Saturday 27 June 2015

Ngasal Mode - O'ON

Gue gak bakalan mau untuk kuliah di jurusan sastra Jepang.

Beberapa waktu yang lalu, gue ngejalanin UKK di sekolah. Banyak banget mata pelajaran yang harus gue pelajarin. 13 mapel coy... Gila gak tuh. Angka yang katanya keramat akan kesialannya, dijadiin jumlah untuk mapel sekolah.... Pantesan aja banyak siswa-siswi yang sering ngalamin kesialan.

Sebenernya gue gak terlalu nganggap enteng atau berat soal jumlah mapel tadi. Gue belajar dengan enjoy, nyoba untuk paham dan.. merasa biasa aja. Menurut gue, UKK cuman sekedar evaluasi kepahaman mengenai materi yang udah pernah diajarin. Jadi, UKK bukan segalanya di sekolah (ini antisipasi aja kalo dapet nilai jelek).  

Gue ngelaksanain UKK selama 6 hari. Dari hari Senin sampe Sabtu.

Senin sampe kamis, gue ngelaksanain UKK-nya dengan baik-baik aja. Selama itu, gue gak pernah nyoba minum baygon atau pun ngejual ginjal sendiri untuk beli bocoran soal.  Kalo masalah soal susah, wajar-wajar aja (gue udah paham asem ketek susah menyusahnya soal). Yang nggak wajar adalah, kita ngerjain soal UKK yang di mana soalnya gak pernah diajarin sama guru.

Dan, itu terjadi sama gue di hari Jum’atnya.

Hari itu mapel yang harus gue hadapin adalah bahasa Jepang sama Biologi. Akan timbul perang dunia para shinobi, kalo gue gak belajar semalam sebelumnya. Dengan nyeimbangin sisi positif dan sisi negatif dalem diri. Gue berhasil belajar dengan baik. Keesokan harinya pun gue udah siap...

Singkat waktu. Gue udah di sekolah, masuk kelas, baca-baca materi lagi, bel masuk berbunyi, pengawas masuk.

Mapel pertama adalah Biologi. Gue sukses ngerjain dengan baik. Gak terjadi tusuk-tusukan di ruangan gue. Karena para siswa-siswi udah sibuk sama contekannya masing-masing. Ada yang browsing di hapenya, ada yang buat kertas kecil terus disempilin di lubang hidungnya, dan.. ada pula yang nyontek ke sesama spesiesnya.

Spesies yang identik dengan menyontek. Enaknya spesies itu disebut apa yah? Gimana kalo pelajar anggota komunitas ‘Pelajar Maju Sukses Dengan Menyontek’, disingkat PMSDM. Komunitas yang berisi pelajar ngaco penjunjung tinggi contek menyontek. Komunitas ini berdiri dan berjalan secara diem-diem dan gelap-gelapan. Komunitas ini sangatlah tenar. 

Bel istirahat berbunyi. Menandakan kalo istirahat tiba dan waktu untuk ngerjain Biologi habis. Sebelum bel berbunyi, di ruangan gue rata-rata udah selesai ngerjain. Jadi, udah banyak yang keluar kelas duluan.

“Tur, gua pinjem buku tulis Jepang lu dong!” Kata gue kepada salah satu temen kelas yang berwajah mirip Shincan dan punya alis tebal seperti Rock lee. Gue mau minjem, soalnya buku Jepang gue kurang catatan.

“Gua juga mau belajar, Nan,” kata Fathur.

Dengan sedikit memasksa dan mengancam (kalo gak dikasih bakalan gue cium). Fathur akhirnya mau berserah diri untuk minjemin bukunya. Dengan syarat, gue sama dia berbagi jatah untuk buku itu. Jadinya kita resmi berbagi di tempat duduk gue (belajar bareng).

Preeet... Preeeettt. Dus. Aw (walaupun kayak suara kentut, anggap aja kayak suara bel berbunyi).

Selang berapa waktu setelah bunyi bel masuk istirahat. Semua siswa-siswi masuk ke ruangannya masing-masing. Mereka yang keliatannya santai-santai aja, sepertinya salah satu dari anggota PMSDM (kebanyakan iya loh). Sambil ngerapihin alat tulis, gue bilang ke Fathur yang duduk di depan gue, “Bodo ah. Nanti gua ngasal jawabnya, dah”.

Kita berdua sama-sama tau. Kalo soal Jepang bakalan susah, sampe-sampe bisa menyebabkan TBC dan BAB yang mengerikan secara mendadak (BAB-nya bisa-bisa keluar dari lubang kuping). 

Dan bener apa gue perkirakan. Sehabis ngisi biodata di LJK, pas soal baru aja gue terima... Dan kalian tau apa yang terjadi? Gue nerima soal YANG tulisan soal maupun jawabannya, Jepang SEMUUUAA.... Seketika, rasa TBC mulai menjalar ke paru-paru gue. Dan rasa ingin BAB di kursi udah mulai kerasa (gak kebayang, BAB di kursi, nanti bakalan belepotan itunya).  

Waktu UKK kemarin, gue (kelas 11) duduk bareng adek kelas (kelas 10). Pelajaran yang di UKK-in pun beda. Kelas 11 ngerjain Jepang, kalo gak salah kelas 10 ngerjain ekonomi. Suasana mulai riuh, banyak suara gak jelas di mana-mana, terutama dari kelas 11-nya.

Anak kelas 10 cuman cengar-cengir sambil ngasih tatapan, ‘Segila ini kah anak kelas 11?’.

Temen gue yang ada di barisan samping ngomong ngeledek, “Heh... ini mah 10 menit selesai”. Wuih, mimpi. Lalu ada yang nyautin, “Ngasal yok!”.

Gue sendiri bingung mau milih ngerjain dengan serius atau ngasal. Kalo gue milih ngerjain serius, bisa-bisa gue menjadi gila seketika. Lalu nekat ngeluarin kampak dari dalem tas, berdiri di depan kelas berteriak, “Ini semuaaa... akan berakhir, SEKARANG JUGA!”. Oke. Karena gue orangnya gak segila itu. Gue lebih milih ngasal (ini cara paling aman biar gak jadi gila pas ulangan).

Jurus andalan pelajar yang udah kepepet pusing pun gue keluarin: “NGASAL MODE-O’ON”. Jumlah soal PG 40 nomer, essay 5 nomer. Dengan begitu luwes, gue ngebunderin jawaban PG dengan membabi buta. Gak peduli apapun soal dan jawabannya (ngerjain tanpa ngeliat soal). Gue bunderin sesuai dengan kehendak sendiri.

Bukan cuman gue yang ngerjain asal-asalan. Yang lain BANYAK. Karena baru aja 10 menit ulangan Jepang dimulai. Udah ada teguran dari panitia lewat suara di speaker, “Mohon untuk pengawas, diharapkan untuk tidak mengizinkan para peserta pulang terlebih dahulu. Karena ulangan baru saja dimulai 10 menit”. Alesan teguran itu muncul, karena udah ada murid yang pulang duluan.

JLEB.

Oh ya. Banyak temen gue yang ngasalnya terlalu parah. Contohnya, salah satu temen gue yang ngumpulin pertama, dia ngumpulin dengan LJK jawaban pgnya membentuk pola bertuliskan, “SE*K*”. Jelas. Kertasnya langsung ditahan sama pengawas, dan dia disuruh ngerjain ulang dari awal lagi (pasti ngerjainnya ngasal).

Selain dia, ada pengikut ngasal yang parah juga. Gambar barang tersangkanya berhasil didokumentasiin, siapa tau, barang ini bisa menjadi artefak di masa depan. Sama kayak tersangka pertama, orang ini pun kertasnya ditahan (tapi berhasil diraih lagi), terus disuruh ngerjain dari awal pula.




Gue gak tertarik buat pola di jawaban PG. Ya.. walaupun tetep ngasal-ngasal juga (tapi gak sampe bikin pola aneh gitu). Oh ya. Untuk essay, gue isi dengan curhatan untuk sang guru. Inti curhatannya, “Sensei... Saya ngisi NGASAL. Atas dasar perintah sensei”.

Gue ngisi curhatan dengan maksud agar sensei memaklumi perbuatan gue ini. Soalnya, sensei pernah ngomong, kalo soalnya beda dengan meteri yang diajarin sama dia, kita dianjurkan untuk ngerjain ngasal. Karena sensei bakalan buat soal yang baru (nyatanya sensei gak bikin loh).

Gue cuman butuh waktu sekitar 15 menit untuk nyelesein Jepang. Lalu gue ngumpulin LJK dan soal. Gue ada di urutan kedua, setelah temen gue yang tadi disuruh ngulang lagi. Dan.... pas gue kasih ke pengawas... gue kembali ke kursi. Gak lama kemudian, curhatan gue dibaca dengan pelan sama pengawasnya (kayak bisik-bisik)... dibaca pas temen-temen pada mulai ngumpulin. Salah satu temen gue nyaut, “Ahahaha.. Blogger, sih”.

Yes. Gue udah dianggap blogger.

Sekitar 5 menitan setelah gue ngumpulin. Banyak temen-temen lain yang ikutin jejak gue. Sehabis ngumpulin, kita semua duduk kembali, padahal mau pulang... tapi gak dibolehin sama pengawas. Tapi, gak lama kemudian, pengawas ngizinin untuk boleh pulang (udah banyak murid yang keluar di ruangan lain).

Pas udah keluar kelas, dengan cengengesan, temen-temen saling bertukar pengalaman ngerjain soal Jepangnya. Yang gue tau mereka sama-sama pake jurus: NGASAL MODE-O’ON.

Intinya: Mari berantas PMSDM!






11 komentar

PMSDM emang harus diberantas! Seharusnya guru-guru udah tau orang yg PMSDM.

Gue baru tau kalo lu anak tamsel, btw tamsel berapa? Oh iya, thnks ya udh komen di blog gue.

"Seketika, rasa TBC mulai menjalar ke paru-paru gue. Dan rasa ingin BAB di kursi udah mulai kerasa" MANTAAP

Eh, bro. Buruan ke blog saya ya!

PARAH-PARAH itu yg ngejawabnya kayak gituan :v

Iya anak Tambun. Sama-sama

Itu foto ljknya anti mainstream banget. Heu.
Btw, aku nggak tau yang disamarin. Yang se*k* itu lho...

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon