelas sekarang,
buat empat kelompok, tulis nama-namanya di kertas, terus kasih ke saya
sekarang, ya!” Perintah ibu teett dengan gayanya yang nyerocos.
“Kelas saya anaknya ada 47, Bu.
Berarti kelompoknya ada yang dua belas orang?” Tanya gue, kurang cerdas.
“Kelompoknya per barisan aja.”
“Oke, Bu,” kata gue sambil
bergegas ninggalin ruang guru—acaranya belum dimulai. Sesampenya di kelas, gue
langsung ngasih tau Suyatna, “Kata bu teett, kita disuruh buat empat kelompok,
diambilnya perbaris, terus tulis nama anak-anak di kertas. Kertasnya langsung
kasihihn ke gurunya ya, Suy!” Jelas gue ngejeplak perintah ibu teett.
Suyatna anggukin kepalanya yang
nandain kalo dia mengerti penjelasan gue yang sangat rumit tersebut.
...
Baiklah. Tulisan gue udah terlalu
larut dalem kepanjangan. Mengenai tugas rangkuman PKN emang masih ngambang
(nunggu kepastian sampe minggu depan), namun sampe paragraf ini pasti kalian bisa tau,
siapalah yang jadi pemenang di antara dua kelompok yang terbentuk.
Akhir kalimat, “Mana yang Kancil,
mana yang Macan?”
Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon