Gua ikut lomba pipa greget di
classmeeting tadi. Jadi, pemainnya terdiri dua orang. Nah, cara mainnya
yaitu dengan estafetin dua pipa yang udah dipotong setengah bagian, dengan
kelereng yang mengalir indah di pipa itu. Kalo kelerengnya jatuh, ulang dari
start awal. Kalo gak jatuh, ya gak jatuh. Pemenang ditentukan dari siapa yang paling
cepet sampe ke garis finish.
Yang gua bingung, nama lombanya
kan pipa greget. Tapi dimana letak gregetnya gua gak tau. Nama gregetnya biar
narik perhatian aja, mungkin.
Lombanya sekali main langsung
empat kelas. Karena kebetulan gua dan rekan gua, Dwi (cewek), adalah kelas 12
ipa 3, jadi kami membawa nama baik anak kelas 12 ipa 3. Tekanan batin akan
harapan yang tinggi dari kawan-kawan kelas 12 ipa 3 kepada kami, membuat kami
gak akan mau kalah begitu aja. Dengan didukung para suporter 12 ipa 3 yang
notabenenya adalah emak-emak rumpi, kami berniat menang.
“Ayoo... Nan, Wi, menangin.
AAAHHH... *histeris*” kira-kira seperti itulah mulut mereka berkoar. Pokoknya
banyak deh pukulan yang mereka layangkan ke gua dan Dwi.
Terimakasih suporterku! Aku tidak
akan mengecewakanku!
Pertandingan terbesar abad ini
pun akan segera dimulai. Gua dan Dwi bersiap-siap dengan penuh kepercayaan tinggi yang
pendek. Dengan harapan, tentu, ngebawa pulang hadiah sebesar 1 rupiah. Berbekal
do’a dan nyuciin kaki dekil mama satu hari sebelumnya, gua dan Dwi udah sangat
siap menantang maut. Bahkan, kami rela gak lulus un demi menangin nih lomba.
Kami sangat total dalem hal ini.
Lomba akhirnya dimulai!
Awal-awal sih masih berjalan
cukup lancar. Kelereng masih mengalir dengan luwes. Namuunn... baru aja
seperempat jalan, eh, gua malah kepikiran yang lain, jadinya gua gak konsentrasi,
“Ntar nama anak gua siapa ya?” Alhasil, kelereng kami jatuh.
PLETAK! Gua digampar malaikat pencatat
amal.
Kami ngulang dari awal. Seeett...
semua baik-baik aja kan sampe diujung arena—finish nya bolak-balik. Nah, pas
mau balik dari ujung ke start awal. Tiba-tiba ada suara gaib yang nawarin gua, “Nandaaa....
Aku beri satu permintaan ke kamu. Hendak mau apa?”
Penawaran yang dilontarkan suara
gaib itu ke gua, bertepatan dengan jatuhnya kelereng gua dan Dwi. Saking
keselnya tuh kelereng idiot jatuh, gua langsung bergumam dalem hati, “Anjing!”
CUUURRR.... Tiba-tiba seekor
anjing berkumis kucing keluar dari balik pohon. Ternyata setelah gua selidiki
bareng om Sherlock Holmes, tukang detektif, gua menemukan sebuah fakta menarik,
“Suara gaib itu ngabulin permintaan gak sengaja gua, ya, anjing tadi! ANJING!”
Gua kecewa berat. Permainan pipa
gua jadi gak baik. Ngeliat gelagat aneh dari gua, Dwi langsung berkomentar, “Yang
bener apa, Nda!”
Gua berusaha bener. Dengan
ngelakuin solat lima waktu, duha, tahajud, sampe solat-solat lainnya.
Tetep aja kelerengnya jatuh
melulu. Kami berdua ngulang terus dari start awal. Dosa kami banyak sepertinya.
Lawan-lawan kami semakin
ninggalin jauh. Mereka udah di Neraka, kami masih di Bumi.
Malu-maluin!
Citra kami sebagai anak kelas 12
langsung runtuh sejalan dengan kekalahan kami di permainan tadi. Banyak adek-adek
kelas yang menghujat kami, teruntuk gua, si pembawa masalah sekaligus berkah.
“Pake rok aja lu, Nan! Main
begituan aja gak bisa! Gobloq’e! (pake qolqolah kubro)”
“Baru main kek udah kalaaah....
Yaaaaaa... huuu... yaaaa... huuu....”
”...” (gak komentar lewat mulut,
tapi di dalem hati ngehujatnya bukan main)
Suporter 12 ipa 3 langsung
kecewa. Tapi gua dan Dwi betul-betul udah berusaha tanpa usaha. Lalu gua
mencoba mengatur situasi yang udah mulai jelek, dengan ngasih alasan kenapa gua
bisa kalah kepada kawan-kawan, “Tadi gua cepirit. Susah gerak jadinya.”
Mereka semua langsung
terheran-heran kepada gua. Mereka bertanya, “Loh kok bisa? Kan lu gak punya
lubang bo’ol.”
Pada akhirnya mereka pun bisa
menerima kekalahan kami ini. Maklumin aja, gua dan Dwi kan dulu osis, pas main
terasa gimanaaa gituu... Alhasil, kemampuan kami sebagai atlet pipa pun gak
bisa keluar semuanya.
Lagian, kami ini baik kepada
lawan. Kami gak mau terciptanya permusuhan gara-gara lomba ini doang. Kami rela
kalah demi keadaan damai di masa depan. Kami harap, kami akan dikenang sebagai ‘Pahlawan
Pipa’.
Selain ada lomba pipa greget,
hari ini pun ada lomba futsal, dancok putri, dan tenis meja. Alhamdulillah,
kelas gua kalah di dancok putri. Tapi, kelas gua jadi juara 2 di tenis meja dan
futsal masuk ke perempat final kalo gak salah.
Mendinganlaaah...
Amanat: jangan asal pilih pemain
untuk classmeeting!
...
Kemarin gua mosting tentang PPPT,
kan? Nah, banyak apresiasi yang masuk ke gua tentang postingan itu. Katanya, “Lu
gak berbakat nulis, Nan! Ngegembel aja sana lu!”
Tentu gak seperti itu.
Kata yang baca sih, ulasan gua
tentang ekskulnya lumayan gak masuk akal. Bahkan ada pembaca di sekolah gua
yang sampe sujud syukur ke gua.
Pembaca: *sujud syukur ke gua
dengan berlinang air kencing* Terimakasih, Nan. Atas referensi yang engkau
kasih ke gua.
Gua: *bingung, gak ngerti, bagian
otak dia mana yang rusak* Heehhh... Iya, iya, tapi jangan gini juga. Gak enak
diliat Tuhan.
Pada ujungnya, gua dan pembaca
itu akhirnya bisa saling memberi. Si pembaca ngasih gua komentar, gua ngasih
postingan. Kami saling melengkapi. Penulis + pembaca = komposisi yang tepat.
Beda dengan penulis + penjahat = surat teror.
Okelah. Terimakasih buat yang
udah mau ngasih ke gua apresiasi berupa komentar. Gua jadi semangat nulis lagi
niiihhh... Soalnya semangat nulis gua turun, karena belakangan ini gua tau, blog
gua gak ada yang ngasih komentar. Sungguh menyenangkan, kan?
Demi menempuh kesaksian di depan
MKD, gua akan ngenalin 4 ekskul lagi nih. Oh ya, kenapa 4 ekskul melulu?
Simpel. Karena 2 - 2 = 4 dan 2 : 2 = 4.
Ini dia:
1. Klub Jepang.
Kerjaannya anak jepang gak
jauh-jauh dari jepang. Belajar nulis huruf jepang yang begitu jelek, ngomong
pake bahasa jepang, budayanya dll. Anak jepang biasanya suka banget sama
hal-hal yang berbau jepang, salah satunya film jepang. Oh ya, misalnya ada anak
jepang yang dapet hadiah tour ke jepang berbayar, gua gak yakin pasti dia
sangat seneng.
Ceritanya lagi di pintu masuk ke
negara Jepang. Masuknya lewat alam Barzah
Pemandu: Konichiwaaaa, konichiwa
nonon. Iku, iku, cimocyiii. Jepang no no yes, yes *bicara dengan bahasa jepang
yang sangat fasih, sampe-sampe sulit gak dimengerti*
Anak jepang: Sayonara, jepun,
jepun. No mecin, meciiinnn licin. Aw, jepang! *gak ada makna apa-apa, mending
gak usah ngomong!*
Berbekal ilmu yang didapet dari
guru Sunda di sekolah, anak jepang langsung tes ilmunya ke orang jepangnya
langsung.
Pemandu: *ke toilet bentar, mau
jilatin kloset*
Anak jepang: *nyari bule jepang
di sela-sela tiang*
Sakukurata: *lagi jongkok di
tengah trotoar, mau nyari wangsit*
Anak jepang: *nyamperin
Sakukurata* Konichiwaaa...
Sakukurata: !*@Y8y82352*##@!&
*gak ngerti ngomong apaan, anak jepang asli nih!*
Anak jepang: *mulai cengok congek*
Heeehh... Mayatbabi no jepang ratu no no yes des asu?
Sakukurata: *mulai ngoceh panjang
lebar, dulu anggota dpr nih orang*
Anak jepang hendak nampol
Sakukurata saking sebelnya. Tapi niat itu diurungkan karena Sakukurata memiliki
badan yang sangat besar. Lalu karena gak bisa berbicara dengan orang jepang
asli, anak jepang jadi putus asa.
Anak jepang: Apakah belajar
jepang bertahun-tahun tidak cukup untuk bisa berbicara dengan orang jepang
asli, ya Tuhan? HIDUP INI GAK ADIL! Huuuhuuu.... *nangis bencong*
Pemandu: *balik ke laptop* Coy,
yang lu ajak ngomong tadi tuh orang cina! (orang cina mirip sama orang jepang)
Anak jepang: *tengsin, tengtop
bensin* HAH? Loh kok lu bisa bahasa Indonesia?
Pemandu: Kan gua dari Indonesia
bego!
Oh ya, anak jepang tuh sering
banget niruin tokoh anime, disebut cosplay kalo gak salah. Nah, cosplay itulah
yang paling seru menurut gua selain belajar bla bla soal jepang. Baiklah. Pesan
gua cuman satu buat anak jepang, “Mohon jangan ikutan main film khas jepang,
ya!”
Semoga anak jepang bisa ke jepang!
2. Klub Inggris.
Modelnya anak inggris gak jauh
beda sama anak jepang, sama-sama pelajarin negara orang. Ini gua curiga nih,
kalo anak inggris dan jepang bukanlah orang indonesia palsu. Jadinya mereka
menganggap dirinya bukan orang indonesia.
Orang indonesia: Halo. Apa muka?
Buruk atau jelek?
Anak inggris: *masang muka bule,
padahal orang jawa, kan tai* What wruong? So whatsarap? Yes. Ugli, ugli.
Orang indonesia: Baiklah. Apakah
kamu berasal dari indonesia? *nanyanya kayak lagi wawancarain orang*
Anak inggris: Huufffttt... Ay no
indonesia, batmen ay comrom enggris. Yu campungan, yu fes peri gud en not gud.
Orang indonesia: Apakah kamu bisa
bahasa indonesia?
Anak inggris: Heh. Indonesia? Nooo...
noo... ay nooo nooo... rmal *banyak gaya nih anak, kesel gua, mau gua tampol
tapi ini tulisan doang*
Orang indonesia: *pulang ke rumah, mau dzikir semalaman, saking gondoknya sama anak inggris*
Menurut gua, anak jepang dan inggris
kerjanya samaan. Sama-sama belajar tentang bla bla negara orang. Tapi yang
hebat dari anak inggris dan jepang adalah: mereka semua sering remedial saat
ulangan jepang ataupun inggris. Mereka beralasan, “Soal ulangannya terlalu
mudah untuk kami. Kami gak mau sombong. Hastag#kamipinter.”
Iya dah apa kata lu gua mah.
Pesan gua untuk anak inggris ialah, “Jangan sampe ngelupain indonesia, ya!”
3. Rohis.
Aduuuuhhh... kalo ngomongin anak
rohis, gua agak takut. Karena apa? Gua takut diceramahin gitu. Anak rohis
soalnya rata-rata pinter nyeramahin orang. Iyalah, kerjaannya emang ngedalemin
agama Islam. Terus, anak rohis biasanya alim-alimah gitu. Jadi gua gak kebayang
kalo anak rohis ikutan dwp an di Jakarta.
DAG DUG DAG DIG DUG, suara musik
dj.
Anak dwp: Yoomaaaann...
regeeee... *ih goblok, kok rege sih?*
Anak rohis: *tasbih di tangan kiri
dan iqra di tangan kanan* Yaaaaa... ALHAMDULILLAAAHH... Musiknya kencengin lagi
dong!
DAAAAGGG DIIIIIGGGG DDUUUG BOM,
musiknya makin keceng.
Anak dwp: Mau air keras gak bro?
Anak rohis: Gua gak suka es batu
bro. Sori. *lanjutin joget-joget*
Anak dwp: *makanin air keras
sambil berjoget ria*
Anak rohis: HUOHUO. WAT DU YU
MIIINN... ASTAGFIRULLAH... YEEEAAA! *dwp syariah*
Jangan sampe anak rohis ikut dwp
an deh. Takut pulangnya pusing-pusing, terus dibekam, habis itu dirukyah sama
ustad. Syariah pokoknya.
Btw, anak rohis patut diacungin
telunjuk deh. Sebab apa? Sebab anak rohis tuh bener-bener punya keinginan yang
besar untuk ningkatin kualitas agamanya. Yaaa... walaupun jadi anak rohis gak
ngejamin dia masuk surga, tapi seenggaknya dia udah lebih maju satu langkah.
Kerjaannya anak rohis? Intinya sih, ngedalemin agama... dan keliatannya sih seru,
apalagi marawisnya.
Barokah bener dah anak rohis.
4. Kir.
Anak kir biasanya terdiri dari
anak yang berjurusan ipa. Karena kir benang merahnya adalah belajar tentang
ilmiah gitu. Kayak belajar percobaan iseng-iseng. Oh ya, walaupun terkadang ada
anak ips yang masuk ke kir, tapi gua merasa kasihan kepadanya. Kenapa? Karena
dia gak bisa bawa ciri khas ips nya itu. Tapi seharusnya beliau bisa.
Kir mau ngelakuin percobaan untuk
ngubah upil bekas menjadi bahan bakar motor.
Anak kir ipa: Menurut teori yang
aku baca di blog mraneh, katanya, upil punya kekuatan yang tesembunyi. *percaya sama
gua, matanya katarak nih anak!*
Anak kir ips: Heeemmm... tapi pas
aku hitung-hitung, blognya mraneh itu blog yang gak berkompeten secara materi
dan sosial. *wih, ngomongnya pake aku, bocil bener*
Anak kir ipa: Iiihhh...
perhitungan. Lagian, ini eksak! Bukan sosial! *mulai ngajak berantem, dosanya +
1*
Anak kir ips: *anak ips biasanya
brutal, mulai kepancing nih anak* APAAN MAKSUD KAMU? *ngeluarin jangkar kapal, hendak
ngajak berantem* Mau ribut kamu?
Tiba-tiba Albert Einsten dan
David Richardo keluar dari lemari. Mereka langsung nasehatin anak kir yang
sedang beradu moncong. Karena udah kelamaan tidur di lemari indonesia, om
Albert dan David udah bisa bahasa indonesia.
Gua gak sempet nulis gimana si
Albert dan David nasehatin anak kir. Tapi ada kabar buaya yang berhembus,
katanya, kedua ilmuwan muda itu nasehatinnya seperti ini, “Ilmu eksak dan sosial
harus berimbang. Gak boleh pincang sebelah, takut dioperasi. Kan sakit ntar.”
Eniwei, anak kir kalo gua liat
tuh lebih banyak yang ipa. Soalnya kir kebanyakan ngelakuin percobaan tentang
eksak gitu, kayak nerbangin roket buatan apalah. Aturan mah anak kir ips diberi
kesempatan yang sama untuk ngelakuin percobaan, kayak: pengaruh orang gila
terhadap harga sembako di dunia.
Kan enak, jadinya imbang. Gak pincang.
Yaaaa... sukses deh buat anak
kir, baik yang ipa ataupun ips!
...
Segini dulu postingan kali ini.
Udah terlalu kepanjangan. Gua
pegel nulis dan ngerevisinya.
Sekian, terimakasih.
Daaaahhhh....
7 komentar
sebel nan kalo buka blog lu, kemana mos gue pergi, pasti selalu ada tulisan mr aneh. jangan-jangan.... jodoh :v
Strategk promositu.
gue kira lu bakalan menang eh ternyata,,
haha
salam kenal,,
btw,, ekskul di sekolah lu asik2 keknya
Belajar bahasa Jepang emang susah kok, gak cukup 1-2 tahun bisa bahasa Jeoang dengan pasif
Yoyoy
Iyalah. Jagoan. Hehe
Pasif? Mending sih, tapi lama ya.
Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon