Kemendikbud selaku kementrian bidang
pendidikan di indonesia. Tahun 2013, mengganti kurikulum pendidikan yang lama, KTSP2006.
Dengan kurikulum yang baru yaitu Kurikulum 2013 biasa disingkat KURTILAS. Gue
gak tau kenapa dinamai kurikulum 2013, mungkin karena lahir di tahun 2013 kali
ya(Tauuu). Tidak semua sekolah di indonesia langsung make KURTILAS(Adaptasi..). Termasuk
sekolah gue. Pada pertengahan tahun 2014, sekolah gue baru mengadopsi Kurikulum tsb.
Berhubung gue sekolah di tingkat SMA. Jadi menurut gue sih,
SMA itu lebih kompleks daripada SMP, SD, TK dan PAUD(Beneraan). Sekolah gue
Nerapin KURTILAS ini ke kelas 11 dan 10. Kelas 12nya masih KTSP. Otomatis bagi
gue, yang dulunya kelas 10 make KTSP, jadi gak nyambung. Terus juga, KURTILAS
itu menurut gue menyebalkan, Kenapa? Ini dia:
1. Sistem pengajaran Kurikulum ini memprioritaskan
murid yang lebih aktif dalam pemberian materi. Guru hanya sebagai patung/robot,
yang diem, tinggal nyuruh, ngejelasin dikit, dan sebagai alat pembuat
kesimpulan. Yah gitulah bro. yang udah make KURTILAS, Pasti udah tau apa yang
gue maksud kan(Maybe).
2. Tugas di KURTILAS itu kebanyakan tugas untuk
berkelompok dan biasanya dalam bentuk presentasi/praktek. Jarang jarang gue
dapet tugas untuk individu. Ini nih yang gue suka. Jadi kalo berkelompok, kita
ngerjain tugasnya bisa seru seruan bareng teman kita(i Like this).
3. Dalam belajar dan mengajar. Kurikulum ini,
menggunakan sarana untuk menunjang materi yang dipelajari. Sarananya seperti
Proyektor, Lab, Perpustakaan, Tempat Ibadah, Lingkungan sekitar sekolah elu
dsb. jadi dijamin elu gak bakal Bosen gitu deh. Jadi kita bisa belajar, tidak
hanya dikelas, duduk, diem, nulis, melotottin papan tulis dan Bengong gituu.
Nggak lagi!
4. Mata Pelajaran di KURTILAS lebih sedikit
dibanding dengan KTSP. Namuuun, Jam pelajarannya. Lebih lama ketimbang KTSP. untuk
IPA aja , yang Ilmu Exactnya sampe 4 jam/mapel. Terus juga banyak banget BABnya di
setiap MAPEL. Bisa sampe 5 BAB lebih/semester. Ampun dah, gue mah. Beban
tau gak?!(sama gue juga)
5. Walaupun tugasnya kebanyakan Berkelompok. Namun
tetep aja, Beban. Kenapa? Karena tugas kelompoknya terlalu banyak. Gue aja gak
jarang, lupa sama tugas dan kelompok gue. Terlebih lagi kita menjadi sibuk
untuk ngerjain tugasnya. Bisa sampe malem, ngerjain tugasnya bro. Otomatis, Capek iya, diomelin iya, uang abis iya, bau iya, gelap iya dan menggila iya.
6. Penilaian buat murid di kurikulum ini. Ada 3 macam
aspek. Yang gue liat di rapor gue yaitu Kepribadian, Sikap dan Pengetahuan.
Nilainya juga gak pake angka lagi kayak 80 atau 90. Tapi pake Huruf kayak anak
kuliahan gitu +-. A, B, C, atau D. Hal ini menyebabkan guru dan murid pusing(Fakta!). Guru pusing ngenilainya, murid pusing ngemahamin isinya. Pokoknya nyebelin banget, Sumpah!
7. Peraturan di Kurikulum ini ,Tegas! telat 5-8
menit aja. Kita dapet hukuman. Lalu kita untuk keluar/masuk kelas, kalo ada
keperluan. Itu susah banget. Katanya sih, biar gak gangguu proses belajar
mengajarnya(Bohong tuh).
Sebagai seorang pelajar, gue hanya bisa
ngejalanin aja. Lebih baik diam dari gue protes protes(Kayak ngedemo gitu), buang buang waktu.
"Apapun Kurikulum yang kita pakai, sehebat apapun itu, semodern apapun itu.
Percuma jika kita sendiri gak bisa buat diri kita, jauuh lebih baik lagi."
2 komentar
Pelajaran lebih sedikit? Lebih banyak kali, gak berguna lagi...
Kata guru gue aja. Emang sedikit.
Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon