Saturday 16 May 2015

Kacaneh: Pertama Nulis

Sebelum memulai, perkenalkan nama saya Kacaneh. Lebih lengkapnya, Kacamata Aneh. Saya baru aja diizinkan sama Boss untuk bisa nulis di sini. Kata Boss, walau ini personal blog, dia ngebolehin saya untuk nulis di sini. Terimakasih Boss.

Yang belum kenal saya. Saya ini adalah kacamatanya si Boss. Saya bisa hidup dan nulis ini, entah bagaimana ceritanya. Saya juga nggak tau. Cuman Boss, yang tau. Hanya aja, saya gak bisa nulis sembarangan.  Saya ditugaskan sama Boss untuk nulis tentang keseharian dia, sesuai dengan kacamata saya.



Boss saya ini orangnya aneh. Boss, cuman pake saya kalo mau pergi keluar rumah aja. Kalo di dalem rumah, Boss gak pernah pake saya (atau jarang). Boss berdalih, “Ngapain make, emang gue sebuta itu kah?”. Sebagai bawahan Boss, saya hanya bisa nurut aja. Gak bisa protes.

Minggu lalu, Boss lagi liburan. Boss, mutusin untuk nginep di rumah sodara-sodaranya dan tentunya, saya diikutin Boss nginep. Tanpa saya, Boss bukan apa-apa. Boss, nggak bisa liat kejauhan dengan jelas, karena matanya minus 3 lebih. Untungnya ada saya. Seorang penyelamat penglihatan. Maka berterimakasihlah, Boss!

Pas nginep, Boss terliat sangat seneng. Bisa ketemu sodara-sodaranya dan Nyainya (Neneknya) Boss. Soalnya, Boss, 6 bulan terakhir ini, lagi sibuk-sibuknya ngurusin urusan sekolah yang belum kunjung usai (sok sibuk deh Boss). Boss, jadi jarang untuk bertemu sodara-sodara dan Nyainya.

Boss, bisa dibilang sayang banget Nyainya. Sampe-sampe, kalo misalnya udah sampe di rumah sodaranya, yang pertama kali dia panggil adalah, Nyai.

Boss: (Ketuk pintu, lalu masuk kedalem rumah) Assalammualaikum, Nyai. Nyai... Nya!

Sayang, Nyai Boss umurnya gak muda lagi (ya jelaslah, udah nenek-nenek). Sekitar 80 tahun. Jadi, di usia kayak gitu, gak jarang gangguan seperti kuping gak bisa berfungsi dengan bener, ada. Begitupun dengan mata, yang gak bisa liat jauh dengan jelas.  Sama kayak Boss.

Boss: ........ (Celingak-celinguk ke setiap sudut ruang tamu, gak nemuin Nyai juga).

Setelah menyadari kalo Nyai gak ada di ruang tamu. Boss beranjak pergi ke dapur. Dan bener aja, Nyai ada di sana.

Boss: Nya... (Saliman sama Nyai). Nya, Nanda!

Nyai: (Sedang sibuk beresin makanan yang ada di meja) Hah, Nanda ya? Lu berangkat sama sapa? Naek apa?

Nyai sedikit kaget akan hadirnya si Boss secara tiba-tiba. Semoga, Nyai gak nganggep Boss punya jurus kamui  (jurus pindah dimensi di Naruto).

Boss: Iya Nanda. Sendirian Nya. Naik angkot.

Bener. Rutinitas Boss kalo udah nyampe rumah sodaranya adalah: Ketuk pintu>Nyariin Nyai di ruang tamu>Gak ketemu>Pergi ke dapur>Ketemu Nyai. Rutinitas ini selalu Boss lakuin, kalo nggak dilakuin, mungkin Boss lagi lupa minum obat idiotnya.

Nyai merupakan tipe nenek-nenek yang pekerja keras dan sangat perhatian terhadap orang lain. Termasuk kepada Boss. Rasa pekerja yang keras dan perhatian yang dimilikinya, terkadang berlebihan dan berbeda, untuk usia nenek-nenek. Bisa dibilang, antimainstream.

Nyai: (Keluar dari kamar) Nda... Elu udah makan?

Boss: (Lagi duduk di sofa) Udah Nya, tadi barusan makan gorengan sama lontong.

Nyai: Belum kenyang elu ya? Nyai ambilin makan ya?!

Boss: Nggak Nya. Nanda udah kenyang.

Masalah tanya-jawab soal udah makan apa belum. Sebenernya nggak jadi masalah. Tapi, Nyai, selalu nanyain hal udah makan apa belum, hampir satu setengah jam sekali. Atau, kalo mereka lagi ketemu. Sedikit merasa aneh. Tapi, Boss tau. Kalo itu merupakan perhatian yang keluar dari hati yang paling dalem, seorang Nyai kepada cucunya. Hebat.

Seperti yang udah saya bilang, Nyai adalah pekerja keras. Gimana nggak? Di umur yang udah tua, Nyai tetep mau ngerjain pekerjaan rumah, layaknya masih berumur muda. Pekerjaan seperti, nyuci piring dan masak, dilakuin sama Nyai, setiap harinya. Hebat bener, Nyainya Boss.

Tapi, karena terlalu keras, terkadang Nyai lupa. Lupa apa? Pernah, suatu hari Nyai lagi sakit, karena terlalu capek. Kebetulan di saat itu juga ada Boss. Pas Nyai lagi berbaring lemah di kasur kamar, Nyai ngajuin pertanyaan konyol ke Boss. Pertanyaannya yang buat Nyai lupa satu hal: Dirinya lagi sakit.

Nyai: (Terbaring lemah di atas kasur) Nda...

Boss: (Mendekati kepala Nyai) Iya Nya?

Boss: (Berbicara pelan dan sedikit bergetar) Gelas bekas ngeteh tadi pagi, udah dicuci? Terus, jemuran udah diangkatin belum?

Boss: (Kaget seperti melihat jomblo bunuh diri) ........... (Boss terdiam, lalu menjawab pelan) Jangan pikirin itu Nya. Itu mah gampang.

Hening.

Oke. Soalnya ini pertama kalinya saya nulis. Mohon maaf, apabila tulisan saya masih acak-acakan (Boss juga begitu, sih). Semoga, Boss dan kalian suka sama tulisan saya ini,  dan mau ngizinin saya nulis kembali di sini. Mungkin itu aja. 

Kalo kalian suka sama tulisan pertama saya ini, komen di bawah! Saran dan kritik, dari kalian, saya tunggu.

Makasih semuanya... Sampai jumpa lain waktu. Dah... (^)>__ <(^)




Salam, Kacaneh (kacamata jomblo, yang bertuan seorang jomblo).



41 komentar

dia hidup?
hahaha :))
kayak neng leny gue

Angkatin dulu bos jemurannya, hehehe :D
Salam kenal ya..

kayaknya kacamata satu2nya yang pernah gue temuin yang bisa nulis gini. :)

Imajinasinya tinggi amat yak. Good lah..

Terasa absurd ya, cuma namanya kreatifitas mau gimana lagi. Mencoba bercerita dari sudut pandang yang berbeda. Pasti enak punya kacamata, kemana-mana ada yang nemenin *kadang. Lebi setia dari pada pacar sendiri, lebih penting dari pacar sendiri, lebih di butuhkan daripada pacara sendiri. *Kalau nggak jomblo si...

Nice artikel, lanjutkan boss...

oke saya izinkan anda menulis lagi, bener-bener aneh :)

Ini aneh. Imajinasi yang aneh.

Awal ngeblog ya gan? sama dong aku juga baru (di blogspot)...

Awal ngeblog ya gan? sama dong aku juga baru (di blogspot)...

Ngeri kaca matanya bisa hidup. tpi keren bisa bikin artikel kaca matanya :D

Mr. Aneh yang anaeh dari blog in apa gan!

Ternyata si kacaneh sama anehnya sama pemilik blognya, piss...haha!

bentar bentar, saya masih belum maksud sama ini cerita,.. kacamata yang bisa menulis, jadi dia hidup begitukah?

di jual ga mas kaca matanya?
biar ada yg nulisin artikel :v

Wih kacamatanya kayak real life hahaha, jadi author blog ini ada 2 yak. :v

salam kenal mr aneh,

bagus desain blognya, terutama header blognya
kalau ceritanya masih nyimak (belum bisa komen)

Bosnya sableng, kacamatanya gendeng. udah gitu aja :V

Terimakasih atas pengertiannya... Wkwkwk

Percakapan antar nyai sama si boss saat angkatin jemuran ada yang kurang ya... Kacamata yang aneh

Pesen di toko sebelah, aja.

Yang nulis bukan gue loh...

Ini pasti kacaneh ngetik pakek gagangnnya xD

Waduh. Gue gak tau. Dia ngetiknya diem2.

Kalo gue, laptop kesayangan yang nulis. Kan kocak. Laptop ngetik pake laptop. :v

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon