Saturday 14 March 2015

Bukan Kuli Bangunan

Sadar atau enggak. Kesibukan orang didunia ini, berbeda-beda. Walaupun orang kembar, tapi kesibukannya tetep aja beda. Sebagai seorang pelajar, yang terpelajar. Sekaligus, anak muda yang muda. Gue gak mau, status sebagai pelajar dan muda. Diisi dengan hal-hal yang kurang. Dan gue gak mau mati penasaran.

Bener kata, banyak pelajar. Sekolah, hampir bisa dibilang rumah kedua. Sama seperti di rumah. Di sekolah, kita juga punya orangtua. Yakni guru. Tapi gue disini gak mau bahas, guru. Gue juga gak mau bahas soal pacar, karena gue jomblo. Gue mau bahas, soal capek akibat pulang sore. Mungkin iya, mungkin juga enggak. Lanjutin baca aja. Biar tau.



Sekolah dianggap sebagai rumah kedua oleh banyak pelajar, selain rumah yang beneran. Itu yang terjadi sama gue. Lebih dari 6 jam, bisa gue habiskan untuk sekolah. Sehingga label sekolah sebagai rumah kedua, gue anggap bener. Inget. Sekolah bukan cuman tempat belajar aja.

Banyak hal yang bisa dilakukan di sekolah, selain belajar. Misal: ketemu sama temen-temen, ketemu sama pacar, jajan di kantin, dan masih banyak lagi, dan lagi. Seperti yang gue bilang tadi. Gue bisa di sekolah, lebih dari 6 jam, sehari. Bayangin aja deh. Gue berangkat dari rumah menuju sekolah jam 6 pagi. Baru kembali lagi kerumah. Antara jam 3 sampai jam 5 sore. Entah apa yang mengakibatkan, bisa pulang sore kayak gitu. Padahal gue lagi gak pacaran.

Sekolah hanya untuk belajar. Maksudnya adalah: orang dateng ke sekolah. Belajar kan? Iya. Belajar... sampai bel pulang. Kalau udah bel pulang. Mereka yang ke sekolah cuman untuk belajar, gak ngapa-ngapain lagi. Langsung pulang. Enak sih, cuman gak tau pulang cepet, mereka mau ngapain. Tapi gue gak bisa kayak gitu.

Mungkin karena gue, punya kesibukan lain. Selain belajar di sekolah.

Yap. Gue punya kesibukan lain, selain belajar. Gue bisa pulang sore, karena ada kerja kelompok, bisa karena gue jalan-jalan dulu nyari makanan yang enak atau yang lebih sering, karena ada organisasi. Karena terlalu sering, pulang ‘kesorean.’ Dan itu terjadi hampir setiap harinya. Jadinya  gue sering, ditegur sama Bapak gue, “pulangnya sore mulu. Kayak orang kerja.” Pulang sore? Kayak orang kerja? Ehm... Betul. Gue kayak orang kerja. Bisa jadi orang kerja yang dimaksud adalah kuli bangunan. Kasian.

Akibat pulang sore mulu. Hampir setiap harinya. Gue merasa capek. Udah pulang sore, sampai rumah, tugas nungguin, rasa ngantuk makin menjadi-jadi, eksekusi mati orang australia gak jadi-jadi (lah?). But no what-what. Gue kuat kok. Tapi inget juga. Pelajar bukanlah robot, kami punya kehidupan lain, selain ‘bersekolah.’ Misal: main laptop, seharian.

Terlalu capek. Sampai-sampai gue terkadang bisa langsung tidur, kalau udah sampai rumah, kepala pusing mikirin dan ngerjain tugas, mata sakit karena tidurnya bentar, badan makin kurus karena makan cuman 3 kali sehari. Miris.

Tapi gue patut bersyukur. Gue masih bisa menyeimbangkan itu semua. Sehingga, gue jarang yang namanya 'dimarahin orangtua.' Diceramahin sih, sering.


Tapi saat-saat. Dimana gue merasa down. Gue gak mau keliatan down. Gue harus tetep berusaha keliatan sehat, ceria, tegar, saat di sekolah. Gue gak mau ngecewain orang-orang yang udah percaya sama gue. Apalagi gue juga punya tanggung jawab yang lumayan besar, di organsasi gue. Semua orang pasti akan berpikiran yang sama kayak gue, kalau mereka berada di posisi ini. Mungkin gak cuman gue yang ngalamin, kayak gini. Dari 10 juta lebih pelajar di indonesia, pasti ada yang ngalamin sama yang kayak gue alamin.

Gue berpikir untuk meninggalkan itu semua.

Namun apa daya. Setiap gue mau ninggalin ini semua, dan mencoba berhenti. Hati selalu meminta bertahan, lagi dan lagi. Dibarengi dengan logika yang terus berkata, “masa cuman segini doang?” Jadi... gue bertahan.

Terakhir. Gue, bukan kuli bangunan.

25 komentar

Hahaha Kaya gue dulu Suka Ngeluh Cape Waktu Sekolah, Tapi disaat gue udah lulus gue malah pengen sekolah lagi , karena sekolah itu enak di banding kerja ,
Kalo Sekolah pagi2 di bangunin minta jajan buat disekolah terus duduk anteng bercanda canda sama tmn ga repot mikirin bayar2 Macem2 msh ada ortu hahaha
Jadi sekolah itu enak inti nya ga usah ngeluh2 kan cuma duduk anteng ngga ngeluarin keringet kecuali lu mules di tahan2 hahaha

Haha , tapi hal ini yang bakal di kangeni kalo udah lulus

Pasti hasilnya akan km rasakan suatu saat nanti. Pasti itu.. dibanding dengan yang bolos terus nongkrong2 di sevel pasti suatu saat akan menyesal.

Harusnya lu bersyukur masih dikasih kesibukan. Apalagi nanti kalo udah masuk kuliah, udah biasa tuh pulang tengah malem ngurusin organisasi dan acara-acara lainnya

Makasih sarannya. Iya, gue tau kok.

Hahahaha, dan baca tulisan ini saya semakin yakin kalo setiap orang yang selalu berusaha terlihat ceria pasti punya permassalahan yang tak mau dibagikan ke orang lain :)

Saya juga sering dulu pas jaman sekolah diem di sekolah, sama saya juga gak punya pacar, paling cuman kumpul sama temen-temen osis doang

Dunia sekolah yang mengharuskan kita berangkat pagi pulang sore, bisa jadi merupakan cikal bakal penggemblengan saat kita dihadapkan pada dunia kerja suatu saat nanti. Dimana dunia kerja bahkan dituntut lebih daripada itu. Dan saya pun merasaknnya sekarang, jadi sudah gak kaget lagi SON!! Nice info broh

Akan terus, berusaha. Yang terbaik.

Ya, gini rasanya waktu sekolah dulu. Bahkan gue sama temen-temen gue kadang suka bilang kalo "kita ke sekolah bukan buat belajar sih sebenernya, tapi buat kumpul bareng dan bercandaan bareng-bareng kayak gini."

Hampir samaan, lah. Cuman bedanya gue gak asal 'kumpul.'

Mantap bro..
Siapkan diri nnti klo udah ngampus ya.. krn kalo aktif bgt bisa pulang malem atau pulang dini hari.
trs krn takut begal bisa" nginep dah di tempat orang.

#blogwalking

Sekolah jangan terlalu capek gan, gak baik juga. Aku juga gitu sih, pulang sore terus padahal gak pernah ikut eskul ataupun organisasi sekolah. Cuman kalo pulang langsung nongkrong sama maen pe es. hehehe

Dan sekarang aku sudah lulus, kangen saat-saat nge geng sama temen setongkrongan.

nikmatin aja , orang sukses itu susah payah diawalnya..

Yah, mau gak mau. Harus dinikmatin.

jangan berhenti stuck disitu aja cuma gara2 capek, capek bisa disembuhin dengan cara tidur atau gak pijet. nikmatin aja hidup ini indah kok :-)

Akan selalu berusaha. Kayak gitu.

Ada benernya juga sama comment yg plg
Atasan, tapi kenapa para pelajar di peres abis2an ?? Sedangkan org luar negri yg jauh lebih maju aja gak sperti kita mereka bnyk libur ajah pinter2 sukses2. Seharusnya indo bsa ambil contoh donk. Semua sih kembali sama masing2,, kita ini mau jadi presiden kali yaa..

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon