Wednesday 23 December 2015

Arti Nama Gua #01

Nama gua Ananda Vickry Pratama. Orangtua gua memberi nama itu ketika gua baru lahir di dunia. Ketika gua masih suci. Ketika gua masih belum bisa memilih antara meminum susu murni mama atau capucino cincau. Dan ketika gua masih belum tau nama apa yang pantes untuk gua.

Namun kala itu gua udah menimbangkan segala bentuk nama yang sekiranya cocok untuk gua.

Apakah Justin Bieber?

Setya Novanto?

Ataukah Setya Bieber?

Tapi segigih apapun gua mencoba memilih nama, gua gak akan bisa ngasih tau ke orangtua gua. Bukan karena lagi sakit gigi atau adanya tumpukan jigong 3 kilo di mulut, tapi karena gua masih jadi orok saat itu. Gua belum mahir berbicara.

Karena belum bisa berbicara, jadinya fungsi mulut gua cuman ada 2:

Pertama, untuk mengalunkan suara tangisan orok, “HOEEE... HOEEEEE... HOE!”

Kedua, untuk makan sekaligus meminum susu murni mama yang berasal dari kedua bukit mama. Tentunya, itu mama gua sendiri. Sebab, gua gak mau dicap sebagai orok mesum karena meminum susu dari bukit mama yang lain. Gua adalah orok yang cerdas.


Gua menerima dengan ikhlas dan lapang perut diberi nama Ananda Vickry Pratama oleh orangtua gua. Tapi gua masih belum mengerti, apa arti nama itu untuk gua?

Gua membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) untuk meneliti apa arti dari setiap kata di nama gua. Untuk yang pertama yakni Ananda. Kata KBBI, Ananda artinya anak. Gua setuju dengan arti nama Ananda itu. Tapi gua kurang setuju dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang bilang, “Ananda kan nama untuk cewek.”

Emang sih, nama Ananda sering dipake untuk nama cewek. Contoh, Ananda Putri dll. Lagipula nama Ananda emang terdenger kurang enak di lidah, “Ananda,” ehmm... terkesan kecewek-cewekan dan kurang dapet kejantanannya. Beda kalo denger nama, “Muhammad,” yang semua udah pasti itu nama cowok. Nama Ananda sepertinya untuk nama cewek, deh.

BERARTI GUA CEWEK DONG?

ARRGGH....

INI SEMUA SALAH BUKIT MAMA.

Pertanda gua emang cewek udah terliat dari salah satu bentuk fisik gua. Gua punya tanda tindikan di kuping sebelah kanan yang masih awet sampe sekarang. Tanda tindikan biasanya timbul akibat make anting yang biasa dikenakan cewek. Selain dipake cewek, anting biasanya dipasang oleh anak-anak berandalan pinggir jalan yang kerjaannya cuman malak-ngopi-tidur-berak.

Gak heran kalo ada yang nanya begini ke gua, “Nan, kok kuping lu ada tindiknya sih?”

Tindikan di kuping gua hanya sebatas titik kecil yang gak berbolong.

Gua gak bisa mengelak apa-apa. Toh, gua emang gak tau itu tindikan atau bukan. Akhirnya gua hanya bisa ngasih tau, “Udah dari sananya nih.” Gua berpikir, daripada dia nanya ke gua, mendingan dia nanya langsung ke Pencipta gua tentang hal ini. Bodo amat nanya kayak gimana, gua gak peduli.

“Lu cewek ya, Nan?”

Gua cewek? Gak tau juga sih. Soalnya gua terkadang bisa ngencing dengan nunjuk saat pagi, dan ngencing dengan jongkok saat malamnya. Tapi sampe saat ini, gua percaya gua masih jadi cowok sejati. Buktinya gua masih memiliki peluru di bawah perut.

“Gua cowok lah,” kata gua. “Kalo gak percaya liat aja nih,” sambil nunjuk ke arah bawah perut.

Karena alasan memiliki tindikan yang pertama udah salah, berarti tinggal alasan yang kedua. “Wah, berarti lu pernah nindik ya, Nan? Kayak preman,” kata penanya yang berburuk sangka tersebut.

“Enak aja luuu... Udah ah jangan bahas itu lagi. Mending lanjut ngutekin kuku lagi yuk,” elak gua.

Menilai jenis kelamin orang dengan hanya berpatokan pada namanya aja, menurut gua itu kurang efektif. Okelah, kata banyak orang nama Ananda itu untuk cewek. Tapi buktinya sampe sejauh ini gua masih jadi cowok kok.

Gua gak pernah ngerasain kena mentruasi dan rambut panjang sebahu. Gua pun punya kumis dan peluru di bawah perut. Dari semua itu gua bisa menilai kalo gua beneran cowok. Itu artinya apa? Ananda bukan nama untuk cewek.

Ananda kan artinya udah jelas, yaitu anak. Lah, terus apa asal-usul kalo nama Ananda untuk cewek?

Gak tau kan?

Sama.

Yang percaya itu berarti bego.

Kata selanjutnya adalah Vickry. Jujur, gua gak tau Vickry itu artinya apa. Di KBBI, Vickry gak ada. Di gugel, gua cari Vickry gak ada. Di rumahnya, Vickry pun gak ada. Mungkin Vickry lagi main togel sama temen-temennya.

Terlepas dari apa arti Vickry, orang-orang sering salah nyebut nama gua pas di bagian Vickry. Sering banget. Bahkan mungkin udah jadi tradisi di dalem hidup gua, kalo ada banyak orang yang harusnya nyebut Vickry malah menjadi Vicky.

Kayak waktu guru gua ngeabsen, “Ananda Vicky Pratama.”

HURUF R NYA GUA KEMANA?

Karena gua punya rasa hormat terhadap pahlawan tanpa tanda jasa tersebut, gua pun beraniin angkat tangan sambil bilang, “Bukan Vicky, Bu. Tapi Vickry, pake r.”

“Oh ya. R nya gak keliatan,” ibu gurunya ngeles.

Gua berprasangka buruk dong kalo gitu. Mungkin karena tulisan nama gua kecil sehingga gak keliatan jelas sama sang ibu guru. Juga mungkin karena satu mata ibu guru itu tertutup lumut berbentuk dosa. Yang jelas, nama orang gak boleh salah sebut. Apalagi nama manusia barokah kayak gua gini.

Kan gak enak semisalnya gua jadi presiden Indonesia. Pas lagi mau pidato, ajudan gua mempersilahkan gua untuk naik ke atas panggung kan, “Ya. Mari kita dengar sambutan langsung dari bapak presiden kita, Ananda Vicky Pratama.”

Demi mencerminkan orang yang terhormat sekaligus gak berpendidikan, ya gua kesel dong ada salah penyebutan di nama gua. Dan sebagai orang baik, gua pun langsung marahin tuh ajudan saat di atas panggung, “KAMU INI! Nama saya aja salah sebut. KAMU SAYA ANGKAT!” Ajudan itu gua angkat jadi pengemis.

Kata penyebutan Vicky pun gak enak kalo didenger sama orang. Ketika denger nama Vicky kebanyakan orang akan berpikiran begini, “Wah, ini Vicky yang di tipi itu. Yang pernah dipenjara karena nipu artis goyang bebek.... Tonjokin ah.”

Gua disamain dengan artis bertampang mirip pentil sepeda buluk itu.

Gua gak terima.

JANGAN BEYBEH!

Selanjutnya adalah kata Pratama. Menurut gua, arti kata Pratama mencerminkan gua sebagai anak yang pertama di keluarga gua. Ya. Jadi, keluarga gua terdiri dari 5 orang. Bapak, Mama, Gua, Diaz, dan Ilham. Mungkin urutan lahir yang pertama lah yang ngebuat gua memiliki nama Pratama.

Menurut gua, hanya kata Pratama lah yang cocok untuk gua. Ananda, gua sering dicap anak cewek. Vickry, sering salah di penyebutan dan dianggap sebagai pelopor Vickynisasi. Nah, mungkin hanya Pratama yang paling adem ayem.

Tapi jarang ada orang yang manggil gua dengan panggilan Pratama. Kalo pun misalnya panggilannya Pratama, jadinya pasti akan enak didenger, “Pratama, lu udah makan tai belum?” Kedengerannya seperti nama artis figuran dari luar negeri gitu. Enak. Mie sedaaapp....

Kesimpulan arti dari nama gua adalah:

Ananda = Anak.

Vickry = Gua gak tau.

Pratama = Pertama.

Jadi, Ananda Vickry Pratama = Anak gua gak tau pertama.

ARTI NAMA MACEM APA ITU?

Oh ya, kalo ngomongin nama pasti gak lepas dari nama panggilan. Nama gua Ananda Vickry Pratama kan. Nah, orang-orang tuh biasa manggil gua dengan panggilan, “Hai, Nanda. Kok lu masih hidup?” A dari Ananda nya dihilangin, biar lebih singkat dan padat.

Jarang ada yang manggil gua dengan panggilan, “Vickry, kok lu makin ganteng aja?” Atau, “Pertama itu apa Pratama?” Dan gua bersyukur, gak ada yang manggil gua dengan sebutan, “Woy kotoran belut! Lu masih licin?”

Gua juga seneng masih punya nama yang enak bila diganti inisial. AVP, itulah inisial nama gua. Keren kan? Kayak merek sepeda roda lima harga selangit yang kalo mau beli harus pijit-pijit pelit.

Masih punya nama tuh enaknya kayak makan es doger di tengah gurun pasir pas hari Kiamat. Gua gak kebayang kalo gua gak punya nama. Gua pasti akan kesusahan pas lagi mau kenalan dengan orang lain.

“Halo. Nama lu siapa?” Tanya gua sambil julurin lidah buat jabat lidah.

Lidah orang tersebut ngejamah lidah gua. Kami saling berjabat lidah. Kemudian orang itu bales, “Halo juga say. Nama gue Syarif. Nama lo siapa?”

Gua bingung mau jawab apa. Gua mau nyontek tapi ada pengawas. Akhirnya gua hanya bisa, “Emmm... Siapa ya? Emmm....”

“Jangan malu gitu dong! Sebutin aja nama lo,” Syarif berusaha agar gua gak jadi kayak orang kikuk kakik kakekuk kakuk kakuk.

“Emmm.... emmm....” Gua masih belum bisa menjawab.

Syarif tiba-tiba teriak histeris penuh ketakjuban, “OH NAMA LO EMMM... Bilang daritadi dong! Anjir, keren juga nama lo!”

SEBULAN KEMUDIAN.

Gua pacaran sama Syarif.


Ananda Vickry Pratama, itulah nama gua.


... 


Ini adalah cerita seri blog mraneh. Bercerita tentang pengalaman pribadi gua yang pengin lepas dari kecupuannya di sekolah,  namun selalu jatuh di lubang kegagalan yang sama. 

Cerita seri di tiap postingan akan berhubungan dengan cerita yang selanjutnya atau sebelumnya. 

Nah, kalo kalian suka atau benci dengan cerita ini, silahkan komentar di bawah! 

Dan, jangan lupa untuk selalu bahagia setiap harinya! 

Daaahh....




14 komentar

Waaaah namanya bagus banget kayak nama bocah di kampung nenek gue. Eh iya Vickry tuh ada artinya loh, dari bahasa arab artinye pinter. Tp mungkin kalo ada di elo jadinya emang pinter. Pinter nimba aer. Gitu. Salam kenal yaaa

This comment has been removed by the author.

Serius ada artinya? Wah gugel dan KBBI payah nih. Masa gua gak dapet artinya. Terimakasih ya.

Hah??? Segitunya ngartiin nama. -,- Kasih arti yang bagus kek. Tanya ma ortu ato mbah google kalo gak tau. :D

Ya emang begitu kenyataannya mbak.

itu nama tiga orang dijadiin satu

Ananda emang cocok'a buat cewe sih, kalo buat cowo serasa kurang macho :v

Tiga kati kali. Gak tau juga sih.

Iya betul. Buktinya sekarang gua gak macho.

Temen Cowok Gue juga banyak kok namanya Ananda...Jadi santai aja ya...

Iya, tenang aja gua gak bunuh diri kok.

Haha. Kalo ananda itu nama khusus cewek, apa kabar Ananda Omesh dan Ananda Mikola? hehe.
Nice post

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon