Saturday 12 September 2015

Menulis dan Kesibukan

Selamat dateng kembali di blog mraneh. Apa kabar? Semoga baik-baik aja. Bagi yang belum baik, moga-moga cepet baik. Dan, inilah postingan baru mraneh. Selamat menikmati!

Ehem, kalimat gue di atas seperti seorang suster rumah sakit (jiwa) yang lagi nawarin dua pilihan ke pasiennya; mau disuntik sama Baboon atau disodomi oleh waria fedofil. Serem.

Sebelumnya, terimakasih buat kalian yang udah nyempetin ngebuka postingan ini. Ya, meskipun tulisan gue kali ini gak nyinggung tentang alesan kenapa seorang kucing tampan berzina dengan tikus got yang buluk. Apalagi sampe ngebahas mengenai cara pencegahan teror pesan, “Tolong isiin mama pulsa yang dua puluh ribu dong, Nak! Penting!” Lagipula siapa juga yang mau tau begituan... kurang kerjaan.

Kalian (pembaca) yang udah berani ‘klik’ postingan ini, sehingga tulisan aneh gue terpampang jelas di layar perangkat yang kalian gunakan, kalian sungguh mulia sekali. Kalian termasuk dari ribuan orang (ah masa? Perasaan gak nyampe seratus orang dah) yang udah berkelakuan cerdas karena udah mau ngebuka mraneh. Semisalnya Albert Einstein masih bernafas ria, terus gue kasih unjuk mraneh, dengan mata berbinar-binar beliau pasti bilang, “Ini tuuu... yang Ay cari. Yu is perpek pul pipel. Emejing en peri wow!” Bener. Otaknya Albert Einsten lagi keselimpet batu ginjal. Tapi, kalian harus nyontoh antusiasnya kang Albert barusan.

Cukuplah basi-basinya, karena nasi di rumah gue udah menguning sedari sore tadi (yaudah mulailah! Lu ngebacot mulu). Bentar. Gue lupa nih mau nulis apaan. Kayaknya terntaangg... Oh ya. Gue inget. Yaudah gue mulai, ya? Sip.


...


Beberapa waktu yang lalu ada seorang adek kelas yang nanya ke gue, “Bagi waktu antara nulis dengan tugas-tugas gimana, Kak?” Lima menit sehabis baca pertanyaannya, gue langsung iba sama dia... karena udah bertanya kepada makhluk yang salah. Sampe saat ini pertanyaannya belum gue jawab, namun karena dorongan kemanusiaan yang adil dan beradab serta berasas pada UUD 1945 sesaat lagi pertanyaannya akan gue jawab.  

Gue ingin menjawab pertanyaannya, sebab ini pertanyaan yang menyangkut kemerdekaan umat manusia (hah?). Terus, pertanyaan yang dia ajuin tergolong pertanyaan yang kerap kali terdapat di soal olimpiade sains antar planet. Baiklah, setelah gue minum satu galon air putih, gue siap menjawab pertanyaan tersebut. Sebaiknya kalian harus bersiap-siap.

Semoga jawaban gue dapet ngebantu kelangsungan hidup kalian.




Yang pertama, sebetulnya manusia gak pernah lepas dari menulis. Serius. Setiap hari kita selalu aja berhubungan dengan menulis. Entah nulis tugas, catatan, status (atau yang apalah namanya) di media sosial, daftar belanjaan, dan sebagainya. Intinya banyak banget, deh, kegiatan manusia (normal) yang sulit untuk lepas dari menulis. Jadi, menulis adalah sebuah kebutuhan manusia itu sendiri, dan kemungkinan untuk menghindarinya sangatlah kecil. Setuju? Kalo nggak, silahkan jual gadget dan alat tulis kalian ke toko Engko terdeket. Dan buktikan, kalo kalian bisa lepas dari yang namanya nulis! Pastilah sulit.

Setelah mengetahui kalo menulis adalah sesuatu yang dibutuhin dalem hidup. Langkah selanjutnya yaitu berbicara soal kesibukan. Yap, kesibukan manusia selalu aja gak sama dengan manusia yang lainnya. Tapi, kita punya kesamaan yang amat penting: waktu selama 24 jam perhari. Ya. Itu merupakan waktu yang kita gunakan untuk ngehabisin umur yang gak tau kapan masa aktifnya akan habis. Makanya kita harus ngisi tuh waktu dengan yang baik-baik (gaje lu, Nan!).

Ehemm.... sampe sekarang gue masih bingung, adek kelasnya nanya tentang pembagian waktu nulis apa. Mungkin nulis di blog kali, ya? Yaudah anggap aja begitu.

Gini, bagi-bagi waktu antara nulis di blog dengan kesibukan, sejujurnya gampang. Kita gak perlu waktu selama sembilan bulan untuk nulis sebuah postingan. Cukup dengan sisihkan waktu selama 30 menit dari 24 jam sehari. Biar gampang gue kasih liat contoh di bawah ini:

Kita akan bermain-main dengan waktu.

Gue adalah seorang pelajar SMA kelas 12 yang (katanya) sibuk banget (padahal mah kagak sibuk). Gue bersekolah dari hari Senin sampe Jum’at dengan waktu pulang pukul setengah 3 sore, kecuali hari Selasa yang pulang pukul setengah 4 sore. Setiap bersekolah gue berangkat dari rumah pukul setengah 7 pagi supaya gak telat, karena gerbang sekolah udah ditutup pukul 7 pagi. Dan, gue gak mau ribet-ribet manjat gerbang kalo semisalnya gue ngalamin telat.

Setelah selesai berkutat dengan keganasan sekolah hingga bel pulang berbunyi nyaring, gue pulang ke rumah dengan senyum letih. Oh ya, itu kalo gue lagi gak ada kegiatan di sekolah. Semisalnya lagi ada kegiatan lain, gue biasanya baru bisa pulang sekitar pukul setengah 5.

Sesampenya di rumah, gue gak ada waktu untuk berleha-leha yang berlebih. Sebab tepat di pukul setengah 7 malam gue udah harus berangkat les, dengan waktu pulang pukul setengah 9 malam. Lesnya seminggu empat kali; Senin, Selasa, Kamis, dan Jum’at. Mantap, kan? Akhirnya mungkin dari kalian ada yang berpikir begini, “Waaahh... kasian juga, ya.” Eheemm... (lu ngeden ya, Nan?).

Semua waktu di atas gak lepas dari tugas dan keletihan manusia. Selaluu ajaa... gue merasa capek berpola hidup kayak gitu. Sekolah udah sampe sore, eh, masih ditambah lagi sama tugas (PR) yang banyaknya bisa setinggi sampah Bantar Gerbang kalo dikumpulin. Gue capek. Lahiyalah, gue hanya manusia biasa. Ya, tapi mau diapain lagi bentar lagi gue juga bakalan lulus. Sabar.

Setelah nulis mengenai garis besar keseharian gue ngapain aja. Sekarang, pertanyaannya adalah, “Kapan gue ngelaksanain ritual defekasi (boker)?” Eh maaf, salah. Yang bener gini, “Kapan gue ngelakuin kegiatan menulis untuk blog?”.

Jawaban yang akan gue berikan sebentar lagi adalah sebuah jawaban yang lahir dari otak manusia jenius, yaitu otak gue. Jawaban yang akan mencerahkan segenap sel-sel otak syaraf kalian, sehingga kalian akan bisa nelaah tentang kenapa blog mraneh tergolong blog gak jelas. Okeee... dan jawaban gue adalaaahhh...

Deeeerrrrr deeerrrrr deeerrr....

Dar dar dar dar dar....

Taktaktaktaktaktaaktak....

Wawawawawawawawawa....

CETAR! DUS.

Kenapa aku bertingkah seperti ini, ya Allah?

Mari abaikan beberapa kalimat di atas, dan mulai beralih ke jawabannya. Oke, jawaban gue adalaaahhh... mari sisipkan waktu untuk menulis (blog) di segala kesibukan yang kalian punya!

Yap, gue selalu berani nyisihin beberapa menit yang berharga dalem sehari untuk sekedar nulis di blog. Biasanya sih, gue nulis ketika jam istirahat sekolah. Terus, ketika usai pulang dari les, tepatnya sebelum ngorok di malam hari. Soal tugas sekolah (PR) mah gampang. Sebanyak apapun tugasnya, gue selalu nanem pemikiran kayak gini, “Tugas sekolah (PR) hanyalah racun yang nyebabin waktu bersama keluarga dan pribadi berkurang amat drastis. Kejam. Diberikan tanpa adanya pemikiran ‘murid gue capek apa kagak, ya’.”

“Tugas terbengkalai? Prestasi di sekolah gak ada ya, Nan? Terus, elu belajarnya kapan?”

Alhamdulillah sampe saat ini, sesibuk apapun guee... gue masih bisa nyeimbangin antara kesibukan dan kesenengan pribadi—ngeblog. Prestasi di sekolah juga lumayan banget, selalu masuk ranking 5 besar dari kelas 10. Padahal mah ya,  gue di sekolah kerjaannya cuman baca buku doang. Mungkin gue orang yang beruntung.

Untuk tugas sih agak terbengkalai, tapi gak sampe parah. Lalu gue belajarnya kapan? Kalo di rumah gue jarang belajar, sih. Soalnya dalem sehari gue udah berjam-jam belajar di sekolah, ditambah dari les pula. Inget ya, jarang, bukannya gak pernah belajar di rumah (siapa juga yang mau nginget, ih).

Itulah sedikit jawaban gue mengenai pembagian waktu antara nulis dengan kesibukan, terutama kesibukan PR yang menyiksa sebagian pelajar, termasuk gue sendiri.

Ringkasnya, menulis adalah kebutuhan manusia. Terlepas dari masalah kebutuhan, menulis adalah agenda yang menyenangkan. Terutama untuk pelajar kayak gue—ngehilangin penat dan keresahan. Makanya, mari kita nulis... di blog!

Itu aja. Jawaban gue ngebantu gak, ya? Auah (ngebantu banget, Kakak!).

Sampe jumpaaa lagii... daaahh!















2 komentar

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon