Saturday 6 June 2015

Dapet Pelajaran Dari Game COC

Entah kenapa setiap gue ngisi postingan tentang GAMES, selalu ngebahas COC. Game itu lagi, dan lagi. Sebenernya udah ada niat untuk ngebahas game PES, teka-teki silang dan game yang lainnya. Tapi niat gue terhambat, karena males mainin game banyak-banyak. Yang satu belum tamat, udah main yang lain. Kan, bikin ribet. Nyita banyak waktu pula. Capek, deh.

Sekarang, berilah kesempatan bagi blogger gak jelas ini untuk nulis tentang COC lagi.




Ya, terimakasih atas kesempatannya. Gue nggak akan buang kesempatan yang baik ini (cielah).  Di kesempatan yang berbahagia ini, gue akan berbagi sedikit mengenai apa-apa yang bisa gue dan kalian dapet di game COC. Langsung simak di bawah ini, ya!

1. Kerjasama

Di COC kita gak bermain sendirian, berdua, atau satu komplek aja. Melainkan, kita bermain dengan seluruh orang di penjuru dunia. Berbarengan dengan itu, ada 2 pilihan untuk berinteraksi dengan mereka. 1). Via chat global: Di mana nantinya kita bisa saling chat dengan orang secara umum di seluruh penjuru dunia.

2). Via chat clan: Di sini nantinya kita hanya bisa berkomunikasi dengan temen-temen satu clan. Bagi yang belum tau apa itu clan. Clan adalah perkumpulan pemain-pemain COC yang menjadi satu dalem sebuah kelompok aliansi. Nah, kalo kita udah punya clan, kita bisa berperang dengan clan lain. Saat perang itulah, kerjasama diperluin. Guna mencapai tujuan clan masing-masing. Tentunya, ngeraih kemenangan.

Kerjasama diperluin nggak cuman di COC aja . Sama halnya di kehidupan nyata. Sebagai makhluk sosial, kita harus saling membantu satu sama lain. Menghargai perbedaan untuk saling bahu-membahu. Soalnya, kita gak akan bisa hidup sendirian. Untuk itu kerjasama harus dilakuin, agar tujuan yang kita mau capai bisa diraih dengan ringan dan gak begitu berat.

2. Tanggung jawab

Ini hampir sama dengan kerjasama. Bedanya, setiap pemain gak harus punya clan untuk ini. Dalam dunia per-COC-an setiap pemain harus bertanggung jawab dengan desa yang dia bangun. Desanya harus tumbuh maju, gak boleh maju-mundur cantik. Apalagi, sambil turun-naik kayak goyang dribble.

Kalo di clan, tanggung jawab pasti dimiliki oleh semua anggotanya. Setiap anggota wajib untuk majuin clannya. Gak boleh stuck gitu-gitu aja. Terlebih lagi di clan ada jabatan. Ada anggota biasa, lebih naik lagi ada elder, lebih tinggi lagi ada co-leader, dan paling tinggi ialah leader. Semua punya tanggung jawab masing-masing. 

Hidup emang penuh dengan tanggung jawab, Banyak hal yang harus dipertanggung jawabkan. Perilaku, perkataan, kerjaan dan masih banyak lagi. Semua orang emang gak bisa lepas dari tanggung jawab. Kita hidup aja udah bagian dari tanggung jawab. Tanggung jawab sebagai makhluk sang Pencipta.

3. Pengaturan waktu

Mengatur desa gak semudah makan mie pake kelingking. Semua butuh proses. Proses butuh waktu. Nah, di COC kita mengenal yang namanya ‘proses pembagunan’. Bener banget. Bangunan-bangunan yang ada di COC gak selamanya bisa jadi secara instan. Ada waktu yang diperluin untuk ngebangunnya. Ini sebabnya, pengaturan waktu harus bener-bener teliti dan jeli.

Sebagai pemain yang cerdas. Kita harus cerdas memperkirakan apa-apa aja yang harus dibangun, harus sesuai dengan waktu dan resources yang ada. Misalnya, besok jam 9 malam canon tower selesai. Berarti, dimulai dari hari ini kita udah harus nyiapin untuk ngebangun bangunan yang lain, setelah selesainya canon tower

Pengaturan waktu harus menjadi prioritas dalem kehidupan nyata, karena waktu gak bisa diulang. Makanya, kita harus pinter bagi-bagi waktu. Atur sedemikian rupa, isi dengan hal yang positif, sesuain sama kondisi. Dan, jangan terlalu maksain diri. Soalnya, sesuatu yang dipaksain ujungnya bakalan sia-sia.

4. Kerja keras

Gold, elixir, dark elixir dan gems, seperti primadona di COC. Tanpa itu semua, desa kita gak bakalan bisa bertahan. Untuk ngedapetin semua itu gak gampang. Kita harus bisa menyerang dan bertahan dengan baik. Menyerang untuk mendapatkan, bertahan untuk melindungi. Melindungi hati yang terluka (lah?).

Untuk menyerang dan bertahan, harus dilandasi dengan kerja keras. Kalo kita males-malesan, pasti hasilnya juga sia-sia. Musuh di luar desa pasti kuat-kuat. Kalo kita gak kerja keras untuk bertahan dan menyerang, kita cuman bakal jadi kotoran semut yang dijadiin bumbu rujak sama bakteri. Bakteri yang segede gajah. Bakterinya itu musuh kita.

Kerja keras akan selalu berhubungan sama kehidupan kita. Semua yang kita lakuin, seharusnya dilakuin dengan kerja keras, jangan pake males. Orang yang ingin sukses, ya, harus berani kerja keras. Nggak usah bilang mau sukses, kalo kerja keras aja ogah-ogahan. Setiap orang pasti bisa sukses. Tinggal bagaimana cara mereka untuk bisa sampai ke 'kesuksesannya'.

5. Konsisten

4 poin di atas, kalo gak kita lakuin secara konsisten, cuman bakalan jadi sampah. Misalnya, kita berhenti main COC selama 2 minggu. Sehabis itu kita main lagi, pasti bakalan terasa susah dan beda. Susah, bagaimana mengatur kerjasamanya, tanggung jawabnya, pengaturan waktunya dan kerja kerasnya yang udah pudar. Semua akan diulang dari awal lagi. Jelas ini sia-sia dan bikin capek. Mending gak usah lanjut main. Stop sampai di sini! Cari permainan yang lain.

Begitu juga di kehidupan nyata. Hal-hal yang positif, hendaknya dilakuin secara konsisten terus-menerus. Jangan sampai putus. Lakuin aja, hasil jelek atau bagus gak jadi masalah. Toh, kita udah berani nyoba. Dimulai dari hal yang terkecil aja. Contohnya, konsisten bangun tidur di waktu subuh. Pasti bisa kan? Makanya dari sekarang, yuk, belajar konsisten!



...



Semua poin di atas menyangkut di kehidupan nyata. Tanpa gue sadar, kelima poin di atas bisa didapetin dari main COC. Ini, merupakan pelajaran yang terselip dari sebuah permainan. Walaupun pelajaran ini gak gue dapet secara langsung, kayak proses belajar-mengajar di sekolah. Tetep, ini bisa jadi tambahan ilmu. Soalnya, sebagai manusia, kita dituntut punya ilmu sebanyak-banyaknya.

Makanya, yuk, main game. Janganlah jadi orang yang terus disibukin sama aktivitas kerja, kuliah atau sekolah. Jika bisa, rehatlah dengan mainin game yang kalian suka. Percayalah, setiap game pasti bisa ngasih sebuah pelajaran untuk kita. Mau pelajaran yang baik ataupun buruk. Tergantung tanggapan masing-masing orang. 

Right?



..



Selamat bermain!




65 komentar

game kalo sekedar buat ngisi waktu luang sich gak masalah, tapi akan menjadi masalah klo sudah menjadi candu... semoga tidak seperti itu ya :)

Sebagai pemain game (hanya) dress up, aku baru tau pelajaran game coc juga ada :D Dan sebagai anak yang gak konsisten, mungkin aku harus main game ini xD

COC juga mengenalkan batu akik! :)

Kalo boleh Gue nambahin, yang ke 6 nya : Kesabaran dan Keuletan gan. Sabar kalo lagi trainning troops yang bahkan bisa berjam-jam, kalo nggak sabar pasti udah ngabisin gems tuh. Hahaha
Ulet juga waktu kita ngebangun base, mau itu war base atau farming base. Kalo nggak ulet bakalan abis mulu tuh resource nya diserang lawan. Hahaha

Oh iya, kalo Mr Aneh ngebahas Pelajaran dari COC, Gue malah ngebahas Fenomenanya. Mau tau? Yu meluncur ke Guenuggy gan :D

Nah iya tuh bener, sampe-sampe gue kecanduan :|

Wkwkkw bener nah semua point diatas. Dan bisa kenal sama orang yang sebelumnya ga kita kenal *yaiyalah*

Gue udah lama banget ga maen COC nih, baca-baca ini jadi kepengen lagi, hehe...

Btw, mungkin kalo lo maen dotA, bisa tuh lo review juga, ada unsur-unsur penting juga yang bisa diambil..

boleh ditambah nga satu lagi, kesabaran dan woles, apabila lagi kalah WAR hahaha :v

kalo pecinta game biasa orangnya banyak trik, tapi kalo udah kecanduan susah berhentinya

gue gak pernah main COC jadi gak mudeng. orang hapenya nokia legenda..

Semoga.. ehm, semoga. :0

Yaudah cepet main. Biar kita jadi orang konsisten.

Sip. Tambah aja kalo kurang. Jangan lupa bayar dulu, baru mesen lagi.

Haduh, jangan sampe kejadian. Kalo kejadian, yaudah, lanjut main.

Waduh. Harusnya elu direhabilitasi, bro.

Bagus tuh. Banyakin temen di permainan, bakalan seru dan seru banget.

Mau man dotA, sayangnya laptop gue gak kuat. Biasa.. spek rendahan.

Sabar nunggu jaringan yang nge-lag juga, bro.

Berhentiinlah. Kan, mau berhenti.

Wah, hape legenda. Semuanya... hormat, gerak!

dulu pernah main game online. Kemudian kecanduan. Sejak itu berhenti main game online lagi. Kadang2 ada sih keinginan buat main game tapi gak begitu gede juga. Semuanya terhapus oleh tugas2 kuliah :')

daa gue mah apa atuh, gak pernah main COC -__- jadi gue tidak merasakan manfaat dari game COC itu sendiri :)) pernah sih download tapi gue males mempelajari lebih lanjut mainan COC ini :)) akhirnya uninstal deh :D

Tugas kuliah kayaknya berat banget, deh. Sampe begitunya..

Yang penting, udah ada niat. Walaupun gak pernah main.

Duhhh coc paling sebel sama game ini

see, tidak semua ilmu harus didapatkan dari sekolah, dari maen game pun bisa
tapi.. ane nggak suka maen coc, sukanya maen mahjong lawan anak ane :D

Sebagai pensiunan COC selamat bejuang yah nak. :')

kalau udah tinggi jual ajah game nya. :p

belum pernah main game kaya gitu -___-

Kayaknya pada demen banget main COC. :)) gue kagak mainan. Haha.
Gue lebih suka DotA, itu juga gue belajar banyak hal. Hehehe.

Gue udah blacklist ini game dari hidup gue.

Nyerang kalah, diserang juga kalah. MAUNYA APA WOII??!!

wah, udah satu tahun ga main COC

Blm pernah main COC. Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Udah gak pernah dimainin lagi. Rada-rada ngebosenin sih. Ngomong-ngomong mengajarkan pengaturan waktu, temen gue didiemin cowoknya gara-gara lagi war coc. Kayaknya time management not accepted in real life

Dulu ane maen sampe TH 8. Sekarang udah berhenti.
Menurut ane sih manfaatnya banyak, tapi kerugiannya juga nggak kalah banyak.
Ini cuma opini ane sih.

<--- Gak bisa main COC, bisanya cuma main Harvest Moon :'v

Memang benar. Gue kalau lagi letih berkegiatan, biasanya refreshing dengan memainkan COC. Gak begitu berlebihan juga sih mainnya, cuman sampe otak gue bener-bener fresh.

Oya, main tetep boleh. Tapi harus pandai mengatur waktu untuk bermain, ya. Jangan keseringan main sampai berujung males bekerja :v

ini nih yg dimaenin tmen2 dikelas. kebetulan gw gak main sih. kurang suka

Ini mah game kesukaan suamiku. Kalo lagi war, gak bisa diganggu gugat. :D

Game COC kelihatannya menarik, saya lihat teman2 pada main game ini, maklum cuma lihat orang main aja, soalnya gak punya HP android :D

Njiiiiiir gak bisa di ganggu gugat kaya JURI ya heheheh :D

kayaknya lo penggemar berat game COC karena pas kutengok banyak kali postingan tentang COC
hahaha. BTW, feedback aku luanlah, ntar aku feedback balik

Pernah main game ini juga. Sekarang udah pensiun.

Laptop gue gak kuat main dota. Jadi, gue gak bisa main.

Maunya apa? Kan, udah jelas bro. Ya, mau menang. Bener nggak?

Lama juga ya? Mungkin sebentar lagi. Elu akan ditumbuhi benih2 rindu akan game ini.

Coba mainin aja. Gak perlu bayar mahal2 kok. Cuman, biaya internet aja.

Ya.. seperti yang gue bilang tadi. Pelajarannya tergantung tanggapan kita masing2.

Coba dulu aja. Gak repot kok. Cuman nyerang dan bertahan.

Ya, maininnya juga jangan sampe kecanduan.

Itu game jadul banget. Gue aja kagak ngerti maininnya.

Ya sebagai pemain yang cerdas, emang harus begitu, ya. Gue juga masih bisa ngatur waktu kok antara main dan sekolah. Semua kembali ke diri kita masing2. Bisa apa nggak, ngatur itu semua. Kan kita semua udah gede2, nih umurnya. Jadi, gue yakin, bisa kok.

Virus COC nyebar banget, ya?

Suami mbak, anak gaul juga ya? Hehehe. Mantap nih. Seru.

Semoga bisa beli android, ya! Amin.

Pensiun. Udah dapet uang pensiunnya gak? Hehe... :)

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon