Besok gua mau ngambil rapor.
Tentu bukan gua yang ngambil,
tapi orangtua gua, dan sepertinya itu bapak gua.
Pengambilan rapor dalem
perjalanannya selalu diiringi oleh berbagai macem rasa. Ada yang rasa takut,
seneng, kecewa, marah, ataupun biasa aja. Rasa itu muncul saat pra pengambilan
rapor, pas ambil rapor, bahkan hingga pasca pengambilan rapor.
Kalo gua sih merasa biasa aja
tentang pengambilan rapor. Padahal itu rapor yang menentukan tentang kelanjutan
pendidikan gua nanti. Kenapa gua merasa biasa aja? Karena menurut gua, rapor
itu bukan tolak ukur belajarnya gua dan temen-temen di sekolah.
Okelah ada nilai di rapor, tapi
gak semata-mata nilai itu adalah hasil dari belajar di sekolah, apalagi sampe
dijadiin tolak ukur belajar, enggak. Kalo ngomongin nilai, gua rasanya pengin
ketawa, “Hehehe... Cukup.” Gua ketawa bukan berarti gua gila. Gua ketawa karena
lucu ngeliat pentas drama yang dimainkan gua dan temen-temen untuk ngeraih
sebuah nilai di sekolah.
Pementasan drama yang dimainkan
gua dan temen-temen lainnya di sekolah untuk dapetin nilai yang ada di rapor, mirip
dengan sinetron Papa Minta Saham. Ada banyak cara yang gua dan temen=temen
tempuh untuk dapetin nilai itu, baik cara yang elegan ataupun culas. Dan, gua
pikir, ini seperti sebuah sinetron—dimana ada tokoh baik dan jahat. Sehingga ini
bisa disebut sebuah pementasan drama di sekolah dengan tujuan akhir cerita
pementasannya: dapet nilai.
Seperti kata gua tadi, banyak
cara untuk dapetin nilai. Ada cara yang elegan, yakni dengan belajar dan
berusaha dengan kemampuan sendiri. Adapula cara yang culas dan hanya akan jadi
bibit kebiasaan korupsi, yaitu cara menyontek.
Gua suka heran, kenapa sih terus menyontek?
Okelah, gua gak mau munafik, gua pun pernah menyontek, walaupun sekarang
perlahan-lahan udah mulai hilang. Tapi gua yakin, semua pelajar di dunia pun
pernah akan hal itu. Tapi gini coy, menyontek secara terus menerus, gak baik.
Masa iya sih tiap ada ulangan dan tugas nyontek melulu? Kan gak
elegan. Kalo misalnya kepepet 1 bulan 1 kali nyontek saat tugas atau ulangan tertentu sih gak begitu masalah, sebab manusiawi, berbuat salah.
Namun mirisnya, waktu uas kemarin
tuh banyak banget temen gua yang nyontek. Entah udah berapa kali, tapi dari
pengamatan gua sih, kebanyakan dari mereka berbuat itu setiap hari. Waduh, ini
tandanya apa? Tandanya, “Hasrat untuk dapetin nilai tinggi, bisa membuka jalan
untuk orang dalem kesesatan.” Serius. Karena semua pelajar akan berbuat dengan
SEGALA CARA untuk dapetin nilai yang TINGGI, baik cara elegan ataupun yang culas
tadi.
Seharusnya pola pikir kita,
sebagai pelajar, kurang lebih seperti ini, “Proses adalah yang terpenting. Gua
lebih baik dapet nilai jelek, tapi jujur dan dari hasil kemampuan sendiri. Ketimbang
nilai bagus, tapi hasil dari menyontek.” Cukup semudah itu. Lalu mulailah
bentuk kebiasaan untuk gak menyontek sejak kini. Tapi kalo lu manusiawi, gua
yakin, ada kalanya lu akan menyontek—tapi bukan jadi kebiasaan yang berkali-kali.
Bahayanya menyontek: ketika udah
menjadi kebiasaan lu untuk dapetin nilai tinggi dan lu jadi gak percaya dengan
kemampuan sendiri.
Kalo udah kena bahaya menyontek,
ngehilanginnya akan susah. Seperti make Narkoba, mungkin pelaku yang menyontek
harus direhabilitasi agar lekas gak kecanduan.
HUH.
Setahun lalu, mama gua pernah
bertanya ke gua tentang nilai di rapor gua, “Kak, ini kenapa Fisika belum
tuntas? Rangking kamu juga turun.”
Sebagai anak yang bermatabak, gua
langsung menjawab, “Ya jelaslah turun. Gurunya gak bisa ngajar. Juga jarang
masuk. Lagian, Nanda juga gak bisa Fisika, susah....” Itu jawaban gua berkaitan
dengan nilai Fisika yang belum tuntas.
Gua melanjuti, “.... ranking mah
bohongan mah. Percuma dapet ranking, kalo nyontek. Nanda itu udah belajar
mati-matian, Ma. Tapi temen Nanda banyak yang nyontek, hampir sekelas lagi,
jadi percuma Nanda belajar. Terus, palingan di 10 besar itu cuman (permisalan)
si A, si B doang yang gak nyontek.” Walaupun kayak anak idiot di sekolah,
gini-gini gua punya daya pengamatan yang bagus. Apalagi kalo gua lagi mode
serius.
Mama gua kembali bertanya, dan
mengenai jawaban gua barusan sepertinya dia percaya, “Terus, kenapa kamu gak
lapor ke guru kalo banyak yang nyontek?”
“Gak enaklah, Ma. Temen sendiri.
Udahlah biarin aja. Yang penting mah Nanda udah belajar dan gak nyontek, ya
itulah nilainya,” gua menjawab dengan serius.
Mama langsung mengiyakan.
“Kak, si ini (permisalan),
ranking segini lagi katanya,” ucap mama selanjutnya.
Kalo ada temen gua yang dapet
rangking 10 besar dan dia ngerjain ulangannya jujur—hasil dari pengamatan gua—gua
bakal ngeagungin dia di depan mama. “Yaiyalah, Ma. Dia mah kerjaannya belajar
mulu. Lagian, dia kek aktif di kelas. Nanda susah ngalahinnya,” bales gua.
Nilai yang ditaro di rapor akan
memetakan rangking di kelas. Biasanya, yang paling diliat adalah rangking 10
besar, sisanya hanya akan jadi penonton di barisan belakang, mungkin. Rangking
itulah yang sering menjadi tolak ukur kebanyakan orangtua. Padahal, proses
belajar anak di sekolah gak bisa disimpulkan hanya dengan: ngeliat ranking
DOANG!
Yaaa.... Maksimalnya sih lu bisa
dapet hadiah dari rangking tersebut. Entah hadiah enak, seperti uang jajan
tambahan. Ataupun hadiah yang enek, seperti adegan lempar melempar piring
diiringi dengan teriakan, “Nilai kamu jelek! BEGO!”
Seberapa penting sih rangking?
Gak penting-penting amat. Lagian, misalnya lu masuk rangking 10 besar, apakah
lu yakin ilmu lu emang pantes untuk masuk jajaran tersebut? Oh ya, gua lupa, kan
nilai bukan sama dengan ilmu. Jadi rangking gak akan bisa ngukur sejauh mana
sebuah ilmu.
Nilai sekedar coretan di kertas, gak lebih. Beda lagi dengan ilmu, yang menurut gua, adalah suatu hal
yang bermanfaat bagi diri sendiri ataupun orang lain. Ilmu gak bisa ditafsirkan
lewat nilai yang tertera di kertas, beda jauh.
Beberapa cara untuk ngukur sebuah ilmu:
Tanyakan pada diri lu sendiri dan
orang lain, seberapa manfaatnya sih hidup lu? Kalo bisa, lu coba mati sekarang
deh! Dan, liat apa reaksi orang lain ketika lu mati, mereka akan ngomongin apa
tentang lu? Kalo bisa lagi, ketika lu mati, apa PENINGGALAN paling berharga lu
yang akan paling AWET di dunia ini? Ilmu? Harta? Kalo peninggalannya adalah
ilmu, ilmu apa yang akan lu wariskan? Apakah nilai di secarik kertas bernama
rapor?
Kembali ke masalah rapor.
Kalo dapet rapor yang kebanyakan
nilai merahnya, apakah lu takut? Kalo lu merasa udah berdo’a dan berusaha secara
jujur, gak perlu takut! Caranya gampang: curhatin aja tentang bagaimana proses
lu dapetin nilai itu. Kayak contoh gua tadi, gua curhat soal usaha belajar yang
gua lakukan, guru yang gak berkualitas, temen-temen yang curang, dan bahkan lu
bisa ngasih tau ke orangtua lu tentang mapel apa yang susah lu mengerti.
Sehingga insyaallah mereka akan mengerti kemampuan lu.
Gua pun mau ngasih tau, “Semua
orang hanya akan pandai di bidang tertentu aja. Gak semua bidang.” Jadi, gak
perlu resah di rapor lu ada nilai yang bagus, adapula yang anjlok, karena
manusia emang seharusnya begitu.
Misal nih, gua dapet nilai bagus
di segala mata pelajaran, kecuali Fisika dan Olahraga. Gua tinggal bilang aja ke
orangtua kalo gua gak bisa Fisika dan Olahraga, sesuai kenyataan kemampuan gua.
Lalu lu bisa manfaatin momen ini untuk ngasih tau ke orangtua lu, tentang mapel
apa yang paling lu rasa SUKA BANGET. Misal, gua suka PKN dan Biologi, maka gua
akan bilang ke orangtua gua suka kedua pelajaran itu. Kalo misalnya orangtua lu
keras kepala, ya tinggal kasih tau aja, kalo manusia hanya pandai di bidang
tertentu, gak di semua bidang, selesai.
Kesimpulannya ada di poin-poin
ini:
1. Rapor
bukan apa-apa selain nilai yang tercoreng di kertas, gak lebih.
2. Ada
2 cara untuk dapetin nilai; cara yang elegan dan culas.
3. Apapun
yang ada di rapor, kalo itu hasil usaha dan kejujuran, ya gak masalah. Kalo lu
seneng dengan rapor yang hasil menyontek, mending berkaca dan lalu bertanya pada
diri sendiri, “Gua ini kenapa?”
4. Menyontek
gak boleh jadi kebiasaan, sehingga lupa dengan kemampuan sendiri. Gak baik.
5. Nilai
bukan sama dengan ilmu.
6. Manusia
hanya pandai di bidang tertentu, gak di semua bidang,
Gua percaya kok, manusia adalah
makhluk yang getol untuk bersalah. Untuk itu, bila ada yang salah di tulisan gua ini,
mohon maaf. Yang jelas, itulah sedikit keresahan gua terhadap pendidikan di
Indonesia, teruntuk nilai di rapor. Gua menyampaikan ini semua karena beberapa
pekan ke depan akan ada banyak pengambilan rapor. Ya, lumayan, gua berbagi
keresahan sekaligus ilmu, mungkin.
Terakhir, “Semoga nilai rapor
kita bisa sesuai dengan proses yang udah kita jalankan. Buat yang pake cara elegan,
lu udah keren kok sebelum liat hasilnya, Sob! Buat yang pake cara culas, lu gak keren banget sebelum liat hasilnya, Sop!” Dalem arti lain: Sesungguhnya dan bagaimana pun nanti, rapor anak yang pake cara
elegan>>> (akan lebih besar daripada) rapor anak yang pake cara culas.
Huft.
Sekian dan terimakasih.
Semoga bermanfaat.
...
Serius amat bacanya?
Oh ya, kan ini postingan berlabel
lagi serius.
Gua nulis dengan serius.
Lu pun baca dengan serius.
Bye.
18 komentar
Nah, ini nih baru bener. Bener-bener ketahuan gue suka nyontek. Nggak, deng, betjanda. Alhamdulillah selama ranking satu beruturut-turut gue bukan karena nyontek. Tapi lagi khilaf belajar. Ehe. Oke gue gak penting. Yang jelas kamu luar biasa dengan tulisan pembuka fikiran orang dewasa ini. Merdeka!
Ini untuk selurub orangtua dan pelajar di Indonesia. Wkwkwk.... Makasih, Sob!
gue nyontek cuma waktu ngerjain tugas doang.. kalau ulangan gitu suka mendadak tuli hahaha....
yaa lumayan sih 10 besar terus -_-
dulu pernah rangking 11, tapi rangking sebelas sama sepuluh jumlah nila sama rata ratanya sama. gue kalah karena nama. gue pake w, dia pake a. Kampret
aku suka ngontek lagian gak masuk ranking terus he
Gue paling anti nyontek waktu ulangan. Tapi, nilai gue tetep kecil daripada yang nyontek. Dari hati yang terdalam, pastilah ada rasa dengki. Jujur amat ya gue hahaha
Kalo sesekali mah nyontem gapapa. Asal jangan jadi kebiasaan. Btw, selamat ya, kalah pake urutan abjad nama.
Bahaya tuh! Dua kali blunder.
Keren banget!
haha ngena banget nih:D gue suka nyontek sih eits tapi nyari dulu ntar kalau gak tau jalannya atau gak tau isinya gue nanya ke tetangga sebelah. bukan nyontek kan itu namanya?haha
merdeka untuk yang gak nyontek!
Jangan salah, pada prakteknya ketika bekerja nanti, anak-anak pintar yang tidak menyontek juga bisa korupsi. :) perhatikan aja yang rajin korupsi itu kebanyakan lulusan univ. negeri yang yahud2.. hehe
Dan, gak semua yang rajin menyontek akan korupsi kedepannya, hanya saja mereka yang kecanduan menyontek akan susah menyesuaikan diri ketika bekerja, karena bawaannya musti ditolongin terus, enggak bisa mandiri sendiri.
Betul ituu... Nilai bukan yang utama, tapi usaha dan proses yg harus lebih dihargai :)
Gak pernah nyontek deh gue dulu pas sekolah. -,-
"manusia adalah makhluk yang getol untuk bersalah"
Cowo yah??? Wajar kalo salah terus hahahaha senasib
Iya. Aku selalu salah buat kamu. Haha
Yee.. Dikomen sama mba Anisa.
Yoyoy.
Tapi, yang sering nyontek udah punya potensi untuk korupsi. Korupsi bukan hanya tentang uang. Bisa kemampuan, waktu, dll.
Merdeka
Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon