Saturday 11 April 2015

Kepala Baru

Gara-gara gue gak jago desain. Pas awal-awal buat blog, nentuin kepala itu susahnya minta maaf. Iya, kepala blog. Ituloh, gambar utama yang letaknya di paling atas blog. Buat kalian yang jago desain. Mungkin gak jadi masalah yang berarti, buat bikin gambar kepala ini. Tapi buat gue. Ini jadi masalah yang rumit. Haduh.

Orang kalo buka blog. Yang paling pertama diliat, adalah kepalanya. Jadi, kepala blog haruslah terliat menarik dan keren. Bener. Menarik dan keren. Bukannya cuman kepala blog aja, di dunia nyata pun, kepala merupakan objek yang pertama kali diliat orang.  Ini dia kepala yang pertama kali gue buat dan gue pake untuk blog ini.



Menarik dan keren ngggak? Jawab yang jujur!

Gue buat header ini secara cuman-cuman. Aplikasi paint menemani gue, untuk membuat kepala ini. Gambar-gambar yang ada di header itu, gue ambil dari google. Lalu gue satuin, di paint. Terus gue tambahin, tulisan Mr aneh. Niatnya sih, buat kepala dengan punya kartun gue sendiri. Ditambah ikon-ikon, dipinggir-pinggirnya. Gara-gara gak bisa. Gue ambil sebuah kartun gak jelas aja dari google. Liat deh, kartunnya senyum-senyum gak jelas... Kepala aneh. Masa bodo. Yang ada dipikiran cuman, “yang penting ada kepala.”

Gue gak bisa mastiin. Gue pake tuh kepala, dalam waktu berapa lama. Pokoknya di awal-awal ngeblog. Sekitar 1-2 bulan. Setelah ngerasa bosen dan sangat kurang. Gue coba minta bantuan temen yang gue dapet dari google, untuk buatin kepala baru. Dan ini hasilnya.



Lumayan kan? Udah iya, aja. Gue minta dibuatin kepala. Pokoknya di kepala gue, harus ada kartun gue sendiri. Bisa diliat, ada kartun gue kan? Cuman kepalanya aja yang dijadiin kartun. Udah guenya pake kacamata item. Kayak tukang urut, lagi ngeblog. Pokoknya, gue minta kepala yang nggak rame.

Huft. Nggak papa, ada kemajuan. Sedikit... kemajuan. Sekitar 1 bulanan. Gue pake kepala yang kedua ini. Waktu yang sebentar, buat kepala yang baru.

Tapi, sekarang.

Jreng-jreng.... (Suasananya dibawa tegang yak!) Dam-dam-dam-dam. It’s time, to....

Kepala Baru. Kepala Baru. Kepala Baru (sengaja diulang. Biar ada penekanan, kalo gue punya kepala baru).

Hohohoho. Ini dia kepalanya.



Pasti keren kan? Iya kan? Menarik kan? Jelaslah. Siapa dulu yang buat... Orang lain. Bukan gue.

Sekilas aja nih ya. Waktu itu, gue lagi blogwalking sana-sini. Pas nyampe di salah satu blog. Gue nemuin postingan yang bahas kepala baru juga. Bla-bla-bla (lagi baca postingannya). Disitu ada kontak, yang buat kepalanya. Lalu gue kontak dia. Gue mention dia, lewat twitter. Dibales sama dia. Gue minta pin BBMnya, biar makin enak. Obrolan lebih rinci, gue omongin lewat BBM.

Proses, negosiasi dimulai. Dia maunya berapa, gue maunya apa. Gini-gini, gitu-gitu. Selesai negosiasi. Dengan hasil, yang kita sepakati. Sekitar 1 mingguan, setelah 1 minggu nunggu antrian (yang mesen banyak), kepala baru gue dibuat. Gue minta dibuatin kepala yang simpel, keren dan ada kartun gue sendiri. Dengan warna dominan kayak blog gue. Warna biru. Yah... akhirnya gue dibuatin kepala dengan model flat desain. Pokoknya keren deh. Dan gue merasa puas.

Yah, itu aja sih. Pembuatan kepala barunya. Mau tau siapa yang buat? Mau tau banget. Apa. Mau tau aja? Oke, ini yang buat.


   Mas Kukuh Mujiono.

Kalo elu tertarik. Langsung aja kontak dia. Nih gue kasih kontaknya @Kukuhmujiono. Oh ya, ngasih tau aja. Mas Kukuh orangnya, responnya cepet dan sopan juga. Ngobrol aja, pake aku-aku. Ih... 

Biar elu makin penasaran. Hihi. Nih gue kasih tau karya-karyanya yang keren.





Habis pake kepala yang ketiga ini. Gue merasa lebih nyaman, sekaligus lebih fresh lagi. Dan gue harap pembaca blog gue juga demikian. Nyaman, kalo lagi buka blog gue, kalo bisa sampe betah.

Emang bener sih. Kepala gue yang sekarang, lebih bagus dari yang dulu. Tapi gitu, yang buat orang lain. Bukan gue. Yah mau gimana lagi. Walaupun kepalanya udah bagus, gue nggak boleh lupa, perjuangan buat kepala oleh gue sendiri (kepala yang pertama). Walaupun kurang. Yang penting gue udah usaha.

Karena gue yakin, “usaha yang baik, gak akan pernah sia-sia.”





6 komentar

Headernya emang keren tuh! Senada sama desain blognya juga. Btw, konsep headernya apaan nih? Sapa tau bisa dijadikan referensi...

Senang bisa membantu haha :D

Udah jelas nih bagi gue, nice header! :D

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon