Saturday, 13 June 2015

Kuis #kesetkusut

“Wah, kapan ya gue bisa kayak mereka?”

“Yailah, kerjaannya pacaran doang tuh bocah!”

“Nah, kapan gue bisa normal?”

Itu kalimat yang selalu terbayang di kepala gue, setiap ngeliat ada temen kelas yang lagi pacaran di jam istirahat sekolah. Mereka sering berdua-duaan kayak biji salak (biji salak mah banyak, terus biji apa dong?), mojok-mojokan, cipika-cipiki, mesra-mesraan, ngebuat hidung gue tiba-tiba mimisan. Gak tahan mau bilang,

“Pacarannya bisa nyampe kapan bertahannya, bro?”

Yang di atas cuman basa-basi aja, tentang kesaharian gue yang hampir selalu dikelilingi sama orang pacaran. Ya, pacaran, di kelas, pas jam istirahat sekolah dan, dideket gue pula. Di saat-saat seperti itu, gue cuman bisa ngeliatin sambil senyumin mereka aja.

Oke cukup basa-basinya...

Jadi, yuk, ke topik. Atau mungkin ke judul. Atau... ke tema?

Yaudah, lanjut.

Saat ada kuis buku  #kesetkusut. Gue beraniin diri untuk ikutan. Siapa tau gue menang, biar bisa ngerayain dengan lompat-lompatan di atas patung pancoran. Tapi kalo gue gak menang, gak jadi masalah, yang penting udah berani nyoba. Bener nggak, Bang @ariejepro?

Kuisnya gampang-gampang susah. Kita hanya disuruh berimajinasi tentang cover buku #kesetkusut lewat sebuah cerita. Buat yang passion-nya mengkhayal pasti bisa dan gampang. Sayangnya, gue gak tau gue punya passion itu apa nggak. Tapi setau gue modal ikutannya cuman satu, yaitu ‘berani ikutan’, cukup simpel dan mudah. Sekali lagi, bener nggak Bang @ariejepro?

Dan, gue akan mulai cerita soal imajinasi yang muncul pas liat cover #kesetkusut.

Semoga gue beruntung. Bismillah.

 #kesetkusut




Nara anaknya polos dan lugu. Padahal umurnya udah nginjek 16 tahun. Saat ini, ia lagi bersekolah di salah satu SMA, kelas 11 jurusan IPA. Nara punya temen cewek namanya Juminten. Mereka berdua merupakan temen lama sejak SD, sampe sekarang pun mereka masih satu sekolah.

“Eh.. Nara ke sini sebentar, deh. Gue mau ngomong sama lo!”. Sahut Juminten dari bangku paling pojok sebelah kanan kelas pada waktu jam istirahat.

Nara yang lagi duduk di bangku paling depan sebelah kiri, sambil baca buku #kesetkusut karya seorang penulis kreatif nan eksotik, @ariejepro. Cuman bisa nurut aja, ia langsung menghampiri Juminten yang memanggilnya.

Saat Nara berjalan, langkah kakinya terliat begitu pelan dan teratur. Setiap langkah kakinya nandain kalo dia anak yang penuh kejelian. Sampe di samping meja Juminten, ia hanya diem sambil mendekap buku di dadanya.

“Duduk sini, Nar!”. Ucap Juminten, mempersilahkan Nara duduk di sampingnya. Dari nada bicaranya Juminten, terliat kalo dia cewek yang tomboy, berambut pendek dengan make-up tebal.

“....” Nara duduk, namun diem nundukin kepalanya, menunggu Juminten membuka obrolan.

Lalu Juminten pun membuka obrolan, “Nar, kita kan udah lama bareng nih. Dari SD sampe sekarang, kita udah satu sekolah melulu. Kalo boleh jujur ya, Nar”. Juminten menarik nafas dalem-dalem lalu ngomong dengan mantap, “Gue suka sama lo”.

Nara terkejut. Bener-bener terkejut, dan gak nyangka kalo cowok berpenampilan culun, berkacamata, dan kutu buku sepertinya, ada yang nyukain. Dia masih diem tertunduk, sambil terus ngeliat buku #kesetkusut yang dipegangnya.

Juminten lalu ngelanjutin omongannya, “Elo mau gak jadi pacar gue?” tanya Juminten.

Gak ada jawaban. Saat itu batin Nara tersentak, kacau, bingung dan gak tau harus ngapain. Yang ada di tatapannya saat menunduk, hanya cover buku #kesetkusut. Buku pemberian sang kakek untuknya, pas kakeknya habis lulus ujian chunin.

Tiba-tiba... pas ngeliat cover buku tersebut secara dalem tanpa alesan yang jelas. Nara mengkhayal soal cover buku #kesetkusut yang dipegang dan diliatnya sedari tadi.

Suasana di kelas mereka sunyi. Di sekeliling isi kelas, hanya ada beberapa murid yang lagi asik menyantap bekal. Hanya Nara dan Juminten lah yang lagi ngobrol. Di luar kelas, anak-anak lain sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Ada yang lagi kayang di tengah lapangan, sikap lilin di pinggir pohon dan yang lainnya. Semuanya, nggak ada yang ngeperhatiin Nara dan Juminten.

Khayalan Nara soal cover buku #kesetkusut tergambar seperti sebuah dunia. Ada jalan berwarnakan putih sepanjang dunia tersebut. Di pinggir jalan ada banyak sekali objek berwarna hitam. Objek... yang bercampur aduk. 

Nara tersipu takjub, ngeliat dunia yang berwarna hitam-putih seperti itu. Gak sampe di situ aja. Di ujung jalan, ada sebuah cahaya terang, entah seterang apa sampe ia bisa ngeliatnya. Dengan rasa penasaran, Nara pun berjalan menuju cahaya itu. Sembari berjalan ia ngeliat ke sisi kiri-kanan jalan yang dilaluinya.

Di sisi kiri jalan terdapat: Sebuah tangga. Tangga tersebut terhubung ke sebuah roket. Lalu di sebelahnya ada seseorang cewek, berambut pendek dan berkacamata. Nara mengira itu adalah @RyAzzura editor bukune. “Eh, kak Ry.. kabar baik kak? Hehe... terus kakak ngapain di sini?” ucap Nara kepada cewek tersebut. Cewek itu cuman bales dengan mulut yang dimajuin sedikit (^)>.

Selain itu, ada pula gadget bermerek apple di bawah sela-sela tangga. Berjejeran dengan gadget, ada sebuah robot kecil, lalu ada kayu, tanaman rambat, bunga, siput dan sejenis asap dicampur gelembung yang mengelilingi area kiri jalan. Sungguh aneh, pikir Nara.

Selesai melihat ke sisi kiri. Sambil terus berjalan, Nara ngalihin pandangan ke arah kanan jalan. Dan di sana, ia lebih terkejut lagi. Karena ngeliat sesuatu yang begitu random.

Seperti kuburan, di kanan jalan terdapat banyak sekali sesuatu yang ganjil. Banyak sekali hantu berbentuk unyu. Tengkorak kepala pun ada. “Wah apa itu?” tanya Nara di saat ngeliat ada sebuah gubuk kecil. Lalu ia ngebenerin kacamatanya untuk memandang lebih jeli ke arah gubuk tersebut. Ternyata, gubuk itu berisi banyak hantu unyu. Di samping gubuk, terdapat seorang nenek-nenek girang yang lagi kesenengan. Terlintas di pikiran Nara sebuah pertanyaan untuk nenek tersebut,

"Nek, kok nenek bisa bangkit dari kubur? Keliatan seneng banget, Nek. Oh ya, di sana habis diapain aja, Nek?" Nara mengurungkan niat untuk ngajuin pertanyaan ini, takut si nenek menerkamnya.


Di atas sisi jalan kanan. Banyak sekali burung merpati berterbangan, melintasi bulan yang lagi tersenyum manis ke Nara. Di sebelahnya ada pula dua bintang kecil yang sedang senyum. Selain bintang, ada juga layangan nyangkut. Lalu hampir sama dengan sisi jalan kiri, di sisi kanan juga banyak terdapat tanaman rambat.

“Ih.. banyak hewan juga,” kata Nara dengan tetap melongo takjub. Selain merpati, ada juga hewan lainnya seperti, cumi-cumi, ikan lele, kuda laut dan hamster. Semua begitu indah dan menyatu. Tapi terkesan aneh.

Tanpa ngeperhatiin jalan di depannya. Nara merasa ada sesuatu di kakinya. Ia ngerasa ada sebuah benda yang diinjeknya. Saat ngeliat ke bawah, ia ngeliat huruf ‘A’ berbentuk balok. Dengan penuh penasaran, ia langsung membaca huruf lain yang ada di depannya.

Habis dibacanya, ia jadi tau kalo huruf ‘A’ itu membentuk sebuah kata, “ARIE JE”. Tentu, sambil ia terus berjalan dengan nundukin kepala. Tiba-tiba...

*Gubrak* Nara tertabrak sebuah tembok. “Aw.. Sakit,” katanya pas terbentur. Saat kepalanya mulai ditegakin, ia baru tau, kalo ia udah sampe di ujung jalan yang penuh dengan cahaya tersebut. Pas ngeliat ke tembok di depannya, dia langsung ngeluarin ekspresi ‘wah’, lalu ngomong, “WAAHHHH!!!! INI...”.

Di tembok ujung jalan tersebut, terpampang sebuah gambar. Gambar ini sama persis dengan covernya buku #kesetkusut yang ia punya. Gambar yang  ngebuat Nara ngeluarin ekspresi ‘wah’. Di gambarnya ada bentuk love orange bertuliskan:

“KESET-KUSUT: Baper-baper Dahulu. Susah Move On Kemudian”.
Arie Je

Di bawah temboknya, ada gambar seorang pria aneh ditemenin sama #kesetkusut bertuliskan,

“WELCOME”.


Setelah merasa kagum dan 'wah-wah' karena gambar di tembok itu. Nara jadi teringat dengan perkataan kakeknya sewaktu ngasih buku #kesetkusut kepadanya. Kakeknya bilang, 

"Buku #kesetkusut ini bakalan ngasih pelajaran buat kamu, Nar. Di buku ini, kita akan belajar untuk jadi keset kusut. Belajar untuk memahami arti kehidupan yang penuh dengan teka-teki masalah. Kalo kita punya masalah, ya, benerin, lalu move-on. Jalanin hidup harus bawa perasaan, Nar. Biar kamu cepet untuk move-on. Intinya, kamu harus jaga buku ini.. kamu juga harus....".


Ucapan kakeknya terpotong, saat dunia hitam-putih khayalan Nara lambat laun menghilang. Setelah itu Nara mulai tersadar dan kembali ke dunia nyatanya.




...



“Nar....!” Elo kenapa woy, bangun!” Teriak Juminten berusaha membangunkan Nara, sembari terus ngegoyangin punggungnya.

Nara terbangun kaget, kepalanya mendongak cepet ke atas dan ia langsung teriak kenceng, “HAAAHHH! Haduh”. Teriakannya seperti perempuan anggota paduan suara gagal tes, nyaring banget. Sehingga ngebuat temen-temennya yang lagi nyantap bekel, langsung ngeliat mereka berdua sambil ngasih tatapan ‘elo-berdua-lagi-ngapain?’.

Nara langsung sadar dan tau, kalo dia terlalu larut dalem khayalannya sampe ketiduran. “Ehm..., maaf ketiduran,” kata Nara sambil bangkit dari tempat duduknya. Lalu ia lanjut berkata, “Gua gak bisa nerima elu. Maaf, gua gak boleh pacaran sama orangtua gua”.

Sambil ikut bangkit dari tempat duduk, Juminten bilang, “Tapi Nar.. gue sayang banget sama lo”. Juminten sepertinya sakit hati Nara bilang kayak gitu.

“Pliss... Nar, terima gua!” pinta Juminten memelas. Tangannya langsung reflek untuk menggenggam tangannya Nara.

Nara perlahan melepas tangan Juminten, lalu ngomong, “Gak usah Baper, Ten! Ini yang terbaik”. Setelah itu dia memberi buku #kesetkusut yang dipegangnya ke Juminten, lantas bilang, “Mending elu baca buku ini, deh! Gua yakin ini bisa ngatasin masalah elu saat ini”.

Juminten nerima aja. Buku itu udah berpindah tangan kepadanya. Matanya langsung ngeliat cover buku tersebut. Sehabis ngeliat dengan rasa heran, Juminten bertanya ke Nara, "Nar, ini buku apaan sih? Kok covernya aneh banget".


Sambil mengerutkan alis, Nara menjawab, "Ssstt.... Udah elu, baca aja, jangan banyak protes! Buku itu gak usah diliat dari covernya, Ten. Sebagus apapun cover dari sebuah buku, lebih bagusan isi dari buku tersebut. Pokoknya baca aja, oke, Ten?!".

Rasa bingung dan penasaran masih berselimut di kepala Juminten, "Gue masih bingung, tapi yaudah, deh," katanya. Seolah-olah ia lupa akan peristiwa cintanya yang ditolak barusan. Seolah-olah buku tersebut ngilangin patah hatinya, dan ngebuatnya tanpa sadar move-on. Buku #kesetkusut yang dipegangnya penuh dengan sesuatu yang 'wah', hingga ia bisa seperti itu.

Nara udah ngerasa yakin kalo buku itu bisa ngatasin masalah cintanya Juminten. Tanpa permisi dan basa-basi. Ia beranjak pergi ninggalin kelas. Meninggalkan Juminten yang lagi megang buku #kesetkusut di tangannya. 

Dari tadi Juminten cuman ngeliat cover bukunya, dengan tatapan rasa penasaran tingkat UN. Dalem hatinya paling dalem ia berkata, “Ini buku apaan?”.



...


Oke.. Itu cerita dari gue mengenai cover dari buku #kesetkusut. Buat kalian yang habis baca ini. Mohon komen di bawah, biar gue tau pendapat kalian (biar gue menang kuis juga, bantu gue dikit lah). Kalo kalian mau ikutan kuis ini, bisa baca di sini.

Dan...

Terimakasih buat pembaca yang udah mau ngeluangin buat baca. Untuk yang nyelenggaraiin kuis Bang @ariejepro dan segenap jajaran @Bukune. Gue ucapin, "Semoga selalu sukses dan you know lah".

Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Dah....


78 komentar

Hahaha, tadi bang Jevon Levin ngebahas 5 faktor yang bikin jomblo sedih, lah sekarang Mr Aneh juga sama ngebahas. Janjian apa pada satu topik? hahaha

Ikutan Bukune juga gan? Waahhhh great dah !

Wahaha bro nuggy lagi baper ya? Haha.
Btw, bang aneh berbakat banget bikin ginian! Pasti menang ini mah!

Hhahaha, ngga brooo Gue ga lagi baper, ngga sedikit maksudnyaaa Wkwkwkwkwk

Jadi itu sebenarnya bukunya Arie Je. Gue sering lihat cover bukunya mampir di temlen twitter gue. Seperinya menarik bukunya kalo dilihat dari covernya.

Imajinasi yang bagus bro. Semoga menang kuisnya. Amiin.

Untung saja mukanya gak kusut pas nabrak tembok.

Wih ikutan kuis Arie Je. Gue nantiin bukunya di gramed aja deh. Btw, gue rasa buku ini manteb deh, selain orangnya jago desain, nulis buku juga. Kebayang nantinya banyak ilustrasi di dlm buku :D

......................... :"v (?)

^#KOMENMACAMAPAINI

Konfliknya simple tp menarik (y)

Cerpennya bikin gue ngakak, bro. x))

Saya do'ain bisa jadi juara, klo udah menang mau nagih janji'a lompat" di atas patung pancoran.
Ayo semua'a kita do'a kan semoga Mr Aneh bisa jadi juara Hahaha *ketawa JAHAT 3:D

Oke. Lumayan bagus. Makasih.

Mungkin gara2 naluri kejombloan kita yang tinggi. Sehingga bisa selaras begitu. Hehe...

Wah. Baru tau kalo gue berbakat. Makasih, bro.

Ya, bukunya bang arie. Kayaknya tuh buku bakalan nge boom, deh. Amin...

Bagus. Baper itu menyehatkan pikiran dan tubuh. Lanjutkan kebaperanmu, Nak!

Betul tuh. Dia kreatif banget. Salut sama dia... Btw, kalo gue gak menang juga gak masalah. Tinggal beli bukunya, deh. Beres.

........

#BALESANMACAMAPAINI? :)

Ya begitulah. Idenya terlalu sedikit.

bagus kok, keren.. semoga bisa jadi pemenang ya:)

Bagusss kok hahah. Goodluckkkkk semoga menang

Setelah baca, lalu ikut mendoakan semoga menang. Sukses, deh.
Jangan lupa ikuti balik, ya http://gobloghaydar.blogspot.com/

Fokus sama lulus ujian Chunin??? apaan ya chunin?? Mudah-mudahan menang ya, dan kalo menang jangan lupa lompat-lompatan di atas patung pancoran.....

Soal pacaran tadi betul itu nan, suka agak risih klo deket orang pacaran. Bdw ceritanya bagus tuh, semoga lo pemenang kuit kesetkusut. Jangan lupa nanti lompat-lompatan juga di kelas

Semoga gue gak amnesia dadakan. Semoga, ya.

Semoga menang. Terimakasih.

Iya, bro. Sekali lagi, terimakasih.

Ujian chunin itu, ujian kenaikan pangkat di Naruto. Ahaha... Semoga gue gak malu. Semoga...

keren n menarik, semoga mr aneh menang. yeay! :D

eh ada saingan nih hahahaha aduh

Good luck ya

bagus nih cerpennya saya suka
Semoga menang

banyak sekali keajaiban pada buku itu .. hahahaha

Tenang aja kalo Amnesia saya ingetin ntar mas XD

Haduh. Gue amnesia, nih. Gimana dong?

Terimakasih atas dukungan yang berharga ini, temen2.

Oke gue ikutan ini dengan damai, ya? Jadi... kita temenan.

Padahal mah, gue buat dengan penuh kekurangan ide.

Makanya, beli (eh, ini kan bukan buku gue).

Semua yang ikutan kuis ini pemenang, kok. Jadi, gue gak perlu risau. Toh, gue udah berani nyoba, ini.

Ceritanya lucu, menarik moga menang ya GAnya

CEMUNGUDH EA QAQAAA

Btw, postingannya ngehek juga. Sakses! \m/

Regards, Indra Permana

Gue bener2 terimakasih sama kalian yang udah mau baca postingan ini. Apresiasinya bikin gue makin semangat nulis.

nara ora danta pisan dah nan. btw kalo menang kuis, pinjem ye bukunya wkwk

nice lah :)
makasih juga udh pernah comment di blog ku ;)

banyak banget blogger yang ikutin kuis ini. semoga menang bro.

Sama2. Kita saling jalin silaturahmi, ya.

Amin. Hari ini pengumumannya. Mau menang atau nggak. Gapapa. Mungkin bukan waktunya.

Mudah-mudahan menanggggg!!!!! nanti bukunya dibagi bagi yah :D

Alhamdulillah gue menang. Makasih ya semuanya. Yang udah baca ataupun yang udah komentar.

Asik nih menang, eaaaa....., bagi dua, bagi dua! wkwkwk

Selamat, bro!

ceritanya bagus, gue doain mudahan menang :-)

btw tu kakek nya nara absulud banget lulus ujian cunnin

Wah lo menang sama si Howhaw Ds selamat ya.

gak mau tau harus lompat" di atas patung pancuran,.
Klo pura" amnesia saya do;ain bneran amnesia, mumpung bulan puasa do'a nya di ijabah hahaha

Hayoloh tepatin janjinya. Lompat diatas patung pancoran.

Janji=Hutang
hahhaa

Bener tuh Janji = Hutang
kalo gak mau loncat" di patung pancoran kirim sini hadiah GAnya buat nebus janjinya haha :D

Nah tuh..
Buruan, pilih yang mana ? :D hhahaa

Mending pilih yang kasih hadiah GAnya dari pada malu loncat" di pancoran hahaha
bner ga mba Wulan??

Patungnya lagi puasa, bro.

yaudah, tunggu buka aja gimana?
berarti fix ya, magrib nanti kamu harus loncat dari patung pancoran.
FIX !

Bner kata mba Wulan, kita tunggu ntar abis buka puasa,.
fix

Cieeee...e...e.... Bukunya belah dua dong, sebelah buat gue, hehe. Belahnya kayak ngebelah duren :v

Selamat yah mas udah menang GA nya :)

jadi si juminten pada akhirnya cuma penasaran sama covernya doang

Kacau!!!! Pecah bet nan blog lu keren banget gila gue baru baca ini telat banget -_- Lanjutkan!

Pengumumannya sudah dipost ya, Bro.. Selamat yam hadiahnya akan segera dikirim kalau sudah masuk gudang penerbit. Terima kasih sudah berpartisipasi,

http://arieje.pro/pengumuman-sayembara-kesetkusut/

Saya udah ngirim email, Kak. Tinggal nunggu... Oke.

jumintennya berani amat nembak cowo =))

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon