Friday 18 December 2015

Rapor Aneh Sekolah di Indonesia

Besok gua mau ngambil rapor.

Tentu bukan gua yang ngambil, tapi orangtua gua, dan sepertinya itu bapak gua.

Pengambilan rapor dalem perjalanannya selalu diiringi oleh berbagai macem rasa. Ada yang rasa takut, seneng, kecewa, marah, ataupun biasa aja. Rasa itu muncul saat pra pengambilan rapor, pas ambil rapor, bahkan hingga pasca pengambilan rapor.

Kalo gua sih merasa biasa aja tentang pengambilan rapor. Padahal itu rapor yang menentukan tentang kelanjutan pendidikan gua nanti. Kenapa gua merasa biasa aja? Karena menurut gua, rapor itu bukan tolak ukur belajarnya gua dan temen-temen di sekolah.

Okelah ada nilai di rapor, tapi gak semata-mata nilai itu adalah hasil dari belajar di sekolah, apalagi sampe dijadiin tolak ukur belajar, enggak. Kalo ngomongin nilai, gua rasanya pengin ketawa, “Hehehe... Cukup.” Gua ketawa bukan berarti gua gila. Gua ketawa karena lucu ngeliat pentas drama yang dimainkan gua dan temen-temen untuk ngeraih sebuah nilai di sekolah.

Pementasan drama yang dimainkan gua dan temen-temen lainnya di sekolah untuk dapetin nilai yang ada di rapor, mirip dengan sinetron Papa Minta Saham. Ada banyak cara yang gua dan temen=temen tempuh untuk dapetin nilai itu, baik cara yang elegan ataupun culas. Dan, gua pikir, ini seperti sebuah sinetron—dimana ada tokoh baik dan jahat. Sehingga ini bisa disebut sebuah pementasan drama di sekolah dengan tujuan akhir cerita pementasannya: dapet nilai.

Seperti kata gua tadi, banyak cara untuk dapetin nilai. Ada cara yang elegan, yakni dengan belajar dan berusaha dengan kemampuan sendiri. Adapula cara yang culas dan hanya akan jadi bibit kebiasaan korupsi, yaitu cara menyontek.

Gua suka heran, kenapa sih terus menyontek? Okelah, gua gak mau munafik, gua pun pernah menyontek, walaupun sekarang perlahan-lahan udah mulai hilang. Tapi gua yakin, semua pelajar di dunia pun pernah akan hal itu. Tapi gini coy, menyontek secara terus menerus, gak baik. Masa iya sih tiap ada ulangan dan tugas nyontek melulu? Kan gak elegan. Kalo misalnya kepepet 1 bulan 1 kali nyontek saat tugas atau ulangan tertentu sih gak begitu masalah, sebab manusiawi, berbuat salah.

Namun mirisnya, waktu uas kemarin tuh banyak banget temen gua yang nyontek. Entah udah berapa kali, tapi dari pengamatan gua sih, kebanyakan dari mereka berbuat itu setiap hari. Waduh, ini tandanya apa? Tandanya, “Hasrat untuk dapetin nilai tinggi, bisa membuka jalan untuk orang dalem kesesatan.” Serius. Karena semua pelajar akan berbuat dengan SEGALA CARA untuk dapetin nilai yang TINGGI, baik cara elegan ataupun yang culas tadi.

Seharusnya pola pikir kita, sebagai pelajar, kurang lebih seperti ini, “Proses adalah yang terpenting. Gua lebih baik dapet nilai jelek, tapi jujur dan dari hasil kemampuan sendiri. Ketimbang nilai bagus, tapi hasil dari menyontek.” Cukup semudah itu. Lalu mulailah bentuk kebiasaan untuk gak menyontek sejak kini. Tapi kalo lu manusiawi, gua yakin, ada kalanya lu akan menyontek—tapi bukan jadi kebiasaan yang berkali-kali.

Bahayanya menyontek: ketika udah menjadi kebiasaan lu untuk dapetin nilai tinggi dan lu jadi gak percaya dengan kemampuan sendiri.

Kalo udah kena bahaya menyontek, ngehilanginnya akan susah. Seperti make Narkoba, mungkin pelaku yang menyontek harus direhabilitasi agar lekas gak kecanduan.  

HUH.


Setahun lalu, mama gua pernah bertanya ke gua tentang nilai di rapor gua, “Kak, ini kenapa Fisika belum tuntas? Rangking kamu juga turun.”

Sebagai anak yang bermatabak, gua langsung menjawab, “Ya jelaslah turun. Gurunya gak bisa ngajar. Juga jarang masuk. Lagian, Nanda juga gak bisa Fisika, susah....” Itu jawaban gua berkaitan dengan nilai Fisika yang belum tuntas.

Gua melanjuti, “.... ranking mah bohongan mah. Percuma dapet ranking, kalo nyontek. Nanda itu udah belajar mati-matian, Ma. Tapi temen Nanda banyak yang nyontek, hampir sekelas lagi, jadi percuma Nanda belajar. Terus, palingan di 10 besar itu cuman (permisalan) si A, si B doang yang gak nyontek.” Walaupun kayak anak idiot di sekolah, gini-gini gua punya daya pengamatan yang bagus. Apalagi kalo gua lagi mode serius.

Mama gua kembali bertanya, dan mengenai jawaban gua barusan sepertinya dia percaya, “Terus, kenapa kamu gak lapor ke guru kalo banyak yang nyontek?”

“Gak enaklah, Ma. Temen sendiri. Udahlah biarin aja. Yang penting mah Nanda udah belajar dan gak nyontek, ya itulah nilainya,” gua menjawab dengan serius.

Mama langsung mengiyakan.

“Kak, si ini (permisalan), ranking segini lagi katanya,” ucap mama selanjutnya.

Kalo ada temen gua yang dapet rangking 10 besar dan dia ngerjain ulangannya jujur—hasil dari pengamatan gua—gua bakal ngeagungin dia di depan mama. “Yaiyalah, Ma. Dia mah kerjaannya belajar mulu. Lagian, dia kek aktif di kelas. Nanda susah ngalahinnya,” bales gua.

Nilai yang ditaro di rapor akan memetakan rangking di kelas. Biasanya, yang paling diliat adalah rangking 10 besar, sisanya hanya akan jadi penonton di barisan belakang, mungkin. Rangking itulah yang sering menjadi tolak ukur kebanyakan orangtua. Padahal, proses belajar anak di sekolah gak bisa disimpulkan hanya dengan: ngeliat ranking DOANG!

Yaaa.... Maksimalnya sih lu bisa dapet hadiah dari rangking tersebut. Entah hadiah enak, seperti uang jajan tambahan. Ataupun hadiah yang enek, seperti adegan lempar melempar piring diiringi dengan teriakan, “Nilai kamu jelek! BEGO!”

Seberapa penting sih rangking? Gak penting-penting amat. Lagian, misalnya lu masuk rangking 10 besar, apakah lu yakin ilmu lu emang pantes untuk masuk jajaran tersebut? Oh ya, gua lupa, kan nilai bukan sama dengan ilmu. Jadi rangking gak akan bisa ngukur sejauh mana sebuah ilmu.  

Nilai sekedar coretan di kertas, gak lebih. Beda lagi dengan ilmu, yang menurut gua, adalah suatu hal yang bermanfaat bagi diri sendiri ataupun orang lain. Ilmu gak bisa ditafsirkan lewat nilai yang tertera di kertas, beda jauh.

Beberapa cara untuk ngukur sebuah ilmu:

Tanyakan pada diri lu sendiri dan orang lain, seberapa manfaatnya sih hidup lu? Kalo bisa, lu coba mati sekarang deh! Dan, liat apa reaksi orang lain ketika lu mati, mereka akan ngomongin apa tentang lu? Kalo bisa lagi, ketika lu mati, apa PENINGGALAN paling berharga lu yang akan paling AWET di dunia ini? Ilmu? Harta? Kalo peninggalannya adalah ilmu, ilmu apa yang akan lu wariskan? Apakah nilai di secarik kertas bernama rapor?

Kembali ke masalah rapor.

Kalo dapet rapor yang kebanyakan nilai merahnya, apakah lu takut? Kalo lu merasa udah berdo’a dan berusaha secara jujur, gak perlu takut! Caranya gampang: curhatin aja tentang bagaimana proses lu dapetin nilai itu. Kayak contoh gua tadi, gua curhat soal usaha belajar yang gua lakukan, guru yang gak berkualitas, temen-temen yang curang, dan bahkan lu bisa ngasih tau ke orangtua lu tentang mapel apa yang susah lu mengerti. Sehingga insyaallah mereka akan mengerti kemampuan lu.

Gua pun mau ngasih tau, “Semua orang hanya akan pandai di bidang tertentu aja. Gak semua bidang.” Jadi, gak perlu resah di rapor lu ada nilai yang bagus, adapula yang anjlok, karena manusia emang seharusnya begitu.

Misal nih, gua dapet nilai bagus di segala mata pelajaran, kecuali Fisika dan Olahraga. Gua tinggal bilang aja ke orangtua kalo gua gak bisa Fisika dan Olahraga, sesuai kenyataan kemampuan gua. Lalu lu bisa manfaatin momen ini untuk ngasih tau ke orangtua lu, tentang mapel apa yang paling lu rasa SUKA BANGET. Misal, gua suka PKN dan Biologi, maka gua akan bilang ke orangtua gua suka kedua pelajaran itu. Kalo misalnya orangtua lu keras kepala, ya tinggal kasih tau aja, kalo manusia hanya pandai di bidang tertentu, gak di semua bidang, selesai.  

Kesimpulannya ada di poin-poin ini:

1. Rapor bukan apa-apa selain nilai yang tercoreng di kertas, gak lebih.

2. Ada 2 cara untuk dapetin nilai; cara yang elegan dan culas.  

3. Apapun yang ada di rapor, kalo itu hasil usaha dan kejujuran, ya gak masalah. Kalo lu seneng dengan rapor yang hasil menyontek, mending berkaca dan lalu bertanya pada diri sendiri, “Gua ini kenapa?”

4. Menyontek gak boleh jadi kebiasaan, sehingga lupa dengan kemampuan sendiri. Gak baik.

5. Nilai bukan sama dengan ilmu.

6. Manusia hanya pandai di bidang tertentu, gak di semua bidang, 

Gua percaya kok, manusia adalah makhluk yang getol untuk bersalah. Untuk itu, bila ada yang salah di tulisan gua ini, mohon maaf. Yang jelas, itulah sedikit keresahan gua terhadap pendidikan di Indonesia, teruntuk nilai di rapor. Gua menyampaikan ini semua karena beberapa pekan ke depan akan ada banyak pengambilan rapor. Ya, lumayan, gua berbagi keresahan sekaligus ilmu, mungkin.

Terakhir, “Semoga nilai rapor kita bisa sesuai dengan proses yang udah kita jalankan. Buat yang pake cara elegan, lu udah keren kok sebelum liat hasilnya, Sob! Buat yang pake cara culas, lu gak keren banget sebelum liat hasilnya, Sop!” Dalem arti lain: Sesungguhnya dan bagaimana pun nanti, rapor anak yang pake cara elegan>>> (akan lebih besar daripada) rapor anak yang pake cara culas.

Huft.

Sekian dan terimakasih.

Semoga bermanfaat.


...


Serius amat bacanya?

Oh ya, kan ini postingan berlabel lagi serius.

Gua nulis dengan serius.

Lu pun baca dengan serius.

Bye.


18 komentar

Nah, ini nih baru bener. Bener-bener ketahuan gue suka nyontek. Nggak, deng, betjanda. Alhamdulillah selama ranking satu beruturut-turut gue bukan karena nyontek. Tapi lagi khilaf belajar. Ehe. Oke gue gak penting. Yang jelas kamu luar biasa dengan tulisan pembuka fikiran orang dewasa ini. Merdeka!

Ini untuk selurub orangtua dan pelajar di Indonesia. Wkwkwk.... Makasih, Sob!

gue nyontek cuma waktu ngerjain tugas doang.. kalau ulangan gitu suka mendadak tuli hahaha....

yaa lumayan sih 10 besar terus -_-
dulu pernah rangking 11, tapi rangking sebelas sama sepuluh jumlah nila sama rata ratanya sama. gue kalah karena nama. gue pake w, dia pake a. Kampret

aku suka ngontek lagian gak masuk ranking terus he

Gue paling anti nyontek waktu ulangan. Tapi, nilai gue tetep kecil daripada yang nyontek. Dari hati yang terdalam, pastilah ada rasa dengki. Jujur amat ya gue hahaha

Kalo sesekali mah nyontem gapapa. Asal jangan jadi kebiasaan. Btw, selamat ya, kalah pake urutan abjad nama.

Bahaya tuh! Dua kali blunder.

haha ngena banget nih:D gue suka nyontek sih eits tapi nyari dulu ntar kalau gak tau jalannya atau gak tau isinya gue nanya ke tetangga sebelah. bukan nyontek kan itu namanya?haha
merdeka untuk yang gak nyontek!

Jangan salah, pada prakteknya ketika bekerja nanti, anak-anak pintar yang tidak menyontek juga bisa korupsi. :) perhatikan aja yang rajin korupsi itu kebanyakan lulusan univ. negeri yang yahud2.. hehe

Dan, gak semua yang rajin menyontek akan korupsi kedepannya, hanya saja mereka yang kecanduan menyontek akan susah menyesuaikan diri ketika bekerja, karena bawaannya musti ditolongin terus, enggak bisa mandiri sendiri.

Betul ituu... Nilai bukan yang utama, tapi usaha dan proses yg harus lebih dihargai :)

Gak pernah nyontek deh gue dulu pas sekolah. -,-

"manusia adalah makhluk yang getol untuk bersalah"

Cowo yah??? Wajar kalo salah terus hahahaha senasib

Iya. Aku selalu salah buat kamu. Haha

Yee.. Dikomen sama mba Anisa.

Tapi, yang sering nyontek udah punya potensi untuk korupsi. Korupsi bukan hanya tentang uang. Bisa kemampuan, waktu, dll.

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon