Saturday 20 June 2015

Rencana di Bulan Ramadhan

Sebelum memulai postingan ini. Gue mau ucapin, “Selamat datang. Bulan Ramadhan”.

Ya, bulan ramadhan. Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap umat islam di seluruh penjuru dunia. Bulan di mana keberkahan sangat-sangatlah melimpah. Bulan di mana kewajiban berpuasa harus dilaksanain oleh umat muslim (identik dengan berpuasa). Bulan yang paling berharga dari segala bulan.

Sungguh manis kalo ngomongin soal ramadhan. Semanis rasa cinta yang dipendam dalem-dalem.




Berbicara soal ramadhan. Ini adalah bulan yang paling gue tunggu. Selain karena faktor bulan yang sebegitu sangat baiknya. Gue juga punya rencana yang bakalan mengisi waktu di bulan ramadhan kali ini.

Pertama, dan yang paling utama, menjalankan keharusan berpuasa dan ibadah yang lainnya. Karena di bulan ini, segala kebaikan, pahalanya akan dilipat gandakan dengan begitu banyaknya. Makanya, udah jadi kebutuhan kalo kita harus banyakin ibadah di bulan ini. Dengan tujuan dapet dilakuin di bulan yang lainnya juga. Dilakuin secara terus-menerus.

Kedua, sekarang, gue masih bertugas di sebuah organisasi sekolah. Sebagai sebuah organisasi, tentu, ada program kerja yang harus dilaksanain. 1-3 minggu sehabis bulan ini tuntas. Gue dan temen-temen akan ngejalanin beberapa program kegiatan besar. Ya, kegiatan yang menyita banyak waktu, tenaga dan pikiran.

Persiapannya emang udah dilakuin dari jauh-jauh hari. Tetapi, puncak persiapannya akan ada di bulan ramadhan ini. Karena beberapa hari lagi menjelang hari H-nya. Sejauh ini kegiatan positif, menurut gue gak jadi masalah.

Gak ada kata gagal untuk sebuah usaha. Yang ada, hanya berapa persen hasil yang bisa kita capai dari 100%. Berapa pun jumlahnya, tetep, kita udah berusaha semaksimal mungkin. Oh ya. Soal program kegiatan. Salah satu kegiatannya mungkin akan gue bahas di blog ini (sekalian promosi). Jadi ditunggu aja, ya!

Yang ketiga, pernah gue kasih tau sedikit di sini. Oke, belajar buat kelas 12. Selesai pengambilan rapor, gue akan resmi menjadi siswa kelas 12. Di bulan ini, gue akan maksimalin waktu luang yang gue punya untuk belajar materi kelas 12. Dan yang terpenting, untuk persiapan masuk perguruan tinggi.

Cara belajar yang menurut gue pas di bulan ramadhan ini yaitu: 1) Gue akan baca buku pelajaran. 2) Gue akan belajar lewat video pembelajaran zenius. 3) Kembali ke cara pertama. Bedanya, akan ditambah dengan latihan-latihan soal.

Terakhir, gue baru aja menang kuis #kesetkusut arieje. Sebenernya gue gak terlalu menyangka bakalan menang. Soalnya, proses pembuatan postingannya pas gue lagi ngejalanin UKK. Di saat otak gue lagi ngebul-ngebulnya. Tapi, gue berusaha buat itu. Dan, tentu, gue bisa nyelesein postingannya tepat waktu.

Semua usaha yang gue lakuin untuk bisa menang kuis berjalan lancar. Dimulai dari ngelakuin promosi di ask.fmtwitter, facebook, BBM, blogwalking dan beberapa pemaksaan secara langsung (gue memaksa temen-temen sekolah). Sampe-sampe nulis sebuah kalimat di postingannya, "Siapa tau gue menang, biar bisa ngerayain dengan lompat-lompatan di atas patung pancoran".


Buat temen-temen yang nagih kalimat gue itu. Maaf, gue gak bisa jalanin (lompat-lompatnya). Soalnya kalimat itu bukan janji. Melainkan sekedar perkiraan aja, kalo... siapa tau gue menang. Jadi, ya, mohon mengertilah. Itu bukan janji. Melainkan sebuah perkiraan aja. Oke? Iya, dong. 

Selanjutnya gue mau bilang ke pembaca yang udah mau ngedukung, “Terimakasih buat apresiasinya. Apresiasi dari kalian jadi pompaan semangat gue untuk terus nulis dan berkarya. Gak ada ungkapin yang pas selain, terimakasih”.

Semangat gue untuk terus nulis makin menggebu. Sebagai balesan untuk kalian. Dan, untuk hal yang terakhir pula: gue bakalan nulis naskah buku.

Bener. Kalian gak salah baca: gue bakalan nulis naskah buku.

Yap, buku. Entah apa di benak kalian pas baca, kalo gue mau nulis buku. Yang jelas, ini emang udah gue rencanain dari jauh-jauh hari. Salah satu tujuan gue nge-blog adalah latihan matengin tulisan, karena gue mau buat buku. Ya... walaupun tulisan gue masih acak-acakan. Tapi akan gue coba maksimalin, apa yang gue bisa lakuin.

Sedikit bocoran. Naskah yang ingin gue tulis ini akan nyeritain tentang pengalaman gue selama berorganisasi pas SMA. Jujur ya, organisasi ini ngubah pandangan gue, kalo SMA itu gak melulu soal: berangkat ke sekolah-belajar di kelas-selesai belajar-lalu pulang begitu aja.

Pengalaman yang akan gue tulis adalah pengalaman yang menurut gue asyik untuk dibagiin. Kan, sayang tuh, kalo pengalamannya hilang begitu aja (bisa aja kan, lupa). Jadi, gue mutusin untuk nulis itu. Dan, gue berpikir lagi, naskah gue... bisa dibilang beda dari yang lain.

Yang lain rata-rata nulis tentang kisah cinta, persahabatan atau kejadian lucu saat di sekolah. Semisalnya gue mau nulis tentang begituan, bakalan biasa aja dan udah terlalu banyak. Lagipula gue juga ngirim buku ke penerbit (penerbit akan menyeleksi naskah). Kalo naskah gue sama dengan yang udah ada di pasaran. Yaudah, kemungkinan ditolak jadi tambah gede.

Tapi, kalo gue ngirim naskah yang beda. Kemungkinan lolosnya kan jadi lebih gede. Ya, itu pun, masih kemungkinannya aja.

Gak perlu khawatir, buku gue bakalan jadi buku serius (gak akan kayak skripsi). Nggak kok, tenang aja. Buku gue gak serius. Tapi, hal yang dibahas adalah hal yang serius, yang gue jadiin komedi. Ya, komedi (padahal gue gak bisa ngelucu, loh). Ada beberapa tahapan yang gue mesti jalanin selama nyelesein naskah, untuk siap dikirim ke penerbit buku.

1. Gue akan nyelesein naskah draft pertama (bentuk naskah yang masih acak-acakan), di bulan ramadhan ini. Gue akan nulis selepas dan secepat mungkin. Tanpa ngedit apapun! Dengan target, mentahan naskahnya jadi dulu. 

2. Selesai ngetik secara membabi buta (tapi gak asal-asalan juga lah), atau lebih tepatnya mentahan naskahnya udah jadi. Gue akan mulai masuk ke proses editing: Dimulai dari pembeneran alur, penambahan komedi, dan yang terakhir, penyempurnaan EYD (ejaan yang disempurnakan).

3. Sehabis selesai ngedit. Naskah gue udah hampir mateng. Gue akan nyoba ngasih naskah gue ke first reader, untuk mengetahui apa yang masih kurang. Dan, apakah komedi yang gue buat berhasil. Tergantung first reader-nya, ketawa apa nggak (semoga berhasil, kek).

4. Kalo sukses ngebuat first readernya ketawa. Gue akan langsung ngirim ke penerbit. Kalo belum bisa buat ketawa. Gue akan ngulang dari tahapan kedua, sampe ke tahapan terakhir ini.


...


Harapannya, semoga semua rencana di atas dapet gue jalanin dengan penuh kelancaran. Dan, semoga target-targetnya dapet dicapai. Amin...

So, untuk kalian yang menjalankan bulan ramadhan, “Semoga target yang kalian mau capai di bulan ramadhan ini, bisa terpenuhi”. Tarik nafas dalem-dalem, hembuskan perlahan-lahan, lalu teriak sekenceng-kencengnya, “Selamat menjalankan bulan ramadhan!”.

38 komentar

Sedap nih rencananya. Semoga semua rencananya bisa dicapai semua bro. Amiin.

Semoga bisa cepet naik ke penerbit ya naskahnya

Calon orang sukses ni anak, wkwk...

Lo kok bisa disiplin gitu ya, susah loh jadi orang disiplin. Hebat lo...

Semangat gaes, setiap blogger pasti punya rencana buat nerbitin buku, tapi masih nunggu waktu yang tepat dan naskahnya kapan jadi, itu aja..
Semoga draftnya cepet selese ya :D
Amin...

Wah keren nih puasa nyusun naskah. Semoga cepat selesai ya

Semoga semua rencana na berjalan dengan lancar dan semoga bukunya cepet terbit ya, semangat :-)

Wihh sedap nih! Udah nyiapin target selama bulan ramadhan! Semoga sukses ya bro! Nanti kalo buku nya udah jadi bilang ya.. Hehee..

amin....!!
semoga berhasil dengan hasil yang memuaskan,

Masih panjang banget prosesnya. Tapi, thanks, Lulu!

Kalo nulisnya cepet, tanpa ngedit. Gue yakin selesai kok.

Amin. Semoga gue menginspirasi. Hehe...

Perlu nyusun tangganya dulu. Masih panjang prosesnya.

Usaha sendiri. Pasti puas, kok.

Keren rencananya. Dibulan ramadhan lagi :)
Moga sukses ya Neh rencana2nya. Cepetan yak keluarin buku nya. :D

Amiin semoga rencananya bisa berjalan lancar mas ^^

Semoga lancar yah mas rencananya :)
trus janjinya saya tunggu buat loncat" di atas patung pancoran :D

Semoga lancar bikin bukunya ^^

semoga lancar buar rencanannya gan
apalagi yang nulis buku itu..semoga terselesaikan dengan baik.

eh, baru mau naik kelas 12 tapi dah belajar buat masuk PTN
rajin banget ya... semoga sukses kalau gitu

Nagihin mulu nih... Iya. Semoga lancar.

Lancar seperti arus air yang mengalir. Amin.

Ya... yang penting bisa masuk PTN favorit, deh. Amin.

Semangat broo:D, btw, boleh gak kalo gue aja yang jadi first readernya? Hehe

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon