Saturday 19 September 2015

Kancil VS Macan di Perang PKN

Halooo....

Hayy....

Ehmm....

HUEK.

Kelas gue belajar PKN setiap hari Jum’at. Pekan lalu ibu guru PKN ngasih tugas ke kelas gue, setelah dia ngajarin garis besar mengenai materi sistem pemerintahan di Indonesia. Ibu teett (disensor) selalu bahas materi yang segitu banyaknya dengan cara jabarin inti-intinya aja. Gue sih setuju dengan pola pengajaran yang berpacu pada inti materi kayak gitu, tapi gue kurang srek semisalnya ibu teet ngasih tugas yang bejibun. Seperti yang terjadi Jum’at pekan lalu.

Berbicara soal ibu teett emang rada sensitif, sih. Soalnya gue takut kalo ibu teett nyasar di blog gue dan dia baca nih postingan, kemudian dia tersinggung. Namun kemungkinan dia akan mampir kecil, soalnya guru zaman sekarang jarang ada yang mau ngebuka blog sesat kayak gini. Kecuali ada salah satu muridnya ngasih unjuk langsung ke dia, “Bu. Ini ada anak kelas 12 IPA teett yang ngebahas ibu. Parah dah, Bu.” Apalagi sampe ngehasut, “Mari sembelih dia, Bu. Untuk kita jadikan pakan ternak kandang ayam di belakang sekolah.”

Mampus dah....

Tapi tenang saudara-saudara, gue gak akan nyudutin ibu teett. Ya. Walaupun cara ngomong dan penampilan ibu teett sekilas mirip sama artis Rina Nose pake berkerudung, namun gue gak berhak untuk ngebahasnya di sini. Ntar kasian ibu teett misalnya jadi gue tulis di blog ini, mungkin setelahnya dia akan jadi artis sekejap yang dikenal banyak orang, “Wahhh... ibu kan, yang ada di blog mraneh itu....”

Oke. Cukup. Mari kembali ke permasalahan utama: tugas bejibun PKN di hari Jum’at pekan lalu.

Tugas PKN-nya sebenernya hanya ngerangkum aja. Ehem, ngerangkum... materi sistem pemerintahan Indonesia yang banyaknya pake gila. Sumpa ane zuzur. Banyaakk banget... apa-apa aja yang harus dirangkum. Kita harus ngerangkum beberapa hal yang berkaitan sama sistem pemerintahan Indonesia dari mulai era orde lama hingga sekarang (reformasi), yaitu penyimpangan, kelebihan-kekurangan, pokok-pokok pemerintahan, dll dari masing-masing era.

Masalahnya pola pikir temen-temen kelas gue kayak gini, “Kita kudu ngerangkum di buku tulis. Kalo nggak di buku, kita ‘pasti’ kena omel ibu teett.” Emang sih... ibu teett kalo marah serem, dan tuntutan pelajar sekolah adalah ngerjain PR. Tapi kan, ini menyangkut kelangsungan hidup tangan kalo harus nulis manual di buku. Tangan pegel, coy. Banyak materinya.  Padahal mah ya, ibu teett gak ngasih tau secara pasti harus buat rangkumannya di mana, dia cuman nyuruh ngerangkum doang. Alhasil kita pun bingung. Mau ngerangkum di buku tulis atauu... pake cara yang lebih masuk akal: fotokopi.

Ibu teett emang sering ngasih tugas ngerangkum banyak-banyak sejak kelas 11. Tapi, selalu ada celah yang gak ngeharusin gue dan temen-temen kelas ngerangkum di buku tulis. Seperti yang gue bilang tadi, ya pake cara fotokopi. Jadi, biasanya akan ada suatu titik di mana beberapa lembaran kertas yang berisi rangkuman materi muncul di tengah-tengah kegelisahan. Gue gak tau pasti tuh lembaran munculnya dari mana dan siapa. Yang jelas, dari siapapun itu... gue ngucapin terimakasih.

Pekan depannya kumpulan lembaran yang menjadi idola bagi pelajar-males-ngerangkum-kayak-gue udah beredar di kelas. Gue lupa tuh kertas udah nongol pas hari kapan, namun seinget gue sedari hari Senin udah banyak temen-temen kelas gue yang megang tuh kertas.

Kertas yang didapet kemarin tuh ada delapan lembar bolak-balik. Tulisannya kecil-kecil, dan udah dalem bentuk rangkuman. Itu artinya kalo tulisan dari kertas itu dirangkum (atau dipindahin) ke buku tulis akan banyak jadinya. Bisa capai dua puluh lembar kalo tulisannya gede dan jelek kayak gue.




Banyak temen gue yang udah milih ngerangkum di buku tulis. Walaupun gue udah megang lembaran kertas fotokopiannya, gue masih belum mindahin ke buku tulis. Gue pikir, lebih baik fotokopi dah daripada harus nulis panjang-panjang. Hari Rabu-nya gue sibuk nanya-nanya ke temen-temen kelas gue.

Kalimat tanya yang gue lontarin adalah, “Eh, lu PKN di buku tulis atau fotokopian?”

Gue pengin nanya pertanyaan itu ke semua anak kelas, namun mengingat keterbatasan waktu yang gue punya, gue gak nanya ke seluruhnya. Gue memilih jalur pengamatan. Hasilnya anak kelas dominan memilih ngerangkum di buku tulis, terbukti dengan banyaknya tangan yang menggeliat di buku tulis PKN sewaktu jam istirahat. Namun masih ada beberapa yang memilih fotokopian.

“Eh, lu PKN di buku tulis atau fotokopian?” tanya gue ke Suyatna, selaku ketua kelas, ketika lagi asyik ngobrol dengan Dimas dan gue di mejanya.

Setelah terjadi perbincangan yang agak rumit dengan Dimas yang lebih memilih nulis di buku tulis, Suyatna pun bales, “Gini Om (panggilan Dimas), tugas bukan cuman PKN doang. Banyak yang lain. Gue fotokopian aja deh.”

“SIP.” Gue mengiyakan.

Hari Kamis esoknya tepat H-1 sebelum mapel PKN besok Jum’at, gue ngedatengin Suyatna untuk mastiin lagi keputusannya yang kemarin, “Beneran kan, lu PKN-nya fotokopian?”

Dengan cengegesan dia ngejawab, “Masalahnya gini Nan, fotokopiannya gak lengkap. Jadinya gue ngerangkum di buku tulis.”

Gue berniat pengin masukin kain pel ke mulut Suyatna setelahnya, namun niat itu gue urungkan mengingat Suyatna adalah ketua kelas. Gue hanya nanggepin, “Yee...”

Sehabis gagal ngerekrut Suyatna sebagai salah satu anggota kelompok fotokopian PKN, gue bergegas menuju anak-anak yang terkenal dengan tingkah lakunya yang nyebabin kelas jadi riuh. “Eh, lu PKN di buku tulis atau fotokopian?” tanya gue ke Indra, salah satu dari mereka.

“Elu apa, Nan?” dia balik nanya.

Ini kesempatan, pikir gue. Dengan semangat gue ngajak dia, “Gue fotokopian. Fotokopian aja Ndra, gue males nulis. Banyak banget materinya.”

“Serius lu?” tanya dia seolah gak percaya sama gue yang lebih mirip bandar narkoba ketimbang pelajar SMA.

“Iya.” Jawab gue singkat.

“Yaudahh... hehe. Gue juga, dah.” Akhirnya Indra bergabung dengan gue. Masuknya Indra ke dalem kelompok fotokopian PKN ngebuat anak-anak yang spesies dengannya ikut bergabung; Andymas, Ariya, Naufal, Chiesa, Firman, Arif dll yang gak bisa gue sebutin satu persatu namun gak menyurutkan rasa cinta gue kepada kalian. Mereka adalah para kolega gue yang punya satu tujuan, “Fotokopian PKN-lah yang akan menjadi pemenang.” 

Kemudian temen sebangku gue, Fathur, gak mau kalah untuk ikut serta dalem kelompok yang gue dan para kolega dirikan. “Gue gak tau dah. Palingan gue fotokopian,” jujur Fathur.

“Lagian sih, tugasnya gak logis banget. Ini aja fotokopian udah delapan lembar bolak-balik, udah dalem bentuk rangkuman, terus apa yang mau dirangkum lagi. Ya kalii.. gue harus nulis di buku juga,” keluh gue ke Fathur yang hanya ngasih raut muka ‘lu emang jenius Nan’.

Fathur pun ujung-ujungnya mau ikut bersama kami, ‘kelompok fotokopian’.

Setelah kelompok fotokopian PKN punya banyak anggota, terciptalah perpecahan di kelas 12 IPA 3. Di mana ada kelompok fotokopian dan kelompok nulis di buku dalem menyikapi tugas rangkuman PKN. Demi terciptanya tulisan yang baik, akan gue ganti kedua kelompok itu dengan sebutan, “Kancil VS Macan di Perang PKN.” Dan, gue gak akan ngasih tau kancil atau macan tuh kelompok yang mana. Kalianlah yang akan menilainya di akhir postingan ini.

Ibarat debat di tv, gue dan para kolega sedang ngadu bacot sama kelompok sebelah. Para kolega, termasuk gue, sering ngeledek ke kelompok yang menjadi lawan kami di debat ini, “Kelas sebelah aja boleh kok, rangkumannya difotokopi. Ibu teett gak marah.”

Kelompok sebelah ngebales, “Gue maunya nulis di buku. Biar nilainya nambah.”

“Kelas sebelah rangkumannya gak dinilai, loh. Mereka cuman disuruh buat kelompok, terus presentesaiin materi ini. Gak perlu ribet nulis banyak-banyak dah. Pake fotokopian boleh, kok,” jelas kelompok gue dengan mulut yang udah berbusa-busa.

Sepertinya gue dan para pejuang dari kelompok fotokopian akan memenangkan perang ini, setelah kelompok sebelah ngebales, “Liat besok aja, dah.” 

Hari Jum’at tiba. Hariii... di mana ada dua kelompok yang akan sama-sama menentukan nasibnya di medan perang, yang akan dikenal sebagai sebuah sejarah ‘Kancil VS Macan di Perang PKN’. Sejarah ini akan masuk di kurikulum pelajaran sejarah di tahun 2133, dan hanya berlaku untuk mahasiswa S3. 

Dari pagi pukul 7 hingga pukul 8-nya guru senam pagi di lapangan tengah sekolah, sehingga bel belajar baru nyanyi setelah guru usai senam. Namun setelah bersenam ria, gak ada guru yang masuk ke kelas (walau ada hanya untuk ngasih tugas, lalu pergi). Alasannyaa...

“Guru ada acara sebentar,” kata sebagian pelajar yang update informasi, termasuk gue.

Berhubung PKN adalah mapel pertama di hari Jum’at, dan acaranya dilaksanain sehabis guru senam pagi, itu artinya ibu teet gak bakalan masuk kelas hari itu.  Acara gurunya dilakuin di ruang guru, gue dan beberapa temen OSIS lainnya diikut sertakan di acara itu. Kebetulan pas lagi masuk ke ruang guru, ibu teet manggil gue, “Kamu IPA 3, kan? Sini sebentar!” katanya sambil natap ke arah gue yang berdiri di muka pintu.

Gue meluncur ke arah tempat duduk ibu teet, lalu membuka mulut, “Iya, Bu,” kata gue sembari salim dengannya.

“Kelas kamu udah kebentuk kelompok, kan?” tanyanya.

Gue mengerutkan dahi seraya berkata, “Belum, Bu. Kemarin ibu kan nyuruhnya buat rangkuman.”

“Yaudah. Kamu ke kelas sekarang, buat empat kelompok, tulis nama-namanya di kertas, terus kasih ke saya sekarang, ya!” Perintah ibu teett dengan gayanya yang nyerocos. 

“Kelas saya anaknya ada 47, Bu. Berarti kelompoknya ada yang dua belas orang?” Tanya gue, kurang cerdas.

“Kelompoknya per barisan aja.”

“Oke, Bu,” kata gue sambil bergegas ninggalin ruang guru—acaranya belum dimulai. Sesampenya di kelas, gue langsung ngasih tau Suyatna, “Kata bu teett, kita disuruh buat empat kelompok, diambilnya perbaris, terus tulis nama anak-anak di kertas. Kertasnya langsung kasihihn ke gurunya ya, Suy!” Jelas gue ngejeplak perintah ibu teett.

Suyatna anggukin kepalanya yang nandain kalo dia mengerti penjelasan gue yang sangat rumit tersebut.


...


Baiklah. Tulisan gue udah terlalu larut dalem kepanjangan. Mengenai tugas rangkuman PKN emang masih ngambang (nunggu kepastian sampe minggu depan), namun sampe paragraf ini pasti kalian bisa tau, siapalah yang jadi pemenang di antara dua kelompok yang terbentuk.

Akhir kalimat, “Mana yang Kancil, mana yang Macan?” 


Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon