Saturday 4 April 2015

Uang Itu Penting!

Jika kita sadari. Di dunia ini gak ada yang gratis. Gak ada yang mudah untuk didapati. Kita gak tau kapan kita mati. Gak ada sesuatu yang abadi. Maaf, sok bijak. Ini belum masuk ke topik. Tapi udah nyenggol dari topik yang mau gue bahas.

Semenjak ada duit, sebagai alat untuk pembayaran. Kita gak perlu lagi yang namanya,  tukar-menukar barang, dengan barang, atau biasa disebut: Barter. Beruntungnya orang jaman sekarang. Gak susah kayak dulu. Gak kebayang aja.




Kenapa? Gini. Gue pernah denger dari guru gue. Kalo orang dulu susah, untuk memperoleh sesuatu. Karena gak ada alat pembayaran yang pas. Jadi orang dulu, beli sesuatu dengan Barter. Misal: Gue lagi mau Iphone 6 dan gue punya 2 karung beras untuk ditukarkan. Tetangga gue punya Iphone 6, dan dia lagi butuh beras. Kita berdua ketemu, dan saling tukar-menukar barang yang kita punya.

Setau gue dulu belum ada Iphone 6 (khayalan belaka). Tapi gapapa, cuman buat contoh.

Nilai antara Iphone 6 yang ditukarkan sama 2 karung beras, apakah sama? Ya, enggaklah. Beda nilainya jauh. Pake, banget. Otomatis, itu gak seimbang kan dan gak adil juga. Itulah susahnya orang jaman dulu. Kasian.

Kalo sekarang, enak. Ada duit, coy. Elu mau beli apa-apa, gampang. Ada harga, ada duit. Kalo sesuai, tinggal beli deh. Itulah yang bikin banyak orang beranggapan, kalo duit itu adalah hal yang harus ada, kalo mau sesuatu. Dunia ini keras. Gak gampang. Kebutuhan manusia beragam. Gak ada duit? Bakalan susah.

Mau es krim, laptop, pulsa, baju, bahkan makanan dan minuman. Semuanya butuh duit. Parahnya lagi. Sekarang. Elu mau buang air kecil aja, bayar. Bisa kebayang kan. Betapa pentingnya, ‘duit.’ Mungkin suatu saat, kalo elu lagi bernafas di rumah tetangga. Elu bakalan ditagihin tarif bernafas, setiap kali hembusan. Miris. Jangan sampe terjadi.

Oh ya. Gue pernah baca di salah satu sosial media. Ada seseorang yang bilang, “sekarang. Uang gak penting buat gua.” Habis itu, gue bertanya dalam hati,

“kerja apa nih orang?”

“dia hewan atau dewa?”

“ini dimana?”

Ketawain dulu yuk, buat orang yang kayak gitu. “Ahahahahahah...” *Ketawa jahat* Oke cukup ketawanya. Kasian dia. Gue mikir. Tuh orang abis kebentur apa, sampe bilang kayak gitu. Kebentur, batu? kuaci? atau sabun? Masa bodo.

Yang jelas, ya. Uang itu kebutuhan. Kalo ada yang bilang uang itu gak penting, itu salah. Oke, mungkin maksudnya dia: di dunia ini, uang gak harus menjadi segalanya. Ehm... masuk akal. Tapi kalo maksudnya yang lain. Kayak: Gua gak butuh uang. Uang gak penting buat gua. Menurut gue itu salah.

Banyak alasan yang medasari gue ngomong, salah. Gue sebutin empat aja, ya.

Yang pertama

Manusia itu banyak banget kebutuhannya. Satu hari aja, kebutuhan kita macem-macem. Ini lah, itu lah. Dari bangun tidur sampe, tidur lagi aja, banyak yang diperluin. Dan itu gak, gratis! Perlu biaya. Ada biaya, pasti ada uang. Uang= memenuhi kebutuhan. Di dunia ini gak ada yang gratis. Yang gratis, adanya cuman di mimpi.

Kedua.

Gak mungkin. Tiba-tiba uang jatuh dari langit. Atau uang kita petik dari pohon. Jadi. Kalo elu mau uang, ya... harus usaha. Kalo elu usaha, untuk dapetin uang, dengan konsisten. Itu bakalan jadi tamparan buat elu dan gue. Kalo mau sesuatu gak bisa didapati dengan mudah. Pilih salah satu! Elu yang cari uang. Atau uang yang cari elu. Elu pilih yang mana?

Yang ketiga.

Inget juga. Uang gak bakal dibawa sampe elu mati. Simpel aja. Kalo elu masih hidup di dunia, elu bisa gunakan uang semaunya. Sampe... elu mati. Kalo elu udah mati, uang gak bisa berbuat apa-apa. Dan gak bakal ada gunanya. Yang ada cuman amal elu, selama di dunia ini, yang bakalan dijadiin uang untuk hidup di akhirat nanti. Uang itu gak dibawa mati!

Terakhir. Keempat.

Buat elu yang punya uang ‘lebih.’ Jangan sombong. Semua gak ada yang abadi. Hanya allah, yang abadi. Uang sama. Pakailah uang dengan baik dan bener. Jangan salah. Uang boleh lebih. Tapi kita gak tau, sampe kapan tuh uang, bakalan masih lebih. Bisa aja, besok hari. Uang kita kurang. Atau mungkin aja, uang kita bakalan habis. Entahlah.

Intinya sih simpel. Seperti yang gue bilang, di awal. "Di dunia ini gak ada yang gratis. Gak ada yang mudah untuk didapati. Kita gak tau kapan kita mati. Gak ada sesuatu yang abadi." Semuanya berkaitan dengan uang. Dan masing-masing makna kalimatnya. Udah gue kasih tau diatas. Makna yang ngasih salah. Untuk orang yang bilang, “sekarang. Uang gak penting buat gua.”

Ehmm... Emang bener. Sungguh. Mau gak mau kita harus mengakui. Kalo, uang itu penting!


...


Maaf, sok bijak. 


Sekilas Info: Belakangan ini gue sering update postingan di sabtu malam/malam minggu. Jam 8 malam. Jadi gue mutusin untuk buat postingan, dengan jadwal yang konsisten. Sabtu malam/malam minggu (sama aja), jam 8 malam. Jadi jangan bosen-bosen, buat baca blog ini. Oh ya... lupa. Itu jadwal tetapnya. Semisalnya gue update, di luar jadwal tetap. Gak jadi masalah. Yang penting gue udah 'coba' kasih yang terbaik buat pembaca. :) 









7 komentar

Aku nggak butuh uang cash....!!
Aku cuma butuh kartu atm dan kartu kreditku udah keisi. *sama aja tong*

Hahaha

Saya butuh uang SEKARANG!!! hahaha... saya suka keempat point diatas. Uang memang sangat sangat penting buat kita, tapi ya itu tadi, jangan uang yang ngendaliin kita, tapi kita yang harus ngendaliin uang, biar kita gak jadi BUDAK dari yang namanya UANG..... Tsahhhhh..

Berarti mas. Pilihnya yang, "Uang yang cari elu."

"I am a piece of paper and I control your entire life" said the money. Hahaha

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon