Friday 26 December 2014

Something About Angkot




Angkot merupakan Alat transportasi umum beroda empat. di Indonesia, Angkot digunakan untuk mengantar penumpang dari satu tempat ke tempat yang lain. sesuai rutenya(Lah iyalah).
sebelum gue naik Pangkat, jadi naik motor ke sekolah. biasanya, gue naik angkot buat ke sekolah(bodo amat..). dan disini gue akan ceritakan semuanyaa.. ke elu" semua, sesuatu tentang Angkot. berasal dari pengamatan gue selama ini.


Mungkin banyak yang ngalamin apa yang gue alami ketika menjadi penumpang dari si Angkot tsb. beberapa hal yang terjadi kadang kadang membuat elu sebagai seorang penumpang, sakit hati atau semacamnya. ya kan?(entahlah) beberapa hal mengenai Angkot antara lain: 

1. Enaknya naik angkot itu, gak perlu beli tiket atau semacamnya. langsung naik aja beres. tapi, yang ngeselin adalah kita harus nunggu si angkot tersebut lewat, baru kita bisa naik bro. otomatis kita nunggu, diem, dipinggir jalan, tengok kanan tengok kiri. udah kayak apa tau... .

2. Di angkot kita gak mungkin jadi penumpang sendirian ya kan bro? pasti ada penumpang yang lain. disini nih.., biasanya ada angkot yang sepi penumpang dan ada juga yang penuh penumpangnya. udah kayak mau pindahan gitu, modelnya. kalo gue sih enakan naik angkot yang sepi penumpangnya. biar gue bisa duduk dengan nyaman. Kalo lu?

3. Tarif Angkot,gue paling paling gak suka. kalo tarif angkot itu mahal. apalagi sekarang BBM sudah naik, jadinya kuota gue cepet abis. terpaksa deh beli pulsa mulu. Bensin premium jadi 8500 bro, itu yang di pom bensinnya. kalo di eceran lebih mahal lagi. ada yang sampe 10000, keterlaluan. tarif angkot, ditentukan sesuai dengan tempat lu naiknya dan turunnya bro.

4. Selamat gak selamatnya kita ketika berpergian dengan kendaraan, ada di supirnya. supir angkot sendiri di indonesia identik dengan gaya khasnya masing". ada yang kasar, lembut, pendiam dan tidak sombong atau yang lainnyalah dalam hal melayani. tapi disini kecepatan si supir membawa angkotnya tersebutlah yang menjadi persoalan. terkadang si supir sering kebut kebuttan layaknya orang lagi balapan. kan kalo kayak gitu bahayain penumpangnya juga ya kan.

5. Mesin angkot di indonesia sangatlah buruk. kebanyakan angkot di indonesia, mesin mesinnya sudah tua tua bro. kayak yang ngemudiin. kalo naik angkot, gak jarang lu nemuin angkot yang mogok, ngadet, tercium bau asap dan semacamnya lah. kalo gitu terpaksa lu turun dan nyari angkot lagi kan. syukur", kalo kita gak bayar. lah, kalo disuruh bayar, rugi maning rugi maning.

6. Gak mungkin angkot langsung ada penumpangnya, kayak bis yang punya terminal. angkot gak punya terminal bro. jadi terpaksa deh, si angkot buat terminal bayangan hitam. hampiiir semua angkot itu dia Ngetem(nungguin penumpang). ngeselinnya sering banget Ngetemnya itu lama bro. sumpah, bayangin. kita duduk di kursi, liat si supir, tengok ke jalan, dan panik gitu. si supirnya udah kayak gak merasa bersalah gitu. hadeehh.

7. Biasanya Angkot terdiri dari penumpang dan supir. namun terkadang kita menemui angkot yang ada keneknya(juru promonya) bro. kenek angkot biasanya teriak teriak, buat ngepromosiin angkotnya bro. kayak gini
"Ayo Neng, Ayo Mas.. Pondok Gede, Pondok Gede. ayo ayo masih muat masih muat."
Sumpah, itu di kuping rasanya pengang. berisik gila. apalagi kalo lu di dalem angkotnya, udah gak betah pasti dengernya.

8. Di setiap kota/daerah, pasti berbeda beda angkotnya bro. entah dari warna, bentuknya dan nomor jurusan rutenya. gue suka gak hapal sama nomor jurusan angkot yang ada di daerah gue. abisnya banyak banget. makanya terkadang gue suka nanya ke supirnya, angkotnya jurusannya apa. terus juga rute yang dilewatinnya, kadang kadang bikin bingung. apalagi di kota besar kayak jakarta. pusing setengah pusing.

9. Pintu angkot itu gak pernah ditutup. bayangin kalo ditutup, elu mau masuk lewat mana bro. lewat knalpot? nggak kan. hal itu dijadikan kesempatan buat pengamen, untuk mencari lahan penghasilan bro. biasanya banyak terjadi ketika lampu merah bro.
mobil berhenti, pengamen masuk, dia nyanyi, terus minta upah. alasan ngamen kayak gitu, paling mainstream katanya buat nyari makan. lah elu, nyari makan di angkot, di warteg sana! lalu kalo gak kita kasih upah kadang kadang dia marah/ngambek. syukur syukur kalo yang nyanyi bagus suaranya, kalo jelek dan asal"an. gimana? 



yah walaupun angkot di indonesia banyak kekurangannya bro. tapi kita harus bersyukur coba lu bayangin kalo gak ada angkot. susah kita kemana mana. jadi yaa.. kita doakan sajalah semoga kedepan angkot di indonesia. dapat jadi lebih baik lagi ya.. 


2 komentar

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon