Monday 21 December 2015

1 Tahun Mraneh

Blog ini mau nginjek di umur 1 tahun, tepat di hari Rabu, tanggal 23 Desember 2015 nanti.

Ibarat sebuah monster penghancur alam, blog ini masih terbilang ‘monster yang cupu’. Kalo emang beneran begitu, palingan di alam blog gua ini cuman ngehancurin satu batang lidi doang. Itu juga harus susah payah gak tidur 2 hari 10 malam. Akibatnya gak jarang blog gua ini dilecehkan dengan kata-kata kasar dari para blog yang udah senior, atau disebut sebagai monster penghancur tingkat dewa.

“Lu cupu banget sih. Mending lu berhenti jadi monster! LU GAK GUNA!” Salah satu monster senior melecehkan monster gua.

Dalem hatinya, monster gua mau nimpa tuh senior dengan batu kerikil. Tapi karena gak kuat ngangkatnya, monster gua mengurungkan niat kejinya itu. Pilihan terbaik monster gua diperlakukan kayak gitu hanya: diem seribu rupiah.

Sambil memasang muka Anak Jalanan, monster gua tak berkata apa-apa, “....”

“WOY! Kalo ditanya senior jawab dong!” Sang senior bejat itu mengangkat kerah monster gua. Tapi karena monster gua gak pake seragam, maka dia beralih ngangkat dagu monster gua.

Mata seniornya agak katarak.

“....” Masih tetep diem.

Diemnya monster gua bukan dilandaskan karena muka sang senior lebih ganteng daripada orang ganteng. Tapi karena monster gua tau satu hal, “Junior akan selalu kalah dengan senior!”

Senior monster gua kesel karena dikacangin melulu. Tiba-tiba si senior itu langsung nyergap monster gua.

*ngebawa paksa monster gua ke ruangan gelap*

Sang senior nyeret monster gua dengan penuh kekejaman kakak tiri. Satu tangan monster gua ditarik penuh paksaan. Di sisi lain gak ada rontaan dari monster gua. Dan, jalan yang penuh akan dosa menjadi saksi bisu badan monster gua terseret-seret.

Monster gua terliat sangat tenang menghadapi kenyataan pahit kopi ini. Tidak ada perasaan dengki ataupun benci ke kakak senior itu. Monster gua malah membatin, “Gua emang pantes diginiin. Gua gagal menjadi monster.” Sungguh sikap yang positif sekali, semoga Ratu Inggris ngeliat perjuangan monster gua ini.

*udah sampe*

Pas mau masuk.

Ada yang nyeletuk dari bawah tanah, “Mas, jangan maen masuk aja dong! Beli tiket dulu.” Ternyata di dunia monster, tanah pun bisa ngomong. Bahkan, jadi penjual tiket.

Senior monster ngeluarin sebuah kartu dari udelnya. Lalu menyerahkan kartu itu ke si tanah. Di kartu itu ada tulisan ‘Kartu Monster Eksklusif’—mirip sama kartu jakarta sehat. Si tanah langsung ngizinin masuk.

Mereka berdua langsung masuk ke dalem sebuah ruangan di dalem gubuk bertingkat. Di dalem hawanya gelap dan pencahayaannya dingin. Dalem film-film Action, ini ada di adegan dimana penjahat ngebawa korbannya ke ruangan gelap, lalu hal yang biasanya dilakukan ada 2: nyalain lampu dan nyari senter.

Ternyata bener. Pas udah di tepi pintu masuk. Senior monster gua langsung sibuk nyari pencahayaan.

“Aduuhhh... Gelap banget nih tempat,” keluh sang senior. Padahal dia yang milih tempat, tapi dia yang kesel sendiri, idiot. “WOY! Lu jangan tidur doang! Bantuin gua nyari senter atau lilin kek!”

Monster gua masih tergeletak nyaman di lantai.

Senior gua kesel kan ya. Dikira pembokat mondar-mandir kesusahan.

Lagian, monster gua gak punya pikiran. Orang lagi kesusahan bukannya dibantuin.

Monster gua langsung bangun dengan sigap. Lalu mencoba bantuin seniornya nyari pencahayaan.

 “....” Masih diem. Tapi udah berusaha mondar-mandir nyari pencahayaan.

1 HARI KEMUDIAN.

Mereka udah nyari ke segala arah. Tapi gak ketemu-ketemu. Akhirnya, sang senior lelah dan berhenti mencari. Karena ngeliat monster gua masih sibuk nyari, si senior bertanya, “Eh, lu tau gak, kenapa lu mau gua bawa ke tempat gelap?”

Karena lelah lahir batin, monster gua akhirnya ngeberaniin diri untuk menjawab, “Kakak mau bunuh saya.”

“HAHAHA... Lu udah cupu, bego juga ya? Ya enggaklah,” bales si senior.

Monster gua bingung. Ternyata seniornya gak mau ngebunuh dia. Padahal, monster gua udah bilang ke masjid perumahannya untuk secepetnya nyiapin pemakamannya. “Terus saya mau diapain kak?” tanya monster gua, kikuk sekaligus bingung.

“Sini duduk samping kakak!”

Mereka duduk sila bersama-sama di teras lantai.

Mereka lekas berpelukan.

Ciuman.

Buka-bukaan.

Ya, mereka ingin buka-bukaan. “Kakak mau denger cerita kamu selama 1 tahun ini menjadi monster,” jelas si senior yang pede banget dipanggil kakak.

“....”

“Gak perlu takut. Kakak ini baik kok. Apalagi sama monster cupu kayak kamu. Yuk, mulai cerita!” Pinta si senior.

Monster gua heran, kenapa tiba-tiba seniornya bisa sebaik ini. Padahal, monster gua udah bikin dia malu jadi senior. Daripada obrolannya menjadi canggung, monster gua bertanya, “Tapi kenapa tadi kakak galak banget?”

“Penulis kita berdua, si Nanda, mau jadiin kakak orang baik. Biar cerita ini gak jadi panjang,” jelas monster senior.

Iya sih. Terus, kenapa gua jadi nulis cerita monster gini, ya?

Gak jelas.

Padahal awalnya gua hanya pengin ngasih tau kalo monster gua ini cupu banget. Baru 1 tahun, tulisan-tulisannya masih amburadul acakadul, masih belum ada pembeda dll.

Untuk itu, mari ke poin inti postingan ini: MRANEH UDAH 1 TAHUN!

YIPIIIIIII... *joget-joget*

(Sebenernya sih belum hari ini, tapi di hari Rabu ntar. Tapi, yaudahlah, soalnya hari Rabu besok gua udah mulai nyeritain tentang cerita seri blog ini).


...


Sejarah. 

Gua bersyukur, mraneh gak netes di zaman penjajahan. Mraneh muncul di dunia ini pada tanggga 23 Desember 2014. Tuhan nyiptain mraneh sebagai sebuah blog, bukan manusia apalagi setan. Lalu entah dengan alasan apa mraneh milih gua sebagai penulisnya. Padahal kala itu gua masih bego dalem hal tulis-menulis. Saking begonya, bahkan gua gak hafal sama huruf abjad. Tapi berkat mraneh inilah, orangtua gua gak jadi balikin gua ke paud.

Gua memilih nulis di mraneh karena keisengan gua aja. Berawal dari baca buku Benabook, gua jadi pengin bikin blog. Maka berbekal kuota internet dan seperangkat laptop, lahirlah mraneh ini. Kenapa namanya mraneh? Saat itu gua pengin sesuatu yang baru. Mr pertanda blog ini adalah cowok. Dan, penambahannya sesuai pribadi gua, yakni aneh. Ya jadilah mraneh. 

Nah, dengan memiliki visi, “Menulis jelek gapapa asal yang baca paham.” Gua dan mraneh berusaha berjihad di jalan yang bener hingga kini. Yaitu, nulis di blog.

Konten.

Kalo ngomongin soal konten, mraneh masih dibilang labil. Belum nemuin jati dirinya mau ke mana. Dulu emang banyak segmen di mraneh, tapi perlahan segmen-segmen itu hilang diculik malaikat. Sekarang, konten tulisan di mraneh lebih ke ‘curhatan’ seputar diri gua pribadi.

Gua gak paham mau bikin konten tulisan yang kayak gimana supaya banyak narik perhatian pembaca. Menurut gua, konten di mraneh saat ini masih belum nyipatin kondisi ketertarikan pembaca hingga bilang, “Oh ya, bener juga nih.” Sejauh ini gua rasa itu belum terjadi. Yang gua liat adalah, pembaca gua bilang gini, “Postingan apaan sih ini? Gak jelas.” 

Penulisan konten yang berantakan mungkin jadi salah satu penyebab itu terjadi. Gua emang belum nemu gaya penulisan sendiri. Makanya gak jarang gaya penulisan gua berbeda-beda tiap postingan dan itu malah bikin makin berantakan. Tapi bang Raditya Dika pernah bilang, “Gue nemuin gaya penulisan gua setelah 2 tahun menulis.” Itu artinya gua masih bisa terus nyari gaya penulisan gua sendiri.

Dalem perjalanannya 1 tahun ini, gua cukup puas dengan konten yang ada di mraneh. Tapi yang menjadi masalahnya ya itulah tadi, gua belum nemuin jati diri. Semoga, gua bisa memperbaiki diri di kemudian hari.   

Pembaca. 

Konten selalu berhubungan dengan pembaca. Gua ngeliat pembaca gua sebagai sebuah pemicu semangat gua untuk terus menulis di mraneh. Dalem perjalanan 1 tahun ini, kebanyakan pembaca gua adalah temen-temen gua sendiri di sekolah. Ya, walaupun mereka hanya jadi silent reader, tapi di kehidupan nyata mereka mengakui, “Nan, gua kan sering baca blog lu!”

Pembaca gua kebanyakan gak mau ngasih komentar. Mereka selesai baca, langsung pergi begitu aja. Tapi gua masih bersyukur ada yang baca mraneh. Sehingga gua merasa gak sendiri lagi. Sehingga gua merasa didenger walaupun hanya lewat tulisan. Maklum, gua di rumah gak ada temen, pun gak ada yang ngajak ngobrol di hape, dan gua masih sendiriaann....

Di awal terbentuknya mraneh, pembaca gua sangatlah sepi. Gua bahkan pernah maksa sodara dan teteh gua untuk baca blog mraneh. Tapi semangat gua gak runtuh. Gua terus giat bikin postingan, blogwalking, promosi baik nyata dan maya, hingga pada akhirnya pembaca gua udah lumayan. Tapi masih belum bisa dibilang banyak.

Untuk pembaca gua, “Terimakasih udah jadi saksi hidup perjalanan 1 tahun mraneh.”

*nitikin air mata*

Kok jadi lebay.

Blogger.

Label gua bukan hanya jadi pelajar lagi. Dengan adanya blog dan gua nulis di sana, sekarang gua udah bisa disebut sebagai blogger. Walaupun baru 1 tahun, gua ngerasa jadi blogger tuh seru. Gua bebas bercerita apa aja di blog. Gua ngerasa di blog ada sesuatu yang pembaca harus tau tentang hidup gua.

Tapi emang beneran, hidup gua itu penuh akan cerita. Pernah ada temen beberapa bulan yang lalu, saat gua pulang les dengannya, dia bilang, “Hidup lu udah unik, Nan. Jarang ada yang kayak lu.” Dia bilang begitu karena gua sering cerita secara garis besar tentang masa lalu gua. Maka dari itu, gua percaya bukan hanya gua yang unik, tapi semua orang di dunia inii. Maka, “Melalui blog inilah, semua orang bebas bercerita soal keunikan hidupnya.” 

Yuk, ngeblog!

Hidup sebagai blogger ada suka dan dukanya. Sukanya ya tadi, ada pembaca yang mau baca cerita gua. Dukanya adalah gua sering pusing sendiri entah di rumah atau sekolah, mikirin, “Apalagi yang gua tulis, ya?” Ide emang gampang dicari, tapi nuanginnya ke tulisan itu susah. Tapi makin ke sini, gua udah mulai bisa menyamakan antara pikiran dan tangan sehingga ngehasilin sebuah tulisan. Dalem bahasa penulisan, gua udah lumayan bisa ngatasin writers block.

Lalu pernah ada yang bertanya ke gua saat di kelas, “Nan, lu dapet duit gak sih dari blog?” Gua bales, “Mungkin 2 tahun lagi kali.” Blogger emang bisa dapet duit dengan ngulas sebuah produk, masang iklan secara mandiri ataupun pake google adsense, blognya dibukukan, dsb.

Menurut gua, sah-sah aja blogger dapet duit dari blog. Tapi itu kembali lagi ke tujuan masing-masing blogger terhadap blognya. Untuk gua saat ini sih, gua lebih memilih banyakin pembaca dulu. Sebab apa? Sebab syarat mutlak untuk bisa dapet duit di blog adalah: blog lu harus banyak yang ngunjungin.

Ya, sejauh ini gua seneng dengan kehidupan sebagai blogger.

Manfaat.

Banyak yang gua peroleh dari blog. Yang paling keliatan adalah tentang ilmu kepenulisan. Berkat blog, gua jadi haus akan penulisan. Gua rela berjam-jam di depan laptop hanya untuk menulis dan belajar tentang penulisan. Gua seneng dengan dunia ini. Gua berharap, inilah bidang gua.

Gua sering baca tentang buku dan artikel tentang penulisan. Sejauh ini, gua udah lumayan paham tentang penulisan materi Stand Up Comedy, Novel, dan Skenario film. Walaupun baru materi penulisannya sebatas yang gua suka, tapi gua harap tahun depan gua bisa belajar lebih banyak lagi.

Hasil dari 1 tahun ini, gua rasa cukup untuk seorang pelajar berumur 16 tahun kayak gua gini. Menurut gua, permasalahan dalem diri gua saat ini adalah: gua susah untuk keluar dari zona nyaman. Sampe saat ini, gua paling males untuk bikin puisi. Dan, gua paling males untuk nulis pake manual di kertas. Sebab, tulisan tangan gua jelek banget. Makanya, di sekolah gua paling males untuk nulis buku catatan secara rapih dan banyak.

Gua berharap, dengan apa yang ilmu yang gua peroleh dari blog ini, gua dapet bermanfaat bagi orang lain. Okelah, gua belum bisa ngasih manfaat ke orang lain. Tapi seenggaknya gua udah bisa bermanfaat bagi diri sendiri. Dan tentunya untuk blog mraneh.

Naskah buku.

Waktu Ramadhan dulu gua pernah janji untuk bikin naskah tentang organisasi gitu, ya? Okelah. Gua gak bohong kok. Gua udah nulis tentang itu. Tapi, gua perlahan berpikir, “Gua bukan siapa-siapa. Masa iya ada yang mau baca cerita gua di buku? Yaudahlah, gua ganti deh.” Gua berpikiran kayak gitu karena rata-rata penulis yang nerbitin buku berdasarkan pengalamannya, adalah penulis yang udah terkenal di mata orang banyak.

Gua udah baca banyak artikel tentang penerbit buku. Ternyata, seleksi di penerbit buku tuh sangatlah ketat. Yang gua tau, penerbit adalah bisnis. Mereka mau nyari untung dari setiap buku yang mereka terbitin. Untuk itu, gua berpikir, kalo gua bukan siapa-siapa di dunia nyata maupun maya, gua bakal sulit tembus penerbit. Serius. Yaudahlah, daripada gua ngasih pengalaman dari gua yang bukan siapa-siapa, mending gua ngasih yang lain, deh.

Jadi, sekarang gua lagi ngerevisi naskah buku tentang gaya hidup gitu. Berhubungan dengan pendidikan, khususnya sekolah. Konsep bukunya menjawab pertanyaan seputar pendidikan. Contoh pertanyaannya: betulkah sekolah adalah budaya manusia? Jadi, di tiap bab akan ada beberapa pertanyaan seputar sekolah. Gua akan ngejawab pertanyaan itu berdasarkan pendapat gua sebagai pelajar. Lalu, selain ada pertanyaan, di tiap pertanyaan itu akan ada contohnya masing-masing.

Di naskah buku itu, gua gak akan segila di blog mraneh.

Prediksi gua, akhir Januari nih naskah udah gua kirim. Semoga naskahnya cepet rampung dan lolos di penerbit mana pun yang akan gua tuju. Toh, karena gua udah belajar tentang penerbit buku. Jadi gua udah tau, kalo penerbit ngeliat 5-7 halaman pertama naskah, sinopsis, kerapihan, potensi di pasar nanti, keunggulan naskah, dan pemenuhan aturan penerbit itu sendiri, untuk nentuin lolos apa enggaknya sebuah naskah. Jadi gua harus bener-bener fokus ke hal-hal itu.

Harapan gua sih tembus penerbit. Kalo misalnya enggak lolos, seenggaknya gua udah berani nyoba dan penerbit pasti akan ngirim alasan kenapa naskah gua ditolak. Sehingga gua tau apa yang salah dari gua dan naskah gua.


...


Gua gak bisa ngasih lebih untuk 1 tahun mraneh ini.

Gua hanya ngasih sebuah ucapan, “Selamat ulang tahun yang ke-1, mraneh!”

Gua janji bakal jadi penulis yang lebih baik lagi di mraneh. 

Kalo mraneh bisa ngomong pasti dia udah banyak memanjatkan harapan saat ini. Tapi semoga satu harapannya adalah: kita bisa jadi pasangan yang lebih baik lagi di kemudian hari.   

Terimakasih mraneh atas 1 tahunnya. 


12 komentar

weh bentar lagi ulang tahun, dibeliin kue dong, sekalian traktir gue kan ya.

Ultah nih .... :D Selamat milad. ^^

Mantep gan, tetap ngeblog hingga bertahun-tahun ya!
Jangan mundur dari dunia permonsteran..
Hehehe

Gak ada uang, Bos. Bagi uang dong?

Gua akan berusaha biar nih blog awet. Ntap!

Kalo bayi umur satu tahun udah bisa apa aja ya...?
Mraneh sukses terus...

samaan broohh,, blog gue juga lagi ultah..
semoga tetep langgeng ya blog kita,,
tapi jangan dijodohin ya blog kita,, blog gue ga suka ama monster,, ekekekek

Blog gua udah gua jodohin. Iya, semangat terus!

Casino Finder (NV) - Mapyro
We have 392 구리 출장샵 slot 전라남도 출장샵 machines, the newest slot machines, 1st 군산 출장샵 deposit, and 삼척 출장마사지 the newest electronic games. Get 안산 출장마사지 directions, reviews, and more.

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon