Sunday 3 January 2016

Tahun Perpisahan dengan Bapak



Innalillahi wainnailahi roji’un.

Bapak gua udah pergi ke alam yang berbeda. Tepat di tanggal 30 Desember 2015 yang lalu, di RSUD kota Bekasi.

Hari Senin tanggal 28 Desember 2015, bapak gua masih keliatan sehat. Saat itu gua dan adek gua, Ilham, lagi nginep di rumah sodara di daerah Pekayon, Bekasi. Hari Senin itu bapak gua sempet mampir ke rumah sodara gua, dan gua bertemu dengannya. Keesokan pas siang harinya, bapak gua masuk RSUD kota Bekasi ditemenin mama dan om gua. Gua masih ada di rumah sodara.

Sore harinya mama nelepon gua untuk jangan pulang ke Tambun, karena emang awalnya gua pengin pulang hari itu. Kata mama gua, bapak dirawat lagi di rumah sakit. Mama gua nyuruh gua kesana, yaudah gua ke sana.


Sesampenya di sana, kondisi bapak gua sering banget muntah dan berak darah, darahnya pun udah hitam. Yang gua sayangkan, hanya gua dan mama lah yang jagain bapak saat itu. Karena pas malam harinya, kondisi gua dan mama udah pada ngantuk dan lelah. Mama gua pun nyuruh gua untuk tidur duluan untuk bergantian jagain bapak. Tapi gua gak bisa tidur, gua hanya bisa tiduran sembari nangis liat bapak gua sakit-sakitan.

Kondisi bapak gua tuh kayak orang gak sadar dan juga sesak napas. Ngomongnya pun udah ngaco dan gak bisa diem. Itu terus menerus terjadi hingga pagi hari esok. Di hari Rabu tanggal 30 Desember 2015 nya, sekitar pukul 2-3 pagi hari, gua gantiin mama untuk jagain bapak. Saat itu, bapak gak kunjung istirahat masih tidur-duduk-tidur-duduk.

Singkat cerita, gua ngusahain untuk bapak agar istirahat. Akhirnya, bapak mau diem dan rebahan di kasur. Saat itu mama lagi nebus darah di bank darah, bapak masih rebahan dan sepertinya udah tidur. Mama pulang dari bank darah, langsung rebahan di lantai beralaskan sejadah. Gua jagain bapak.

Waktu itu bapak beneran keliatan lagi tidur walau masih gerak-gerak. Hingga pada akhirnya, ada sebuah momen dimana bapak kayak orang ngambil napas pelan dan tertidur lelap hingga gak ada gerakan lagi. Gua awalnya curiga, ini kenapa tiba-tiba langsung diem. Pas gua cek kaki bapak, ternyata masih hangat. Yaudah, gua pikir bapak udah tidur, dan gua pun ikut tertidur sembari menghusap-husap bagian kaki bapak.

Pas udah subuh, gua bangun. Ternyata, posisi bapak gua masih sama persis kayak waktu gua sebelum tidur, yakni  rebahan terlentang. Gua belum panik, karena kaki bapak masih hangat. Saat itu gua langsung bangunin mama untuk solat subuh. Tapi ketika suster ngecek bapak, udah ada tanda-tanda. Gua pun solat subuh, dan si suster lagi ngecek bapak gua. Daannnn... saat gua masih solat, suster menyatakan bapak gua udah pergi ke alam yang lain.

Gua langsung nangis saat masih solat itu juga. Gua merasa kok cepet banget, sih. Gua pun merasa, ya Allah, bapak gak ngasih pesan apa-apa ke gua ataupun mama. Pokoknya perasaan gua saat itu gak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Yang jelas, gua merasa sangat sedih dan belum bisa berbuat banyak sebagai anaknya.

Tapi gua harus ikhlas akan kepergian bapak. Gua harus percaya, bapak udah tenang dan ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya di sana.  Gua pun adalah anak tertuanya. Gua gak boleh terus-terusan diterpa kesedihan. Gua harus bikin bapak bangga dengan mengubah diri menjadi lebih baik lagi dan menjaga keluarga gua ini. Gua pun sangat percaya dan yakin, kalo bapak gua sedang diberi kenikmatan di alam sana.  


Gua gak mau jelasin secara rinci tentang gimana riwayat penyakit bapak dan segala bentuk kehidupannya. Biarkanlah itu menjadi rahasia keluarga gua dan orang-orang terdeket aja. Mungkin, hanya itu aja yang ingin gua sampein di postingan ini. 


Ini awal baru di tahun yang baru. Hidup tanpa seorang bapak harus membuat gua menjadi termotivasi untuk berbuat lebih baik dari yang sebelumnya di segi aspek apapun. Ya, terdengar klise, tapi begitulah.

Hingga pada akhirnya bisa gua bilang tahun 2015 kemarin adalah,

Tahun perpisahan dengan bapak.


29 komentar

Wah, turut berduka ya, Kak Nanda. Semoga tenang di sana.

Turut berduka, bro. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan. Aamiin.

Turut berduka ya..
Apapun yang terjadi, semoga itu yang terbaik dan bisa ngasih kekuatan untuk ke depannya. Tetep semangat di tahun yang baru:)

sedih karena jadi ingat almarhum bapakku juga, jadi rindu bapakku.

turut berduka mraneh.

semoga almarhum tenang di sisi-Nya :'))

turut berduka ya bang..

semoga ini jalan yang terbaik.. aamiin.. :)

turut berduka cita yaa, semoga amal ibah almarhum diterima disisi Nya .. amin

Innalillahi wa inna ilaihi roojiun..
Turut berduka cita, dan hanya bisa berdoa semoga diterima di sisi Alloh SWT.. Aamiin

Turut berduka cita ya kk semoga amalnya diterima disisi allah amiin. Jangn sedih sedih terus kak semangat! Yeay~ hidup terus berlanjut dan umur akan bertambah. Jagain tuh keluarga abang. Semangat yeyeye

This comment has been removed by the author.

Turut berduka ya

saya yakin kamu kuat

Innalillahi wainnailahi roji’un
Semoga semua amal ibdah'a bisa diterima
Amiin

Semoga semua amal ibadah Bapak diterima dan diampuni dosanya. Aamiin :)

innalillahi
turut berduka cita
semoga amal ibadahnya diterima
ammiiin

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun,turut berduka cita ka..

Semangaaattt kakak...��

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon