Saturday 30 May 2015

Pelajar Dekil Tugas

Pelajar dekil tugas adalah sekumpulan pelajar yang selalu dikotori oleh tugas-tugas di akhir semester sekolah, tanpa henti.

Yap, sekarang ini gue lagi ngalamin masa-masa kritis di kelas 11 IPA, SMA. Di mana sebentar lagi gue dan pelajar dekil tugas lainnya, akan menghadapi UAS (atau: ulangan sebelum liburan panjang). Ini, merupakan langkah awal membuka gerbang menuju ke kelas yang lebih tinggi, kelas 12.

Tanggal 8 juni 2015 nanti, gue beserta temen-temen akan melaksanakan UAS. Seharusnya sebelum UAS tugas-tugas berat di sekolah udah punah, udah direhabilitasi atau udah masuk LP cipinang. Tapi ini kenapa sebaliknya, coba? Guru yang nggak berkepericapekan masih aja ngasih tugas-tugas-tugas-tugas (4 kali, biar terkesan banyak) dengan liar, layaknya cabe-cabean naik motor ninja. Jelas, ini bikin pusing 7 turunan.

Tugas ini itulah, begini begitulah, nana-ninu-nana-lah... bikin waktu liburan makin sempit aja. Seakan-akan gue hidup hanya untuk ngerjain tugas sekolah. Coba posisinya bisa gantian, murid ngasih tugas ke guru. Gue dengan seneng hati bakalan ngasih tugas ke mereka untuk bikin SKRIPSI setebal 200 halaman (hahaha). Gimana, setuju nggak? Wahai pelajar dekil tugas...





Gue ngomong demikian, dikiranya takut UAS gitu? Oh.. salah, gue gak takut sama sekali sama UAS.

Saat ini, yang gue pikirin dan takutin bukan UAS, UN ataupun jambulnya Syahrini yang habis dikasih pomade. Melainkan, ‘masuk perguruan tinggi’.

Masuk perguruan tinggi adalah momok paling serem untuk murid SMA yang habis lulus sekolah, mau lanjutin ke kuliah. Termasuk gue sendiri. Walaupun rentan waktunya masih agak lama, tetep aja ngeri-ngeri asem. Dulu, gue kira UN adalah momok paling serem pas di sekolah. Ternyata, gue keliru, gue salah. Mungkin gara-gara gue salah gaul.

Gue sadar yang paling serem di sekolah (khususnya anak SMA yang mau kuliah) adalah perguruan tinggi. Setelah tau kalo UN hanya sebatas ‘evaluasi’, dan masuk perguruan tinggi adalah ‘seleksi’. Maka, dapet gue simpulin, kalo masuk perguruan tinggi lebih serem daripada UN. Alesannya simpel, evaluasi cuman ‘penilaian’, kalo seleksi itu ‘pemilihan sekaligus penilaian’, susahnya jadi double tuh. Bener kan?

Tetep, gue gak bisa kesampingin UN ataupun UAS (atau ulangan yang lain). Mau gak mau, keduanya sama-sama penting. Penting untuk dibilang, “Ini masih mending, dibanding perguruan tinggi”.

Gue gak bisa nyantai sambil makan coki-coki lagi untuk persiapan masuk perguruan tinggi nanti. Karena, tujuan gue habis lulus SMA adalah kuliah. Jadi, gue gak boleh main-main soal itu. Mungkin, untuk UN gue masih bisa main-main, karena gue anggap soal-soal di UN gak terlalu susah-susah amat. Berbeda dengan soal tes masuk perguruan tinggi, yang katanya 10 kali lipat lebih susah dari soal UN. Bandinginnya kayak tingginya pohon kelapa, sama pohon toge. Bedanya jauh... ada kali 1 ton kilometer mah.

Untuk itulah gue pengin sebelum UAS, tugas-tugas mending hilang ditelen sama onta aja. Karena, gue mau fokus belajar untuk tes masuk perguruan tinggi tahun depan. Masih lama banget, kok belajar? Begini temen-temen: Gue gak mau minder, gue juga gak mau terlalu pede, apalagi sampe lompat-lompat di pinggir jalan sambil nyemilin sampah. Yang gue mau cuman, “Gue siap untuk itu”. Ya, gue mau tahun depan gue udah dalem kondisi siap, menuju langkah ke perguruan tinggi. Karena, persiapan segala macemnya udah dimulai dari jauh-jauh hari.

Selain itu, gue juga udah gak sabar buat belajar materi-materi untuk masuk ke perguruan tinggi. Ini strategi gue untuk memantapkan diri lebih awal dari yang lain. Waelah, apakah gue berlebihan temen-temen? Pasti enggak kan?

Deg-degan, rasa penasaran, rasa bingung, galau dan segala macemnya bercampur aduk jadi satu, kalo kita mau masuk perguruan tinggi. Kuliah di mana, ngambil jurusan apa, lolos apa nggak, siap apa nggak, menjadi hal yang bakalan biasa buat ke depannya. Pelajar dekil tugas di luar sana yang mau lanjut ke kuliah, pasti ngalamin hal yang sama. Kita emang satu hati, sob. Tapi gak satu nasib. Kan kita bukan kembar siam.


...


Tugas, bagi gue cuman sedekah buat guru yang meminta nilai untuk rapor, cukup sesimpel itu. Walaupun kalian gak ngerjain tugas, sebenernya gak jadi masalah. Toh, kalo kalian gak ngerjain tugas, tapi paham tentang materinya, kenapa mesti ngerjain kan? (kecuali kalo yang gak paham) Tugas untuk pemantapan materi? Salah! Kalo pemantapan, seharusnya muncul dari diri masing-masing, tanpa paksaan. Kan, yang mau mantap murid itu sendiri. Jadi, jangan dipaksa dengan ngasih tugas secara terus-menerus, tanpa paham dengan kondisi masing-masing murid. Gitu.. Ibu, Bapak.

Paragraf yang di atas ini. Mohon disensor ya, temen-temen!


...


Harapan gue yang mungkin jadi harapan kalian juga, para pelajar dekil tugas adalah: Guru beri kita kesempatan untuk bisa bebas dari tugas-tugas-tugas-tugas tadi. Bisa memantapkan materi yang belum diajari, diiringi dengan gak adanya tugas. Seneng-seneng di kelas bareng temen-temen (yang mungkin, bakal pisah kelas). Yang paling krusial adalah bisa gapai apa-apa yang kita mau raih, sehabis lulus SMA. 

Intinya, kita harus lebih ‘siap’ untuk hadapin segala kemungkinan yang bakal terjadi sehabis masa-masa SMA. Mau kuliah ataupun kerja, menurut gue sama aja. Sama-sama butuh usaha yang sungguh-sungguh. Semua gak bisa diraih, kalo kita cuman diem berpangku tangan, ditemenin sama satu mangkok kuaci siap saji.

Jadi bisa gue bilang, "Sekolah, gak melulu soal ulangan dan tugas-tugas yang bisa buat otak meluber kental keluar kepala. Sekolah, lebih dari itu".

Dan, didasari dengan kondisi gue sekarang ini, yang penuh dengan tuntutan tugas-tugas-tugas-tugas sebelum UAS. Jadi, gue setuju dengan definisi pelajar dekil tugas di atas.

Yoyoy nggak?


...


Buat kalian yang termasuk pelajar dekil tugas. Gue pengin denger suara kalian. Jadi, yuk komen di bawah!




26 komentar

Gue cuma bisa ngasih semangat. Tugas tugas dan tugas. Ngak hanya sekolah yang punya tugas, kuliah pun demikian hehehe. Masuk ke perguruan tinggi itu bisa di bilang awal dari tantangan, masih banyak tantangan2 selanjutnya hehehe :D

haha gue bukan lagi pelajar dekil tugas.. melainkan, gue mantan pelajar dekil tugas.. wkwkwk :D

Yoi nih!!
Mampir juga ya http://jevontar.co.vu

Siapin diri buat masuk ke kelas 12
.
semester awal emang agak enteng, tapi masuk ke semester 2 kamu bakalan di kenyot sama pelajaran IPA
#Pengalaman

wah sama 11 IPA. jangan jangan..... xD
Ngeliat kakak kelas yang baru lulus tahun ini aku jadi kepikiran tetek bengek masuk kuliah terus. snmptn lah, sbmptn lah, itulah, inilah. Kayaknya ribet banget, jadi bikin takut gitu

'Ngasih tugas ke guru', ide bagus! Gantian kita bombardir mereka dengan tugas yang bertubi-tubi..

Udah tau... makanya persiapannya harus dimulai dari jauh-jauh hari. #Terimakasihbanyaktemen-temen

Semua emang ribet. Kacau dah.

Semoga itu bisa tercapai. Amin.

jadi inget deh waktu jaman kuliah, kalo deket sama UTS atau UAS, tugas di kasih banyaaakkk banget, sampe kebelenger saking banyaknya, tapi ya apa daya lagi kalo bisa di kerjain,kalo ga bisa ya udah nyontek :D

hehee kalo aku mantan pelajar dekil nih :D

msh ingat waktu dikaih tugas yg seabrek, banyak plus repot. Belum lg pas mau UN,,, harus belajar sampe jam 9 malam. Karena sekolah dulu ngasi pelajaran tambahan.

Aku setuju deh,, semua impian kita untuk kedepannya sama2 butuh usaha. :)

Piuhh... Saya sudah melewati semuanya Ananda, 15 taon yang lalu. Saya cuma bilang, Selamat berjuang.... & semoga sukses...!!

Wahh.. Hebat ya kamu, baru awal mau naek kelas 3 udah ada prsiapan dan pikiran untuk kedepannya.. Waktu emg kerasa cepet bgt loh, jd gak ada salahnya klo disiapin dari skrg.

Gue jg ngerasa "kayaknya kemaren bru naek kls 3 deh?" Eh, skrg udah lulus SMA aja, gue sndri msh bingung dan labil kedepannya mau gimana:(

Iya nih biasanya minggu sebelum uas sibuk-sibuknya soalnya gurunya kompak dan kejam ngash tugas yang banyak dan erat.

Salut deh udah mikirin mau masuk kampus apa, aku aja belum kepikiran sampai situ

Dan mungkin akan mengalami untuk kedua kalinya.

Ya, semua emang harus dipikirin dari jauh2 hari. Apalagi kalo menyangkut masa depan kita sendiri. Hehe.. Makasih.

Yuk, pikirin kampus. Daripada capek2 mikirin SMA yang gitu2 aja. Gak ada tantangan yang berarti.

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon